Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

My Trip @Jogja 7-9 Feb 2013

Terry
Terry, pada 21 Feb. 2013, 9.57
di Blog

Oke guys, sekarang w mw cerita perjalanan w di Jogja tgl 7-9 Feb 2013, ini perjalanan ke 4 w di Jogja, tapi yang pertama kali tanpa bantuan paket wisata. W pergi berdua sama temen w, jadi ini sebenenya cerita kita berdua n budget pun berdua (makan pun kita berdua, karena porsi makan saya sedikit haha)....

7 Februari 2013
- Berangkat dari St. Kircon jam 06.05 WIB naik Kerete ekonomi Pasundan, harga tiket @Rp 38.000x2:Rp 76.000. Kereta brgkt tepat waktu, keadaan msh kosong dr st. kircon. Baru tau walaupun beli yg ekonomi, ternyata ada fasilitas ac nya, wlopun tidak terlalu banyak seperti di kelas ekonomi ac. Kereta mulai penuh pas di st.Banjar n daerah2 perbatasan, dan benar saja saya menemukan banyak pengamen dan penjual2 yg gak jelas di daerah prbatasan, pedagang yang berjubel membuat keadaan yg tadinya nyaman menjadi sesak. Saya duduk di kursi yg bertiga dan hanya diisi oleh kita berdua, resikonya naik ekonomi ya duduknya depan2an sma org lain, untungnya kita hadap2an sama ibu beserta 2 anaknya yg menuju Gombong, sangat ramah n selalu ngajak ngobrol di perjalanan, hmm suasana yg gak akan kita temuin klo naik kereta bisnis or eksekutif. Buat saya sih yg baru prtama kali naik kereta ekonomi untuk jarak jauh sih ga terlalu kecewa apalagi dgn harganya, cm saya sarankan pergi di malam hari naik kereta kahuripan, setidaknya pst lebih tenang n nyaman untuk tidur. Tiket kereta ekonomipun sekarang udh bisa beli online, gak hanya kelas bisnis or eksekutif saja.
- Jajan Nasi sama ayam "crispy serundeng" n tumis oncom @Rp 5.000x2:Rp 10.000. Beli didaerah perbatasan, rasanya sumpah gak enak, terpaksa beli krna memang belum sarapan n harga yg murah. Mending bawa makanan sendiri dari rumah.
-Nyampe di st.Lempuyangan jam 15.30, telat 30 menit,langsung kerasa gerahhh
-Sewa motor 2 hari di Andies Rental Motor @Rp 50.000x2 hri:Rp 100.000, saya sudah janjian di stasiun untuk sewa dan si masnya tepat waktu, sama jasa motor ini cepet responnya gak bertele2, ada sih yg lebih murah tp lama donk responnya.
-KArena "kebodohan" kita gak beli tiket buat pulang pas dr awal, alhasil h-3 tiket kereta sudah ludes kecuali eksekutif. Akhirnya kita ke terminal Giwangan nanya2 bus buat ke Bandung n akhirnya dapet Bus Budiman buat tgl 9 Feb, brgkat dari Giwangan jam 5 sore menuju Bandung dgn harga Rp. 80.000/orang, bayarnya langsung di bus, gda sistem booking buat Budiman. Parkir terminal Rp 1.000
-Check In di Pondok 71= Rp 100.000 sktr pukul 17.00. Wow untung saja penginapan yg memang saya mau ini bagus, karena dgn hrga sgitu udh ada AC,TV, kmr mndi dalem, n ternyata Jl.MT.Haryono tuh deket kok kmana2, apalagi keraton. Harga di yogyes.com yg 80 rb itu buat kmar fan bkn ac. Kamarnya tenang, ac msh baru, TV flatnya kecil, n gda lemari. Yang rada bete c ibu pondoknya rada2 judesss.
-Jam 19.00 kita menuju Bakmi Shibitsu, yap bakmi yg legendaris n slah satu penjualnya bisu. Kita makan satu porsi bakmi godog n 2 gelas wedang jahe, harga Bakmi 14 rb + 2 wedang jahe 6 rb: Rp 20.000. Aduh si mba yg bisu itu bener2 buat saya terharu, dy ramah banget, ngambilin piring n satu poci air panas wlopun gak sy minta, trus dy nyuruh kt pindah tmpat duduk krn tmpt duduk kt katanya gak enakeun (dimengerti dgn bhsa isyarat).
-Alun-alun Kidul sekitar pukul 20.00, disana naik sepeda hias berdua Rp 20.000, waktu itu sempet hujan tp g lama, banyak orang yg nongkrong n puas ngeliat langsung warna warni sepeda hiasnya kyk di TV. Disana banyak nyamuk bikin gatel2. Parkir Rp 2.000.
-Angkrinan Lik Man jam 22.00, yap yg terkenal juga di Jogja. Jalan menuju kesana serem juga yah, n pas diliat jomplang bgt antara angkringan ini sama angkringan2 yg lain. Kita berdua makan nasi sego 2 porsi, sate baso, 2 gorengan, 2 kopi joss: Rp 12.000, parkir Rp 2.000. Harga sih murah n tmpat rame bgt, tp jujur rasanya engga banget, kopi joss yg pake arang juga trnyta kopi item biasa yah. Abis itu balik ke Pondok 71 n tidur.
-Uang keluar buat pengamen (kbnykan waria) dll hari ini Rp 5.000.

8 Februari 2013
- Pasar Bringharjo bentar jam 06.30, parkir Rp 2.000, terus ke Gudeg Yu Djum, di jl.Wijilan. Aduh bnr2 emang legenda nih, gudeg terenak yg prnh saya makan. Saya pesen 1 gudeg suwir n 1 teh manis n tawar: Rp 18.000, harga gudeg emang mahal n tmpt seadanya, tp ga nyesel deh nyobain gudeg ini, klo di Bandung gudeg nya kayak sayur nangka dgn rasa ga jls.
- Isi bensin Rp 12.500. Di Jogja mnrut saya pom bensin itu susah ditemuin haha.
-Check Out jam 10.30 dan menuju Candi Prambanan yg menempuh 1 jam perjalanan dr Jl. MT Haryono
-Candi Prambanan Rp 30.000x2:Rp 60.000, parkir Rp 3.000. Sebenernya bosen sih ksini n panas pula, cuma gak lengkep aja klo gak ngunjungin ni tempat. Disana cuma foto-foto n motoin bule yg mnt tlng buat di foto sembari dy gbs English pula,hadeuhh. Beli minum air botol Rp 4.ooo, penjualnya persis di candi prambanan sambil ngumpet2, tkut ketahuan penjaga haha.
-Frankwurst Resto di jalan Sabirin, Kotabaru. Kesini diajak temen yg krja disana, dan kita disuguhkan HotDog dengan beef sosis yg panjangnya 30 cm, woww bs buat b4. Minumnya Coffe latte n pear Mojito (enak bgt). Tempatnya bagus banget,dkt perpus jogja. Klo dihargain hotdognya Rp 41.500 minuman msing2 Rp 17.000, tp krn tmn krja dsini alhasil harga Rp. 0 alias gratis haha
-Check in @Blangkon Hotel jam 02.30 Rp 75.000. Harga murah karena dsni fan n gda tv, tp kmr mndi dlm. Alasan nginep dsini selain murah krn pgn nyobain tnggl di daerah para turis Prawirotaman. Jujur sih untuk kamar memang seadanya, kmr mndi gelap n seadanya, kipas anginnya apalagi sudah tdk layak dipakai, tapi disini pelayanannya itu loh, RAMAH.
-Jam 16.30 menuju Pantai Parangtritis,tnggl ke selatan prawirotaman, prjlnan 1 jam. Tiket Rp 5.000x2:Rp 10.000.Disana cuma foto2 aja, n menikmati suasana pantai yg g bgitu rame saat itu. Kebeneran ada jogja air show wlopun pas kt nyampe udahan acaranya.
-Makan mie rebus n kelapa muda di warung sambil ngeliat sunset, mie; Rp 7.000x2;Rp 14.000 kelapa bijian Rp 8.000x2:Rp. 16.000, gorengan 2 Rp 4.000 + parkir Rp. 3.000 TOTAL: Rp 37.000
-Beli rambutan di jalan Rp 7.000.
Istrht di hotel sebentar n tiduran.
-Jam 20.30 menuju Bakmi Kadin, yap bakmi terkenal jg di Jogja. 1 porsi Bakmi goreng Rp 18.000 + wedang tape n bajigur (enak bgt) Rp 6.000: Rp 24.000. Haduh mkanan enak lagi, manisnya beda n ga smbarangan, ayam suwirnya juga gede2, maknyos lah yah. Parkir Rp 2.000.
-Beli aqua botol n frestea di alfamart: Rp 12.000.
-Jam 23.00 kmbli ke hotel n tdur. Di Pondok 7 or Blangkon hotel juga disediakan dispenser air gratis buat brng2.

