Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

WHATEVER I'M BACKPACKER !!! - Singapore and Malacca (Malaysia)

adis
adis, pada 24 Feb. 2011, 18.23
di Blog


WHATEVER I'M BACKPACKER !!!

KISAH GEMBEL YANG BISA JALAN-JALAN KELUAR NEGERI !!!

karena disni saya nyeritain gembel,jadi kalian yang baca note ini jangan ngarepin deh pengalaman saya main casino di singapore, jalan jalan ke universal studio, dugem di zouk singapore atau bahkan ngabisin uang berjuta-juta rupiah dalam perjalanan ini, inget WE ARE NOT TOURIST, WE ARE BACKPACKER seengganya itu yang dikatakan teman saya dari jerman waktu saya backpackeran ke thailand (manuel helsinger & michael rudolf) note ini negesin sekarang gembel aja bisa jalan-jalan ke luar negeri loh dengan,

500 REBUan, 4 HARI 3 MALEM 2 NEGARA DAN BANYAK TEMPAT PARIWISATA YANG DIKUNJUNGI !!!

ini bukan becandaan koq mas mas dan mbak mbak..

note ini nyeritain perjalanan backpacking saya dan 2 teman saya mas bih dan sarah yang dengan budget minim pun masih bisa jalan" ke singapore dan malaysia, bukan hanya satu negara yang kita kunjungi, tapi 2 negara sekaligus kita kunjungi dalam waktu 4 hari !!!

yah di mulai dari rumah saya di bandung tentunya, kebetulan saya dapet tiket JKT - SINGAPORE dan itu saya dapet flight jam 9.00 a.m so otomatis karena temen saya si mas bih ini exciting banget mau jalan" keluar negeri hahahhaa..jadi kita cabut naik primajasa dr BSM ke bandara soetta pukul 3 subuh,,buseeet niat bgt yah..perjalanan bandung - jakarta kita tempuh dalam waktu 3 jam saja, kita sampai di jakarta pukul 6 pagi,sambil nunggu check in ticket kita pun memutuskan sarapan dlu dong di KFC bandara, dan saya ngga sadar ternyata itu sarapan paling mewah yang bakal saya nikmatin dalam waktu 4 hari ini hahaha..

setelah selesai sarapan dan ngerokok” cantik di bandara, saya pun check in ticket 2 jam sebelum keberangkatan, setelah menunggu di boarding room, pesawat air asia dengan no. penerbangan QZ7788 pun datang tepat waktu yaitu pukul 9.00 a.m ,di pesawat ternyata banyak juga orang indonesia yang akan pergi ke singapura dengan berbagai tujuan tentunya entah itu liburan atau pun kerja, yang pasti yang bawa ransel segede bagong tuh cuma kita bertiga doang..*ya iya lah yah kan namanya juga backpacker.hehe..

(info : saya ke singapore bawa rokok 3 bungkus loh dan itu ga ada masalah)

HARI PERTAMA (17/02/11)

TOUCHDOWN SINGAPORE !!! Pesawat kita pun sampai di Singapore pada pukul 11.00 waktu Indonesia dan pukul 12.00 waktu Singapore..karena disana waktunya lebih cepet 1 jam dr Indonesia. Setelah mengurus tetek bengek seperti scan barang bawaan dan imigrasi akhirnya saya pun menginjakan kaki di singapur,

(info : buat para backpacker, dibandara itu jgn lupa selalu mengambil map,brosur,dan info” lain nya tentang destinasi yang kita kunjungi, itu GRATIS alias FREE koq.)

Setelah mengurus semua dan mengambil peta Singapore saya dan kedua temen daya pun celingak celinguk di bandara change ini, sumpah ini bandara gede nya segede dosa orang kafir kali yah..gede banget ampe kita kesasar dan bingung buat keluar dari bandara ini ada terminal 1 lah 2 lah 3 lah..arghhhhhhh…#kampunganBangetYah hahahaha..

Setelah tersesat selama kurang lebih 1,5 jam di bandara saya pun mendapatkan jalan ke luar, yaitu lewat stasiun MRT di changi airport, tanpa pikir panjang lagi saya pun membeli tiket MRT dengan tujuan Little India, dengan harga 3,1$ sebelumnya saya beli roti pandan satu bungkus buat ganjel perut sekalian nukerin receh seharga 1,4$.

