Trending

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

TOUR SULAWESI 20-12-2012 (Makassar, Toraja, Palu, Manado)

Muekchevron
Muekchevron, pada 21 Maret 2013, 21.36
di Blog

Guys, ini saya share liburan saya ala backpacker selama TOUR di Sulawesi. Tepat tanggal 20-12-2012 jam 11.30 saya Take off dari Bali menuju Ujung Pandang/Makassar. landing di Makassar jam 12.45. Pertama sampai Bandara Bingung karena ga ada yg jemput dan saya naik Damri dari Airport ongkosnya Rp 20.000 menuju Benteng fort Rotterdam sekalian janjian ketemu teman disana. sekitar 1 jam perjalanan sampai juga di FORT ROTTERDAM. saya langsung masuk kedalam Benteng dan dsana ada Museum Peninggalan-peninggalan Kerajaan Sulawesi Tempoe Doloe. ini perjalanan Hari Pertama saya di Makassar. sambil menunggu janjian ketemu dgn teman tadi Hujan pun turun. akhirnya saya memutuskan untuk mencari penginapan di seputaran jalan Nusantara (Katanya sih Tempat Prostitusi) ya saya tidak tahu itu tempat Prostitusi yg penting dapat penginapan Murah Rp 130.000 Fasilitas AC dan yg terpenting Bersih tu kamar. Rehat sekejap meluruskan otot-otot kaki Akhirnya Teman ku tadi datang ke Penginapan. Sudah mandi sudah ganteng dan kami pun siap untuk menikmati Makassar di Malam hari kami menuju PANTAI LOSARI. Santai sejenak di seputaran Pantai sambil menikmati angin malam ha..ha..ha setelah dari Pantai lanjut lagi ke Taman yg di sebelah Benteng Fort Roteram (lupa nama Tamannya) disana kami cheers dulu ada sedikit bw stock arak dari Bali. Teman saya (Rudi) ini baru pertama kali saya kenal dan hanya kenal dari Facebook gan Orangnya Baik lagi. di Taman kami saling mengenal dulu satu sama yg lain sekalian ngarak ha..ha..ha.. tidak terasa waktu semakin larut sekitar pukul 2.00 WITA Saya pulang ke Penginapan utk Istirahat dan menyiapkan fisik untuk melanjutkan petualangan esok hari.

FORT ROTTERDAM

MUSEUM LA GALIGO

Hari Kedua saya melanjutkan perjalanan menuju "PULAU SAMALONA" banyak pulau-pulau kecil di Makassar tapi saya memilih Pulau Samalona Karena terinspirasi lagunya IMANEZ (Samalona). Untuk penyebrangan ke Samalona kita naik di pelabuhan di depan Fort Rotterdam. Biaya Penyebrangan Kapal (Carter) untungnya saya dapat Murah Rp 350.000 biasanya Rp 650.000 (PP) dengan muatan maksimal 6 orang. sekitar 20 menit penyeberangan saya tiba di "SAMALONA ISLAND". Ini Pulau memang belum banyak di ketahui banyak wisatawan. Pulau ini Hanya di Huni oleh beberapa penduduk saja dan yg hebatnya masyarakat itu sendiri yg memiliki PULAU SAMALONA ini. Tapi sayang Pulau ini belum di kelola oleh masyarakat yg ada disana, karena keterbatasan SDM (Sumber Daya Manusia) nya aja sihh. Padahal Pulaunya keren, indah, bersih bisa juga untuk Snorkling. Penyewaan alat Snorkling disana Rp 50.000 dan Penginapan disana berkisar Rp300.000-500.000 /malam. 5 Jam menikmati SAMALONA dan Snorkling disana belum puas sihh rasanya belum menginap disana, tetapi karena keterbatasan dana terpaksa sekitar jam 4.00 saya kembali lagi ke kota Makassar. ya satu impian saya dari dulu sudah tercapai menginjakkan kaki di Pulau Samalona.