9 Februari 2013
-Jam 06.30 ke pasar prawirotaman n beli jajanan pasar + pecel Rp 11.000. Makan pecel bumbu kering,lumayan enak n murah. Pasarnya kecil n ga bgitu rame.
-Ke kasongan jam 08.00, di jalan isi bensin Rp 12.500. Penasaran aja inget SMP ke kasongan, eh pas ksana sepi n harga brg2nya udh mahal ga kayak dulu.
-Check Out jam 11.30, langsung menuju MALIOBORO.
-Parkir n titip tas Rp.6.000.
-Makan pecel 2 porsi n 2 es teh: Rp. 16.000 di dpn psr Bringharjo. Muter2 Malioboro lah sambil beli oleh2, kalau saya pribadi bnyk blnja di Mirota coz brng2nya unik n harganya bahkan ada yg lbh murah dbndingkan d Kasongan.
-Jam 02.30 ke Dagadu dkt Keraton, beli kaos buat temen abis itu langsung menuju terminal Giwangan. Karna Bus brgkt jam 05.00, jd kt prepare n ga blh dtg lbh dr jam 4 sore.
-Jam 16.00 janjian sama mas Andies rental buat balikin motor, si masnya jg tepat waktu.
-Jam 17.00 Bus Budiman brgkt menuju Bandung lwt jalur selatan Rp 80.000x2:Rp 160.000 dan berakhir sdh prjalanan saya di Jogja x ini.
-Di jalan sempet makan di RM corporate nya Bus Budiman, kita dapet voucher makan, tp gag gratis cm potongan aja, kita hrus bayar lagi Rp 13.000 berdua, menunya lmayan lah. Beli aqua botol n frestea Rp 11.000.
-Perjalanan ke Bandung gak kerasa karena malam hari n tidur sepanjang jalan, buat saya Bus ini lumayan murah n nyaman (klo tmn saya gak kuat katanya agak ugal2an).
-Nyampe Bandung jam 05.00 10 Feb 2013, kita trun di Jl.Jakarta coz bus ini menuju Cimahi, abis itu langsung plng deh ke rumah.

Oke deh, itu saja catatan perjalanan saya, mohon maaf apabila ada salah penulisan dll. Semoga info ini membantu tmn2 yg mau jalan2 ke Jogja, klo ada pertanyaan silahkan bertanya. Matur Nuwun.

Total Budget (tdk trmsuk oleh2): Rp. 860.000 : 2 = @RP 430.000

*slma di Jogja sy pakai Blackberry Maps n foursquare, sangat membntu buat nemuin tmpt2 yg sy kunjungi dan baru sadar klo Jogja tuh kecil.
*jalanan di Jogja lancar n gak macet
*Tempat2 yg gagal dkunjungi: lotek teteg,warung ys sidosemi, taman sari,bakmi pele,oseng mercon bu Narti,nasgor bringharjo.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

mochimochi
mochimochi
mochimochi Newbie
pd. 28 Juli 2016, 9.02

kok murah yah gan sewa montornya ..itu gk pakek jaminan apa apa

Suka 0
boy.akroma
boy.akroma
boy.akroma Jr.
pd. 15 April 2013, 20.10

mas kondisi motornya gmn? bebek ya? saya juga berencana nyewa motor tapi badan saya besar :malu: jadi klo kondisi motor gak mumpuni malah gak bisa narik nanti pas tanjakan :ngakak:

Suka 0
Terry
Terry
Terry Newbie
pd. 21 Feb. 2013, 18.01

[quote=nova mulianita]ada no telpon penginapan sm rental motor nya mas?? pertengahan tahun klo dpt cuti pengen k jogja barengan sm temen.. mksh[/quote]

Andies Rental Motor
Call or sms :
081578889950, 0878-3979-3900, 082134123991
Pin BB : 32106C7E
Karanganyar RT 66 RW 18 MG III/1179
Yogyakarta 55153

PONDOK 71
Alamat: Jl. MT Haryono, Pugeran, MJ2 71, Yogyakarta, Indonesia
Phone: (0274) 380 551, +62 812 1518 6752

BLANGKON HOTEL
Jl. Prawirotaman No.17 Yogyakarta.
Untuk reservasi dan Booking Hotel, bisa hubungi:
HP: 081226044450

Monggo mba

Suka 0
nova mulianita
nova mulianita
nova mulianita Jr.
pd. 21 Feb. 2013, 17.31

ada no telpon penginapan sm rental motor nya mas?? pertengahan tahun klo dpt cuti pengen k jogja barengan sm temen.. mksh

Suka 0

© backpackerindonesia.com