(info : lebih baikkalian punya uang receh seperti pecahan uang coin atau lembaran uang 2$, sumpah ini berguna banget deh buat naik MRT)

(info : tiket MRT tuh system nya pake deposit jadi klo misalnya lu beli tiket dr change ke little india tuh 3,1$ nah ntar klo dah nyampe kita bisa balikin tiketnya dan lu dapet kembalian 1$)

(info : update lah status FB or twitter mu sebelum dan sesudah sampai Singapore, tujuannya ya apalagi kalo bukan buat SOMBONG”AN hahahahaha =)) )

Setelah sampai little india kita pun buru” cari hotel di daerah itu sumpah lu ga akan ngerasa di Singapore deh klo pas nyampe little india, bau dupa yg suka di pake ibadah orang india, bau makanan india dengan khas bau rempah”nya yang menyengat plus bau badan orang india yang emang bau hahahahaha =)) no offense .ini kaya di india dah bukan kaya di Singapore hehe.. , sebenernya banyak hotel” murah di daerah itu seperti di Dunlop St. , Dickson Rd. , Veerasamy Rd. dll. Itu tergantung kejelian dan keuletan kalian aja buat nyari. Tapi pilihan saya jatuh di fernloft hostel di jalan besar, dengan uang 20$ kita dapet kasur di ruangan dorm, internet comp gratis, wifi gratis dan Breakfast gratis tentunya.hahahaha tapi overall semua enak dan bersih koq, kamar bersih dan berAC, share toilet bersih dan air panas tentunya, depan hotelnya pun bisa di pake ngerokok sambil nongkrong di pinggir jalan,hehe..

Buat hari pertama ini saya mutusin Cuma jalan” aja di sekitar little inida toh banyak spot yang bagus buat didatengin koq seperti mustofa center, Sri Veeramakaliaman, masjid abdul gafoor dan little inida arcade. Setelah puas jalan-jalan di sekitaran little india saya pun makan di daerah mustofa center. Yang harganya berkisar dari 2$ sampai 10$an, tapi saya makan nasi ayam aja yang harganya 4 $ dan air mineral yang beli di 7eleven dgn harga 1$. Setelah selesai makan malam saya pun pulang ke hotel untuk beristirahat dan surfing di internet dlu tentunya.biasa buat update status di dunia maya klo gw ada di Singapore sekarang hahaha..#sombongDikit

(info : kalo saya punya prinsip sih sebagai backpacker, JANGAN PERNAH NAIK TAKSI apalagi klo lu Cuma sendiri. MAHAL !!! lebih baik jalan kaki aja toh banyak yang bisa di liat dan ga ngebosenin juga koq)

HARI KEDUA (18/02/11)

Saya bangun jam 10an nih pagi ini karena pada malam sebelumnya saya tidur jam 12 malem setelah ngobrol” terlebih dahulu sama orang bali yang sudah stay lama disana nama nya bang syarief.hehe…saya dapet banyak info tentang Singapore dari dia.

Setelah ngumpulin nyawa dlu di kasur saya pun cepet” mandi dan prepare buat lanjut ke melacca, pukul 11 pagi setelah sarapan di hotel saya pun langsung check out dan lanjut perjalanan.

(info : sarapan lah yang banyak klo bisa bawa Tupperware buat bekel roti buat dimakan di perjalan.hahahaha kan namanya juga gembel bebas dan ga tau malu tentunya haha..oh dan jgn lupa buat reffil air botol minuman di hotel semua FREE )

Setelah check out saya jalan ke statsiun MRT terdekat yaitu stasiun Farrer Park kira” 10 menit jalan kaki dari hostel kita nginep saya pun lanjut kea rah stasiun kranji dengan harga tiket 3,2$ dan seperti biasanya ini tiket deposit,setelah sampai tujuan bakal dikembaliin 1$ sama mesin nya.Setelah sampai kranji saya langsung menuju terminal bus yang ada di bawah stasiun kranji. Disini naik lah bus SBS transit atau causeway bus yang langsung ke arah terminal Larkin di Johor Bahru Malaysia dengan harga tiket sebesar 1,4$. Di perjalanan dr Singapore ke Johor Bahru ini kalian bakal sangat sangat repot dengan imigrasi yang mengharuskan kalian turun naik bus buat di cek di imigrasi.

(info : masuk Malaysia dari Singapore pun saya masih memberanikan diri buat bawa rokok dan ternyata disni di scan cek nya ga terlalu ketat koq,yang bakal di cek tuh bag gede kalian aja,yang kecil nya ga bakalan di cek jadi kalian taro aja rokok,bom,pisau,pistol ataupun majalah bokep kalian di tas kecil ini. Hahahahaha J) )

Setelah selesai dengan imigrasi saya lanjut naik bus ke arah stasiun larkin, disini saya sempetin makan siang dlu di terminal larkin dengan uang 4RM kalian dah dapet nasi lemak ayam. Setelah makan siang saya pun lanjut naik bus dari larkin menuju Melaka, dsni banyak bngt perusahaan bus yang menawarkan jasa nya, tapi pilihan saya jatuh ke perusahaan bis MAYANG SARI.. entah namanya kaya artis Indonesia atau karena bus ini emang nyaman, tetep saya pilih MAYANG SARI.hahahahaha… =)) dengan harga tiket 19RM kalian dah bisa naik bus ke Melaka dengan nyaman.bus dsni ga kaya bus damri di bandung yang mau duduk aja susah.hahaha..ini bus nyaman banget, full AC dan kebetulan pas itu saya cuma bertiga di dalem bus itu.hahaha..serasa kaya bus pribadi nih.

(info : lebih baik kalian tukerin uang dolar Singapore ke Ringgit dlu sebelum pergi ke Malaysia ataupun klo ga sempet di terminal larkin juga banyak money changer koq,pilih yang orang india aja money changer nya biasanya bakal di kasih lebih banyak dr pada sama orang melayu)

Setelah perjalanan selama kurang lebih 4 jam saya pun tiba di Melaka sentral, dsni saya harus naik bus sebesar 2RM atau taxi sebesar 15RM utk sekali jalan ke daerah hotel yang sudah saya incer yaitu discovery guest house, sebenernya banyak hotel di daerah sini seperti di china town, jonker St, dll..tapi pilihan saya jatuh ke discovery guest house di Jalan Bunga raya. Dengan harga 17RM kalian bisa mendapatkan satu kasur di dorm room dengan AC, free wifi,staff yang ramah, bar, live music dan tentunya breakfast gratis alias FREE !!! setelah beristirahat sejenak di hostel saya pun melanjutkan jalan jalan sore saya di Melaka, banyak banget tempat yang saya kunjungi disni, Karena jaraknya yang saling berdekatan.

I mean Melaka ini pun bisa disebut kaya venice nya Malaysia, venice yah bukan pen*s hahahhaa..heup , Tempat” yang menarik disini adalah St.Peter Cruch (gereja yang udah tua banget), sungai Melaka(Venice), the stadhuys building, Menara taming sari, A Famosa, Jonker st, alias china town, dll. Dan semua itu jaraknya sangat dekat dengan hotel yang saya tinggali. Setelah puas berkeliling sore saya pun memutuskan untuk makan malam di china town alian Jonker st. dan kebetulan dsini lagi ada festival gtu entah setiap hari atau pas weekend aja ada nya saya lupa nanya. Festival jonker st. ini penuh dengan ornament china sepanjang kurang lebih 1 km banyak banget yang jualan mulai dr souvenir,makanan,barang bekas,ampe tukang obat yang teriak” di pinggir jalan pun ada, dan yang saya heran banyak juga yang liatin tuh tukang obat weks woks.hahahahaha.. disini saya makan mie laksa curry daging dgn harga 3.5RM dan minum es serut durian dengan harga 3RM. Enak banget deh udah banyak yang jualan makanan,jajanan, souvenir ditambah cewe china seksi dan cantik yang lg jalan” sekalian buat cuci mata hahaha…

(info : jalan” lah ampe malem disini tapi jangan lupa liat sunset dr sungai Melaka, this is amazing atmosphere and amazing view also. Disini matahari terbenam kira” pukul 7.30)

Setelah puas jalan jalan di Melaka sambil nongkrong di pinggir sungai Melaka saya pun pulang ke hostel untuk beristirahat.

HARI KETIGA (19/02/11)

Back to SINGAPORE !!! seperti biasa setelah selesai sarapan saya pun melanjutkan pulang ke Singapore dengan bus dari hotel ke Melaka sentral dengan harga tiket 2RM, dilanjut dr Melaka sentral ke terminal larkin sebesar 19RM. Setelah sampai terminal larkin saya pun makan siang dlu di terminal ini, nasi ayam dan sebotol air mineral saya duitin cuma 5RM.

