Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

5 Kegiatan Seru Yang Bisa Dilakukan di Umbul Ponggok

sunawang
sunawang, pada 10 Sep. 2016, 4.36
di Blog

Ibarat sebuah lagu, Umbul Ponggok sedang ngehits-ngehits nya. Tempat ini begitu terkenal di kawasan regional Klaten, Solo, Jogja bahkan hingga Semarang. Tak ada kata sepi untuk tempat ini, bahkan saat weekdays sekalipun.

Saking ramainya, kabar terbaru menyebutkan bahwa pengelola menambah jam operasional hingga malam. Memangnya, di sana bisa ngapain aja, sih?.

Bagi yang belum tahu, Umbul Ponggok merupakan sebuah kolam renang yang airnya berasal dari sumber alami yang senantiasa mengalir. Kolam ini memiliki ukuran kira-kira seluas lapangan sepak bola.

Air yang dingin dan segar serta pengelolaan yang cukup baik membuat Umbul Ponggok menjadi salah satu tempat wisata yang disukai banyak orang.

Jika kamu belum pernah ke Ponggok dan penasaran kegiapan apa saja, sih yang bisa dilakukan di sana. Berikut ini adalah 5 kegiatan menarik yang bisa kita lakukan.

1. Meningkatkan skill renang

Jika kamu serius ingin meningkatkan skill renang, maka Umbul Ponggok merupakan tempat yang sangat ideal. Sebaliknya, jika kamu belum bisa berenang sama sekali, Umbul Ponggok bukanlah tempat yang cocok untuk belajar berenang.

Kalau dihitung, kedalaman rata-rata kolam ini mungkin sekitar 2 s/d 3 meter. Di beberapa titik bahkan ada yang lebih dalam lagi. Kalau skill renangmu masih pas-pasan, Ponggok adalah tempat yang tepat untuk meningkatkan skill renangmu karna di beberapa titik di tengah kolam terdapat pelampung yang bisa kita capai setahap demi setahap. Keberadaan batu-batu besar di dasar kolam juga bisa kita jadikan tempat berpijak untuk mengambil nafas sejenak

2. Latihan menyelam

Seperti yang sudah disinggung di atas, kedalaman rata-rata Umbul Ponggok sekitar 2 s/d 3 meter. Di beberapa titik, khususnya di bagian sebelah timur, bahkan mungkin lebih dalam lagi. Kedalaman seperti itu ternyata sudah cukup ideal untuk belajar menyelam.

Dalam banyak kesempatan, kolam ini sering dikunjungi oleh mereka yang ingin belajar menyelam. Kedalaman di kolam ini mungkin dianggap ideal untuk mempelajari teknik-teknik dasar menyelam.

3. Berpose di dalam air

Jika kamu mencari foto-foto Umbul Ponggok di Instagram dengan hashtag #umbulponggok, maka kamu akan menemukan banyak sekali foto-foto narsis para pengunjung yang sedang berpose di dalam air. Umbul Ponggok memang memiliki pemandangan underwater yang tidak biasa.

Pemandangan underwater di sana terlihat cukup natural dengan dasar kolam berupa pasir serta batu-batu besar yang sudah mulai berlumut. Keberadaan ikan-ikan hias dalam berbagai ukuran turut membuat suasana naturalnya semakin terasa. Bahkan, ada operator khusus yang menyewakan jasa foto underwater di Umbul Ponggok. Beberapa properti seperti sepeda ontel, motor, layar monitor hingga tenda sering digunakan para pengunjung untuk bergaya.

4. Snorkeling

Jika kamu tidak bisa berenang sama sekali namun cukup penasaran dengan Umbul Ponggok yang sedang hype, datang saja. Ada beberapa kegiatan menarik selain berenang yang bisa kamu lakukan di sana. Salah satunya adalah snorkeling. Tak perlu repot-repot membawa peralatan snorkeling dari rumah karna di Ponggok sudah tersedia banyak jasa persewaan alat-alat snorkeling mulai dari jaket pelampung hingga kacamata.

Snorkeling di Umbul Ponggok kita akan disambut oleh sekumpulan ikan yang sedang berenang manja kesana kemari. Ikan yang ada di kolam ini cukup beragam. Ada yang kecil banget, ada yang seukuran badan orang dewasa (serius).

5. Foto-foto

Yes, kalau kamu orang cukup narsis, Umbul Ponggok juga merupakan tempat yang cocok untuk foto-foto. Mau foto dengan pose seperti apapun, tak ada yang melarang. Jika kamu ingin mengambil foto bawah air menggunakan kamera smartphone, di Umbul Ponggok juga tersedia banyak persewaan casing kamera underwater untuk melindungi kamera dari air.

Sumber


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com