Rincian perjalanan Ke Jepang sendirian 8 hari

erika huang
erika huang, pada 29 Maret 2018, 4.13

Hari pertama :

Nyampe osaka uda Pukul 16.00 dan gue langsung pergi ke terminal 1.dilantai 2 tepatnya.ada terminal JR,Nankai,dan lainnya.gue jelas pilih yang termurah,yaitu naik Nankai line jurusan namba station.Ketika mau beli kartu ICOCA,kalian mesti liat mesin yang ada gambar IC cardnya karena gak semua mesin ada.kalian tinggal perhatiin bener2 informasi yang terpampang di setiap platformnya.tanda panahnya menuju kemana.(gue gak bisa jelasin panjang lebar pake gambar karena ngetik dari hp).Yg kedua,kalian perhatiin jenisnya,karena tujuan sama tapi kereta beda (express dan limited express)naik yg express.harganya beda soalnya.kalau di kota lain,kalian harus pilih yang local.pokoknya,liat z kursinya.klo kayak angkot dijamin aman.klo kursinya ngadap depan semua,tuh mesti ati2 (hampir semuanya mahal punya).setelah nyampe di namba,gue pilih exit yang ke dotonboristreet .sama halnya seperti di singapura,kalian harus perhatiin exitnya.lebih dekat yang mana.supaya gak tambah jauh ntar keluarnya.jalan sedikit (di guide sama googlemaps) langsung keliatan tuh glico man.gak se wow yang gue bayangin sih.tapi rame banget disini dan lebih bagus memang kalau malam hari.banyak jajanan disini.gue nyobain takoyaki di stall yang banyak orang antri.rasanya kayak adonan kurang matang ,tapi cuminya lembut banget,lumayan lah.seporsi yang isi 6bh harganya 450yen.terus gue nyari jajanan lain yaitu gyoza (dumpling ala jepang).harganya cuma 250 yen untuk 6bh.tapi rasanya no comment deh (gue gak biasa z kali ya).luas banget tempatnya,ampe gue cape muternya.Gue beli onigiri dan roti buat bekal sarapan besok.Setelah puas muter,gue naik tram menuju hostel.nah,ternyata hostelnya cukup jauh dan berada di pojokan.Gue sempat kesusahan nyarinya (efek udah cape juga) jadinya gue nanya ke cewek jepang sambil nunjukin hostelnya.Diluar dugaan,cewek jepang dan temannya satu lagi sangat baik.Mereka ngekeh banget antarin gue sampai ke hostelnya,padahal jalan agak jauh dan dia juga pake google maps aja.Gue malu banget dan gak enak hati jadinya,pas gue mau ngasih makanan,mereka langsung nolak.Pokoknya gue terkesima ama baiknya mereka.Uda cakep,baik pulak.wkwkwk.

Pas dijalan,kami sempat ngobrol bentar (pake bahasa inggris seadanya yang penting u know l know z).Mereka taunya kalau indonesia itu cuma Bali tok.

Nyampe hostel,gue langsung mandi,trus video call bentar ma family di rumah dan nyiapin alarm karena besok gue mesti bangun jam 5 biar bisa ngejar bus willer jam 06.30 ke nagoya (uda di book).

Hari kedua :

Gue berhasil bangun jam 5 pagi dan langsung mandi.Gue kirain masih gelap gulita,ternyata jam 5 uda mulai agak terang.Oh iya,waktu Jepang sama waktu Medan selisih 2 jam ya.jadinya kadang agak susah juga ngatur irama tidur dan makan.selesai mandi,gue rencana keritingin rambut pake catokan yang gue bawa dari indo.eh,rupanya colokan disini yang pipih bentuknya dan gue susah banget nyari adaptornya disini.Maka acara rias rambutnya gagal.Dari hostel jam 6 pagi keluar dan jalannya uda rame sekaligus terang benderang.Sesampainya di umeda sky building,gue uda liat banyak cewek yang uda nungguin bus juga.Ada ruang rias,ganti baju dan toilet,nyaman deh.sebelum jam 06.30 bus sudah datang dan pada ngantri masuk.Kita cuma ditanya nama (buat yang udah reservasi) dan dikasih tau no kursi.cewek sama cewek.jadinya aman banget.

Bus dilengkapi colokan listrik.jadi bisa sambil charge hp.Bus berhenti sekali buat yang mau ke toilet,jadi gak usah takut kalau mau pipis dan boleb makan-makan di dalam bus.