Sesudah selesai makan siang saya pun melanjutkan perjalanan ke stasiun kranji Singapore dengan bus causeway dengan biaya 1,4RM. Seperti biasa kalian harus sabar dengan imigrasi nya yang memang sangat merepotkan, untuk Malaysia – Singapore saya tidak berani membawa rokok karena imigrasi Singapore sangat ketat, dan tidak sedikit yang terkena denda disini Karena membawa barang” yang dilarang masuk Singapore. Saran saya abisin aja rokok nya di Malaysia !!!

Setelah sampai stasiun kranji Singapore pada pukul 4 sore saya pun naik MRT ke stasiun orchard dengan harga 3,1$!!! Pokonya hari sabtu ini saya bakal ngabisin waktu buat jalan” di Singapore. Setelah sampai stasiun orchard, saya pun berjalan” di jalan orchard, dan saya Nampak kaya orang yang baru turun gunung di daerah orchard ini, dengan muka cape dan caludih, kaki kotor, dan bawa tas segede bagong di punggung..oh gosh rasanya pengen banget buru” menghilang dari orchard ini, beda banget sama orang” yang lewat pada pake baju modis dan rapih.HAHAHAHA..tapi gpp yah tetep PROUD TO BE A BACKPACKER !!!

Jalan jalan di orchard ini boro” mau belanja di toko” branded mereka..buat masuknya aja kayanya udah malu.hahaha alhasil saya pun hanya jalan” saja di jalan orchardnya, disni lu harus nyoba uncle ice cream yang banyak jualan di pinggir jalan orchard. Dengan duit 1$ saya pun melahap ice cream duren dengan roti, hemm..sangat menyegarkan di saat tenggorokan saya kering karena cape berjalan.

Dari orchard saya jalan ke stasiun somerset dan langsung menuju staisun marina bay dengan MRT saya hanya perlu uang sebesar 2.1$ .sesampainya di marina bay saya jalan ke marina bay sands untuk melihat sunset dan juga fto” tentunya hahaha..mungkin ini adalah highlight saya selama liburan di Singapore..liat sunset di lanjut pertunjukan laser sangat seru !!! secara di Indonesia kaga ada hahahaha..dan satu lagi ini GRATIS alias FREE !!! setelah puas nongkrong di marina bay sands saya lanjut jalan” ke esplanade park, marina square,singapure river, park quay dan merlion park (pas saya dateng patung merlion nya lagi di RENOVASI !!! FUCK !!! ) jadi berasa kurang afdol nih liburan ke singapore !!!

Setelah puas berkeliling saya pun makan malam di festival apa gtu namanya saya lupa, saya makan makanan korea, makan saba fish dan chicken BBQ hanya 6$ sajaaaaaaaah… setelah makan malem saya pun lanjut naik MRT di stasiun raffles place untuk lanjut ke stasiun MRT di changi airport dengan uang 3$. Dan itu saya dapet kereta terakhir,nyampe change pukul 11.30 p.m

(info : stasiun MRT dihari biasa tutup pukul 10.00 p.m tapi karena ini satnite jadi tutup nya pukul 11.00 p.m)

(info : buat mencapai tujuan tertentu dengan MRT kalian harus berganti kereta)

HARI KEEMPAT (20/02/11)

Nyampe change airport pukul 11.30 p.m dan saya pun memutuskan untuk tinggal di airport aja secara saya backpacker dan makin kerasa backpackeran nya..hahahhahaa..di changi enak koq buat diem, banyak yang bisa kalian lakuin disini mulai dr internetan pake I-PAD jalan jalan di changi airport yang emang gede dan luas, bolak balik pake skytrain di airport #EweuhGawe. Hahahahaha.. =)) tempat rekomendasan saya buat tidur di changi airport ini adalah di McD terminal 2, di musem change terminal 1, atau taman bermain indoor di terminal 1,2,3 dan ga usah malu buat tidur di airport karena banyak juga turis yang tidur disini.

Setelah istirahat dan tidur lelap di airport saya pun bersiap check in untuk pulang ke INDONESIA pada pukul 12.00 a.m setelah sarapan roti dulu di airport dengan duit 1,4$ .GOOD BYE SINGAPORE DAN MALAYSIA..

suatu saat gw bakal balik lagi ke Singapore tapi bukan buat backpackeran tapi jadi turis, yang pake pesawat kelas 1, nginep di Hotel bintang 5, jalan jalan ga pake MRT tapi pake PORSCHE pribadi, maen judi di SINGAPORE CASINO dan tentunya ngabisin uang ratusan juta HAHAHAHHAHAHAHA…ameeeeeeeen !!!

