Karimunjawa New Year Trip (31 Des 2010 - 2 Januari 2011)

windy adipramana
windy adipramana, pada 22 Jan. 2013, 11.48

karimunjawa adalah sebuah pulau yang masih termasuk dalam wilayah jawa tengah. untuk mencapai pulau ini, kita harus menyeberang dengan kapal fery muria selama 6 jam jika cuaca normal, atau dengan kapal motor cepat selama 3 jam (tapi gak tiap hari ada sih).

hari pertama kami tiba di karimunjawa langsung diantar ke sebuah home stay berkamar 4, masing2 kapasitas 2 orang. kami berdelapan (6 orang dari dal adventure dan 2 orang lagi dari duta karimun), seharusnya cukup, tapi masalahnya secara gender kami tidak berjumlah genap! sehingga harus ada seorang teman yang berkorban tidur di depan tv.

begitu tiba di homestay yang kami lakukan melempar backpack dan setengah berlari menuju pantai untuk mengejar sunset, yang mana there was no sunset! yang ada cuma mendung!

balik ke homestay, kami bersih2 dan dinner di rumah pak haji ipong (gw gak tau persis beliau ini siapa dan kapasitasnya apaan). setelah dinner kami diantar menuju pantai nirwana untuk mengikuti acara malam tahun baru di sono. waktu itu masih jam 8 malam, dan acara dimulai jam 11 malam. jadilah kami lontang lantung dan agak2 marah meski gak tau harus marah sama siapa, hehehe....

setelah selesai pesta kembang api, kami langsung balik ke home stay, di sinipun banyak terjadi salah paham yang membuat kami keleleran lagi di parkiran hotel nirwana sampe jam 1.30 pagi. but thanks, God, teman2 di trip ini adalah orang2 yang cukup asyik, meski banyak ketidakpuasan kami masih bisa becandaan sampe jam 2 pagi.

jam 4 pagi, sesuai jadwal kami akan dijemput untuk melihat sunrise. dan ternyata.... tidak ada seorang pun yang menjemput kami. walah, padahal fina dan anita udah bela2in mandi di pagi buta. memang benar, di jadwal tertulis keterangan (jika bisa bangun), tapi seharusnya kalimat itu ditambahin, jadi (jika "guidenya" bisa bangun). hahahaha.....

setelah kegagalan mengejar sunrise pertama di tahun 2011, kami bersiap untuk snorkling karena hari itu jadwal kami adalah snorkling sehari penuh. and again.... berjam2 kami menunggu sebelum guide menjemput kami. ya sutralah, toh akhirnya kami dijemput juga. sampe di pelabuhan, kami naik kapal motor untuk mencapai pulau2 tujuan. dan sumpah! acara ini seru bangeeet, meski sempet bete2an gara2 harus berebut alat snorkel dengan rombongan lain.

di pulau menjangan kami makan siang, menunya ikan bakar, rasanya mantap! pake sambal kecap dengan irisan bawang dan tomat. pulau ini indah banget, kami sempet foto2an lama di pulau ini.

setelah beberapa pulau kami nikmati, kami diajak ke penangkaran ikan hiu. di sini banyak bayi hiu, meskipun bayi tetep serem sih, bagaimanapun mereka terlahir karnivora kan. sayangnya gak lama kami di penangkaran, tour leader udah nyuruh guide kami untuk bawa kami pulang. ya sutralah, udah lumayan perih kaki, tangan, dan mata ini seharian kena air garam.

malemnya kami dinner lagi di rumah pak haji ipong, di sini kami diberitahu bahwa kapal fery hari itu (01/01/11) ga diberangkatkan karena ombak tinggi, sehingga besok kapal yang akan mengangkut kami pulang harus dihuni oleh penumpang sebanyak 3 kali biasanya. untuk itu kami diminta untuk datang ke pelabuhan sepagi mungkin untuk mengantisipasi penuhnya penumpang. wadooohhh!!!!

karena kelelahan seharian snorkling, teman2 lebih memilih tidur cepat. tapi gw rasa (nyontek kalimat si regi) bobok kan bisa di rumah, kalo di karimunjawa jangan bobo lah. saya lebih memilih berjalan2 berkeliling pulau, melihat alun2, berkunjung ke rumah penduduk, dll...

besoknya pagi2 sekali kami dijemput untuk dibawa ke pelabuhan, dan ternyata bukan hanya rombongan kami saja yang mengantisipasi lonjakan penumpang, tapi semua orang! alhasil, lantai 1 dan lantai 2 kapal full semua, bahkan di lantai pun gak bersisa tempat. kami terus naik ke atap kapal, di sinipun sama, penuh orang. syukurlah, ada sisa sedikit tempat untuk kami. dan selama 6 jam perjalanan kami harus rela dipanggang panasnya matahari di atap kapal. selamat tinggal, karimunjawa. mudah2an ada lagi kesempatan ke sana....