SAMALONA ISLAND

PEMILIK PULAU SAMALONA

KAPAL MENUJU SAMALONA ISLAND

Jam 5 sore saya sudah tiba kembali di Kota Makassar. Rasanya belum puas menikmati Pulau Samalona tapi apa boleh buat. Malam kedua saya menginap di rumah my brother Rudi (orang yang hanya kenal di FB) ha..ha..ha. lumayan dikasih tumpangan buat tidur man. setelah lelah seharian saya pun istirahat untuk melanjutkan perjalanan hari ke tiga. Hari ke tiga saya hanya menikmati Kota Makassar dan wisata Kulinernya saja dan malamnya bertemu dgn Ghegee untuk melanjutkan Perjalanan menuju Tana Toraja. niatnya tanggal 22 malam itu mau berangkat ke TORAJA dan mengejar utk natalan disana dan melihat Pembukaan acara Tahunan di Toraja "LOVELY DECEMBER" semua tiket bus pada malam itu sudah habis full di booking sampai tanggal 26. Sangat Bingung man satu malam i itu berpikir mencari solusinya dan mendatangi semua bus2 supaya dapat tiket tetap juga ada full. ada yang mau kasih tumpangan mobil tapi maksimal 2 orang saja sementara kami 4 orang. Ga tau ini ide keluar dari pikiran saya sendiri saya memanfaatkan Twitter man. Untungnya saya follow akunnya Orang Toraja saya baca-baca twitternya dan finally dapat Mobil Pribadi (Avanza) atau yg di jadikan Taxi tapi untuk tanggal 23 malam jam 7. Tidak masalahh yang penting sampai Toraja dengan selamat, aman, dan sentosa. sambil menunggu malam kita jalan-jalan dulu ke Makassar Town Square dan Kampus UNHAS (Universitas Hassanudin). Memanfaatkan waktu yang ada 3 Hari di Makassar Lumayan Puas karena sudah ke SAMALONA sihh destinasi utama saya. ha..ha..ha. Ok malam sudah tiba dan kami pun packing dan mobil sudah menunggu di depan. Packing done dengan penuh Perjuangan dan Kebahagian kami Berangkatsss man. sepanjang jalan menuju Toraja di guyur hujan terus. ayeeeeeeee. dengan tarif ongkos Rp 130.000 biasanya kalau menggunakan bus Litha, Bintang Prima hanya Rp 100.000 dgn fasilitas bus AC. Lumayan Murah man dgn jarak tempuh sekitar 8-10 jam. Saran saya kalau mau ke Toraja Startnya dari Makassar di Bulan Desember kalau ada teman di Makassar minta tolong booking tiket busnya guys. Karena orang-orang Toraja yg stay di Makassar pasti Pulang ke Kampung Halamannya juga ga tau jumlah busnya terbatas tetapi semua full karena ada event Lovely December. di Tana Toraja. Tanggal 24 subuh jam 3.30 saya dan teman-teman lain tiba di Tana Toraja dan menginap dirumah Ghegee asli Gadis Toraa (Teman Kampus) ha..ha..ha. dirumah kami di sambut dengan baik oleh mamanya Ghegee. Kami pun beristirahat bangun tidur pun kami di sambut hujan di Toraja. Semakin dingin dan tidak mematahkan semangat saya untuk menelusuri Kota Toraja.
Hari Pertama saya di TORAJA hanya di pusat kota Rantepao karena TORAJA skrg terbagi dua Kabupaten Rantepao dan Makale. tetapi Rantepao yg memliki banyak objek wisatanya. setelah melihat-lihat Rantepao saya pun untuk mencari Penginapan. Penginapan di Toraja semua full beruntung lagi dapat Homestay yg murah lagi Rp 100.000/malam. di Toraja banyak penginapan wisma berkisar Rp 100-200 rb/malam. penyewaan motor Rp 60.000 /hari (24jam) tempat Penyewaan di dekat Lapangan. Semua sudah Beres Penginapan dan Sewa motor sudah fix lanjut lagi memejamkan mata untuk melanjutkan petualangan hari esok di Tana Toraja.

HOMESTAY Rp 100.000/malam

Hari Kedua di Toraja saya mulai menuju ke objek-objek wisatanya.ya apalagi Toraja terkenal dengan kuburan batunya dan keunikan budayanya. Tempat yang pertama saya kunjungi :

LEMO
Lemo adalah tempat pekuburan dinding berbatu. Letaknya di Desa Lemo. Disebut Lemo, karena pekuburan batu utama memiliki dinding yang berkerut-kerut seperti kulit jeruk atau lemo dalam bahasa setempat. Diperkirakan ada sekitar 75 buah lubang batu kuno di tempat ini. Di dalam lubang-lubang batu tersebut juga ditemui patung-patung dari mereka yang sudah meninggal dan dimakamkan di sini (tau-tau).

Cerita Masih Bersambung..wait ya.. :victory: !!!

Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar