Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Argopuro (Pegunungan Hyang)

korep
korep, pada 24 Feb. 2013, 21.08
di Blog

jalur pendakian pegunungan Hyang (Argopuro)
Trek BADERAN Baderan Baderan-batas hutan, jalur pendakian menuju batas hutan ada 2 jalur. yang pertama lewat jalan utama berbatu (makadam), jalan ini merupakan jalan utama kampung baderan. dan yang kedua, lewat ladang penduduk, dimana jalur ini banyak sekali persimpangan. kedua jalur ini akan bertemu di batas hutan.
jarak tempu trek ini sekitar 2-3 jam
Batas Hutan-Mata Air 1,
setelah sampai di batas hutan, kita melajutkan ke mata air 1. jalur ini lumayan panjang dan landai. sesekali ada tanjakan. kondisi trek ini sudah lumayan lebar. klo musim hujan licin dan musim kemarau berdebu. karena jalur ini juga dipakek sepeda motor menuju cikasur. biasanya para pendaki menginap disini.
mata air 1 sumber airnya lumayan terjal, klo musim hujan jalur ngambil air licin.
jarak tepuh jalur ini 2-3 jam
Mata Air 1-Alun-alun kecil,
dari mata air 1 ke alun-alun kecil memakan waktu kurang lebih 3-4 jam. kondisi jalur ini masih jalan setapak landai dan sesekali nanjak. sama seperti kondisi jalur batas hutan-mata air 1.
Alun-alun kecil-Alun alun Besar.
jalur ini berupa savana yang terbentang luas dengan jalan setapak yang panjang. disini kita diujui kesabaran dalam mendaki. menuju alun-alun besar kita memutari gunung jambangan. jarak tempuh sekitar jalur ini sekitar 1-2jam. Alun-alun Besar- Cikasur.
savana yang luas membentang masih menyertai perjalan kita menuju cikasur. kondisi trek landai dan panjang. sekitar 2 jam. cikasur merupakan savana yang sangat luas. dan disini juda ada bekas-bekas bangunan, dan juga ditengah-tengah savana terdapat landasan lapter. menurut cerita, cikasur pernah mau dijadikan lapangan terbang. jadi atau tidaknya, saya gak tahu gan… di sungai cikasur terdapat banyak selada air. jadi agan-agan wajib bawa bumbu pecel klo berkunjung kesini, hehehheee….
Cikasur-Cisentor.
jalur menuju cisentor 3-4 jam. jalurnya pun keluar masuk savana, dan hutan edelweis yang pohonnya panjang-panjang. pohon edelweis pegunungan hyang berbeda dengan gunung-gunung yang lain. batang pohonnya memiliki panjang 2-3 meter gan. pernah denger sih, edelweis gunung tambora juga sama dengan peg.hyang.
cisentor-rawa embik-savana lonceng.
nama pos yang unik gan, yang satu makek bahasa sunda, yang satunya lagi makek bahasa madura,. bahasa madura ini adalah bahasa yang dipakek di desa-desa sekitar pegunungan hyang. jarak tempuh jalur ini sekitar 2-3 jam. disini terdapat sumber air terkhir di jalur pendakian. setelah melewati rawa embek kita menuju savana lonceng. jarak tempuh 1-2jam. trek juga lumayan landai, sesekali tanjakan terjal untuk sampek ke savana lonceng. savana lonceng sendiri juga berupa savana yang lumayan luas. disini adalah pertigaan menuju puncak argopuro (15menit), dan bisa dilanjut k puncak arca. kedua puncak tersebut ane g bisa cerita ni gan, karena belum pernah. dari peertigaan tadi menuju puncak rengganis memakan waktu 15 menit. setelah itu kita kembali lagi ke rawa embek atau bisa juga di cisentor untuk ngecamp.

trek BREMI bremi-taman hidup.
jalur pendakian ini lumayan rumit, karena banyak jalur-jalur alternatif. maklumlah, soalnya dipakek juga sama orang kampung buat ke ladang. setelah kita melewati ladang yang lumayan luas baru kita ketemu cemoro lawang. kemudian dilanjut kehutan damar, dimana kondisi jalur nanjak. setelah melewati hutan damar kita masuk ke hutan belanatara yang jalurnya nanjak juga. bremi-taman hidup memakan waktu 5-6 jam.
taman hidup-hutan lumut-aeng kenek-cisentor,
taman hidup berupa danau di dalam hutan belantara yang rapat. aeng kenek berupa aliran sungai yang deres dan bening. hanya saja lebar sungai tidak seperti sungai cisentor.
jalur ini memakan waktu 7-8 jam. setelah sampek cisentor jalur pendakian sama dengan yang dari baderan.

biasanya para pendaki, ngambil jalur kedua-duanya. naek baderan-turun bremi, atau sebaliknya. biar dapet smua keindahan alam pegunungan hyang.

akses transport: – bremi: naek mini bus dari stasiun lama probolinggo rp.12.000, pemberangkatan jam 9 pagi menuju bremi. atau naek bis situbondo turun pertigaan pajarakan, dari pajarakan naek angkutan desa ke bremi rp.5000. Baderan. dari teminal besuki naek angkutan desa ke baderan Rp. 5000-10.000

semoga bermanfaat,.. terima kasih.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com