Pecah Telor Traveling 1 Jutaan 2 Negara

nuning hadi
nuning hadi, pada 2 Des. 2017, 20.03

Selamat Malam mau sharing ya. Akhirnya saya pecah telor juga keluar negeri. Perjalanan kali ini saya "terpaksa" jadi solo traveling karena teman saya yang beda penerbangan kena deportasi.

Oia berikut biaya yang saya keluarkan sebelum trip, yaitu tiket pesawat.
Jakarta - Singapore 170rb
Malaysia - Jakarta 270rb
Keduanya pakai airasia promo yang sudah dibeli dari 2 bulan lalu.

Day 1
Saya landing di Changi Airport jam 11 malam waktu setempat. Saya tiba di terminal 4 yang super megah. Saya memutuskan menginap di Bandara menunggu pagi untuk menghemat biaya penginapan. Jangan khawatir, banyak kursi untuk beristirahat, toilet bersih dan banyak foodcourt yang buka 24 jam (tapi saya tidak sanggup beli hehehe). Singkat kata saya milih tidur aja.

Pagi harinya, Saya sarapan dengan apel dan roti isi yg saya bawa dari Indonesia. Saya janjian dengan teman di MRT station jam 6 pagi. Tapi saya hubungi teman saya tidak bisa. Nomer handphone tidak saya roaming karena rencana akan beli kartu perdana Singapore, eh tapi harga kartu perdana di bandara 35 $, wow diluar budget banget.
Karena Saya fikir teman saya sudah jalan duluan ke pusat kota. Saya membeli kartu Ezlink seharga 18$ .
Saya akhirnya menuju Orchad Road karena tujuannya mencari Grapari telkomsel yang ada disana. Sampai orchad sudah ruameee banget orang-orang yang saya tahu belakangan bahwa mereka Tenaga Kerja yang memanfaatkan waktu off kerjanya.

Singkat cerita, disini saya bertemu dengan TKI yang baik hati bernama mba Ani yang meminjamkan HP nya untuk menelepon teman saya dan akhirnya saya dapat kabar kalau teman saya sudah di deportasi ke Indonesia lagi. Ya Allah, galau deh mau lanjutin perjalanan. Tapi tiket pulang saya dari malaysia, jadi mau nggak mau saya harus tetap lanjut. Setelah di yakinkan oleh Mba Ani jika traveling di Singapura itu aman, saya beranikan diri untuk solo traveling.

Di Orchad, saya sempatkan beli es krim uncle 1$ yang terkenal itu. Rasanya sih sama saja seperti es tungtung tapi makan di Orchad Road itu membuat atmosphere yang berbeda.
Dari Orchad, saya lanjut ke merlion naik MRT. Saya hanya jajan Aqua seharga 2.3$ karena panaasss banget siang itu dan saya mau minum air es. Sebelumnya saya sudah kembung minum air keran, Sore menjelang malam saya nikmati di sepanjang sungai di seberang Marina Bay. Sebelum kesini saya beli buah-buahan potong seharga 3$. Isinya lumayan banyak jadi bikin kenyang. Sampai jam 8 malam saya menikmati waktu disini, lalu saya menuju ke terminal Golden Mile Complex untuk mendapatkan bus menuju Malaysia. Harga tiketnya 20 $ dan busnya sangat nyaman. Ada tragedi pula saya ketinggalan bus, saya tidak tahu kalau harus check in lagi jadi nama saya tidak dipanggil ketika bus yang harus saya naiki datang. Akhirnya saya di oper ke bus berikutnya sekitar jam 11 malam. Dan malam kedua saya lewati di bus menuju Malaysia. Ini dalam rangka penghematan jadi saya tidak perlu menyewa penginapan.

Pengeluaran Day 1
Ezlink 18$
Es krim uncle 1$
Aqua 2.5$
Buah potong 3$
Bus ke Malaysia 20$
Total 44.5$ atau sekitar Rp 440rban

Day 2
Alhamdulillah akhirnya sampai di Kuala Lumpur jam 4 pagi. Masih gelap banget. Saya numpang duduk di Berjaya Times Square (BTS) sampai jam beroperasi monorail sekitar jam 6 pagi. Letak stasiun Monorail tepat di depan BTS ini. Setelah pagi datang, saya naik monorail menuju KL Sentral.
Sampai di KL sentral, saya cari makan dulu. Saya ketemu rumah makan yang murah meriah di depan KL sentral. Nasi goreng + perkedel + es teh tarik cuma 7 ringgit atau sekitar 21rb.
Setelah kenyang, saya cari penyewaan loker karena pundak dan kaki ini sudah gempor jalan kaki sambil bawa tas backpack di Singapura. Sewa loker harganya 20 ringgit. Pakai scan wajah dan sidik jari. Jadi menurut saya aman banget. Saya cuma bawa tas selempang untuk muter-muter KL. Wuiiih rasanya ini pundak merdeka banget. Untuk mengitari KL saya prefer beli tiket LRT satuan karena saya nggak akan banyak ke tempat wisata karena nanti malam harus kembali ke Indonesia. Saya hanya pergi melihat menara petronas dan ke pasar Seni.
Menjelang maghrib, kaki sudah tidak sanggup jalan lagi. Badan remuk redam, tulang kayak mau patah-patah. Pengen banget tiduran di kasur yang empuk. Tapi apa daya? Saya nggak sewa penginapan. Saya akan menuju bandara KLIA 2 jam 8 malam. Jadi saya makan malam dulu di food court mall yang letaknya di atas KL sentral ini. Saya makan lele penyet seharga 10 ringgit dan minuman air mata kucing seharga 6 ringgit. Akhirnya saya menuju KLIA dan berakhir sudah perjalanan perdana saya melihat dunia luar.

Total pengeluaran Day 2
Sarapan di KL sentral 7 ringgit
LRT 4 x 2 ringgit 8 ringgit
Sewa loker 20 ringgit
Lele penyet 10 ringgit
Airmata kucing 6 ringgit
Total 51 ringgit atau sekitar 153rb

Yuup akhirnya berakhir sudah perjalanan 3 hari 2 malam ini. Berikut total keseluruhan yang saya keluarkan (diluar oleh-oleh) :

Tiket PP 440rb
Day 1 440rb
Day 2 153rb
Total kurang lebih 1.033.500

Tips liburan hemat :
1. Rajin cek tiket promo dan beli tiket dari jauh hari.
1. Bawa roti, apel, pisang untuk cemilan saat lapar
2. Tidak perlu beli bagasi
3. Jika ingin menuju malaysia melalui Singapura atau sebaliknya pilih bus malam untuk menghemat biaya penginapan
4. Say No to taksi

Jadi perjalanan saya ini tidak cocok untuk yang membawa anak balita, yang tidak terbiasa tidur di tempat umum, dan tidak biasa jalan kaki jauh. Jadi disesuaikan dengan kemampuan materi dan tenaga masing-masing ya.

nuning hadi
nuning hadi Newbie
pd. 5 Des. 2017, 22.09

iya... aq beli di situs resmi,
coba searching harga tiket di website resmi dan dibandingkan juga di traveloka atau airpaz. terus di ubah-ubah aja tanggalnya atau tujuannya. kalau beruntung dapat tiket murah, cuuus langsung di booking, ga usah pake mikir. hehehe

aldybp
aldybp Newbie
pd. 4 Des. 2017, 16.02

Ka mau nanya, kalau untuk tiket promo gitu biasanya nyari dmana yaa? dan untuk pembelian tiketnya, apakah dari situs resmi maskapainya atau dari perantara gituu? terima kasih