Rincian Biaya

HARI PERTAMA

* MRT Changi airport to Little India 3,1$
* Roti 1,4$
* Hostel farnloft 20$
* Makan malem 4$
* air mineral 1$

TOTAL 28,5$ *deposit MRT 1$

HARI KEDUA

* MRT Farrer Park to Kranji 3,2$
* Bus Kranji to Larkin Johor Bahru 1,5$
* Makan siang 4RM
* Bus Larkin to Melaka 19RM
* Bus Melaka Sentral to hotel 2RM
* Hotel discovery 17RM
* Makan Malem 3,5RM
* Es duren 3RM

TOTAL 3,7$ *deposit 1$

48,5RM

HARI KETIGA

* Bus hotel to melaka sentral 2RM
* Bus melaka sentral to Larkin 19RM
* Makan Siang 4RM
* air mineral 1RM
* Bus Larkin to Kranji singapore 1,4RM
* MRT Kranji to Orchard 3,1$
* uncle ice cream 1$
* MRT somerset to marina Bay 2,1$
* Makan Malem 6$
* MRT raffles place to changi 3$

TOTAL 27,4RM

12,2$ *deposit 3$

HARI KEEMPAT

* Roti 1,4$

TOTAL 1,4$

TOTAL SEMUA 45,8$ = Rp. 320.000,-

75,9RM = Rp. 227.700,-

TOTAL Rp. 547.700,-

catatan *) kurs dolar singapore 1$ = Rp.7000

kurs ringgit malaysia 1RM = Rp.3000

UDAH SELESAI NIH NOTE NYA .. :)

thanks to a Obie, sarah dan guru backpacker saya mas ariy solo hehehe :)


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

tropical forest
tropical forest
tropical forest Newbie
pd. 12 Okt. 2015, 22.07

kapan nih ngadain lagi,..bareng bareng yuk,..

Suka 0
tropical forest
tropical forest
tropical forest Newbie
pd. 12 Okt. 2015, 22.09

kapan nih mau ngadain lagi,..
kalo udah ada yg pengalaman kan kita juga tenang,..
hehehe,..gak kayak orang ilang,..

Suka 0
Indah gagokimmi
Indah gagokimmi
Indah gagokimmi Newbie
pd. 5 Juni 2013, 17.33

gara2 baca ini :akhirnya:

tgl 8-13 Mei Kemaren berhasil ke Singapur - Melaka - KL - Singapur !!!

yuhuuuuuu..... :victory:

bener2 deh selama perjalanan blognya Takdos disaved page di opera mini dan di buka selama trip biar ga kesasar gtu *selain buka map juga* bener2 ngebantu bgt, tengkyu Takdos !!!!! :party: H)

Suka 0
kurniawan_putra
kurniawan_putra
kurniawan_putra Newbie
pd. 3 Juni 2013, 3.15

wah gokil nih bisa dgn budget segitu ya.thx bro info2nya

Suka 0
Anton Permana
Anton Permana
Anton Permana Jr.
pd. 15 Mei 2013, 0.21

keren baca trip si agan ini..
salam kenal
:victory:

Suka 0
riswandi
riswandi
riswandi Newbie
pd. 7 Okt. 2011, 13.22

waaahh...seru banged perjalanannya gan... gak sabar pengen ke Singapore. Saya rencana berangkat tgl 11 Okt 2011 ini tp sendiri....

Suka 0
adis
adis
adis Sr.
pd. 13 Juli 2011, 17.05

sip gan

Suka 0
extrmbckpckr
extrmbckpckr
extrmbckpckr Jr.
pd. 12 Juli 2011, 13.19

http://davaalbana.blogspot.com/

ni gan blog ane

Suka 0
adis
adis
adis Sr.
pd. 11 Juli 2011, 12.32

[quote=alban sebastian]oke follow blog ane juga gan :D[/quote]

yang mana blog nya gan??sini ane follow

Suka 0
extrmbckpckr
extrmbckpckr
extrmbckpckr Jr.
pd. 11 Juli 2011, 11.02

oke follow blog ane juga gan :D

Suka 0

© backpackerindonesia.com