Gak berasa 3 jam lebih nyampe di nagoya station dan langsung gue menuju ke JR station buat ke hamamatsu.Sebelum itu,gue nitipin ransel gue ke coin locker.harganya 300 yen buat yang kecil dan ingat struknya harus disimpan karena ada pin buat buka pintu lockernya.Gue harus ganti kereta 2x karena yang paling murah itu,harganya 2500 yen sekali jalan.Setelah nyampe di stasiun Hamamatsu,gue langsung naik bus ke hamamatsu flowerpark.Nyampe di hamamatsu flowerpark udah pukul 11.00.Akhirnya gue mutusin makan dulu.Disini gue nyobain nasi belutnya yg terkenal.Porsi kecilnya harga 500 yen.buat minum,tinggal ambil sendiri sepuasnya di dispenser yang uda disediaiin beserta cangkirnya.Setelah kenyang dan cuci mata liat souvenirnya,gue mutusin naik mobil taman yang bergaya kereta api klasik gitu.Harga perorang hanya 100 yen.Gue merasa bahagia banget pas liat hamparan bunga-bunga dan angin yang semeriwing disana.Trus ada juga anak kecil yang gemesin banget senyum-senyum ma aku terus.Karena gue sendirian dan malu minta tolong fotoin terus,gue nancapin tongsis kemanapun yang bisa ditancap dan hasilnya gue berhasil dapat foto full body (semua foto full body gue ambil sendiri).setelah puas keliling taman,gue lanjut ke nukumori nomori yang katanya kayak "negeri dongeng". Ekspektasi gue yang berlebihan mungkin langsung berbuah menjadi kecewa yang luar biasa,soalnya nyampe disana cuma ada beberapa bangunan dan menurut gue gak worth it kalau harus pergi sejauh itu (walaupun gratis).tanpa membuang waktu banyak,gue langsung balik ke nagoya dan penyesalan gue yang lain adalah gue gak bisa berkunjung ke komehyo nagoya (tempat jual baju second murah dan berkualitas).Alhasil gue cuma jalan-jalan sekitar nagoya station.banyak yang jual jajanan dan pertokoan (gue pusing liatnya).Gue makan malam disana dan itu kesalahan terbesar gue.Awalnya gue ngira udonnya tuh panas,rupanya dikasih es batu pulak.Pusing gue makannya,gak pedas dan dingin banget kayak minum es aja.Akhirnya gue gak makan habis dan masih lapar.Karena kesel,gue mutusin coba paket sushi yang harganya 1300an yen (lupa persisnya) dan lagi-lagi gue gak cocok makan yang gtan.Tapi untungnya gue uda kenyang.

Setelah itu,gue bingung nyari locker koin yang tadi.Gue nanya ke tante jepang dan hasilnya sama.Dia ngekeh banget nyariin sampai dapet kasih gue.Gue jadi malu sendiri dan cuma bisa bilang " domo arigato".Pelajaran buat gue kalau nitip locker coin tuh mesti perhatiin tempatnya.soalnya banyak banget lokasi locker coin di satu stasiun.Hal yang sama terulang ketika gue mau nyari stasiun bus willer.Gue nanya ama cowok keren berjas dan lagi2 dia ngantarin gue bahkan jabat tangan trus nanya gue uda ada rencana belum dll.Cuma sayangnya gue orangnya kurang pede ma cowok jadi gak berani ngajak ngobrol dan minta contactnya (wkwkwk).

Bus willerpun datang Pukul 22.00 dan gue karena jalan seharian,jadinya langsung tidur pulas.Setiap 2 jam sekali bus berhenti cukup lama.

Hari ketiga

Pukul 06.00 gue nyampe di tokyo station dan gue beserta cewek lainnya menuju ke kamar mandi dan mulai menggosok gigi,cuci muka dan bersihin badan seadanya.Gue lupa beli tokyo metro pass di indo duluan.sebenarnya bisa kita beli pas di jepang di bagian informasi tokyo metro line.cuma kantornya buka jam 10.00.jadinya gak mungkin gue nungguin sampe jam 10.00.Gue mutusin beli one day pass ticket di mesinnya langsung harganya 900 yen dan gak ada paket perdua harinya.Sayang sih,klo pake metro subway pass yg dua hari uda bisa hemat 600 yen.setelah itu gue langsung pergi ke tsukiji fish market dan lagi2 gue nitip tas dulu di locker koin.Nyampe ke tsukiji fish market,rasanya kaki gue uda sakit banget pake sepatu.So,gue beli sendal jepit jepang yang harganya lumayan menurut gue (sekitar 150rb).Setelah itu,kata pusat informasinya,area dalam yang lebih rame bukanya buat turis tuh jam 10.00 sementara gue harus nyampe imperial palace tokyo sebelum jam 10.00.jadinya gue keliling di area toko yang buka aja.Dominan sushi disini.Gue yang gak biasa makan sushi akhirnya mutusin makan udon aja.Setelah itu gue beli buah persik 1bh seharga 400yen dan asli wangi banget.Terus gue nyobain telur gulung ala jepang yang rasanya manis-manis gitu.Setelah perut kenyang,gue langsung cabut menuju ke Imperial palace tokyo.Waktu itu ujan rintik-rintik dan anginnya kenceng banget cuy.Gue jadi kehilangan arah dan ragu-ragu melangkah.Pas liat jam tangan baru kaget bukan main,ternyata uda jam 09.55 dan seperti dikejar setan,gue kepanikan lari-lari menuju pintu(lupa namanya) buat masuk turnya.Pas uda nyampe,petugasnya langsung bilang uda ditutup tournya (bayangin sedih banget gue cuma terlambat 5 menit loh/gak nyampe pun).Apa boleh dibuat,karena anginnya cukup "wow" gue pun singgah dulu duduk2 manis di west garden imperial palace tokyo bareng bule-bule.Hampir sekitar 1 jam gue duduk,ujannya gak mau berhenti dan ada petugas yang datang usir kami (rupanya tempat itu gak boleh didudukin).

Gue ngajir ke meiji shrine yang didekat harajuku.Gue mampir dulu ke harajuku keliling bentar baru jalan ke meiji shrine.Pas liat gerbang utamanya (tori besar) gue seneng banget berpikir udah nyampe dan ternyata salah.Gue mesti jalan lagi cukup jauh kedalam baru kemudian ketemu ama kuilnya.Disana gue nyobain omikuji (ramalan ala jepang) karena pas ada yang pake bahasa inggris.Disini kalian bisa doa,buat permohonan lewat papan kayu gitu,sampai ramal nasib pake garis tangan.cuma gue pastinya gak ngerti bahasanya.Gue istirahat bentar sambil memahami hasil ramalan gue (kakinya yang uda gempor).

Gue langsung pergi ke shimokitazawa buat hunting produk yang katanya disana miring harganya.sampai disana,payung gue rusak (susah ditutup).Gue berhenti dan makan siang disana.Enak banget makanannya kayak chines food gitu.diatasnya ada telur puyuh,udang dll terus disiram kuah lengket gitu.Ujan-ujan emang pas makan yang anget.selama disana,gue minum air botol belinya di vending mechine mulu (sehari z 5botol x110 yen) baru pada hari kelima gue nyadar kalau di beli yg gede di minimarket lebih murah.Pencarian barang branded juga gagal karena yang gue liat bajunya kurang cocok ma gue.Malah gue jadi kepincut ma buah-buahannya.Gue beli anggur yang ukurannya gede banget.Harganya perkotak 700 yen dan gue makan semuanya sendirian.Pusing keliling shimokitazawa,gue pun balik ke jalan ke shibuya.Setelah cuci mata di shibuya,gue ke asakusa tempat nginap gue.pas ngelewatin don quijitte gue kepikiran beli koper.Gue nyari yang paling murah seharga 3990 yen (belum sama pajak).setelah itu,gue beli daleman celana short seharga 1000an yen dan jajanan lainnya serta oleh-oleh.Nyampe hotel udah malem dan mandi terus tidur.

Hari keempat

Efek kecapean,gue bangun agak kesiangan.Karena itu,cucian baju gue lupa keambil dan gue gak nyadar sama sekali.Gue berangkat ke yokohama china town.Awalnya gue pake rok mini,tapi berhubung roknya naik terus,gue sebel dan beli rok panjang disana (harganya 1000an yen).Gue nyari makanan paling terkenal disana yaitu kedai yang ada gambar semacam siau long pao gitu.Gue makan bakpau (600yen),semacam siau long pao (500 yen) dan eskrim (500 yen).Puas keliling dan beli beberapa oleh-oleh,gue lanjut ke pantai kamakura.Konon katanya bisa liat gunung fuji dari sana,nyatanya gue gak nampak sama sekali (atau malah gak tau yang mana gunung fuji).Anginnya sepoi sepoi.banyak yang main selancar disini dan gelar tikar duduk ngumpul bareng keluarga.Disini jarang ada tempat duduk,jadinya mau gak mau gue cuma bisa pake plastik asoy buat lapisin duduk ditanah.Uda berasa agak itam,gue jalan kaki ke great Buddha of kamakura.Uda hampir ditutup karena uda pukul 16.45 (tutup pukul 17.00).Disana cuma ada patung Buddha besar dan kuil ala jepang.Gue keluar beli oleh-oleh kaos seharga 1000 yen.Setelah itu ketemu ama tante tante dari singapura yang "wow" banget.Dia bisa ngomong 9 bahasa dan dia bilang ke gue harus belajar bahasa lain sebanyak mungkin (tapi otak gue gak encer).Banyak orang yang menginspirasi gue .Dia juga ngajakin gue belanja di tempat grosir buah.Cuman karena waktu gue udah gak ada,akhirnya gue nolak dan langsung balik ke tokyo station buat ngejar bus willer ke kyoto.

Hari kelima

Gue nyampe di kyoto pagi hari sekitar jam 6 dan lagi-lagi gue gak bisa ke hostel dulu karena disini semua hostel nerimanya pukul 15.00 keatas.Jadinya gue muter gak jelas di station tersebut sambil nyari sarapan.Hari ini gue belum ada planning dan udah males buat jalan karena barang bawaan uda banyak.Jadinya gue makan nyantai dan nitip koper di koin locker (selalu)...

Kaki udah siap jalan,maka guepun ke fushimi inari taisha.Perut mendadak jadi lapar lagi liat makanannya.Enak banget.Gue kalap disini.Gue makan daging b2,scallop,eskrim strawberry,mie,okonomiyaki.Terus gue beli papan buat ngucapin doa (500 yen).Disini juga ada jual yukata loh!!.Harganya juga gak gitu mahal (sekitar 3000an yen).setelah itu,gue ke hostel.Karena badan uda bau dan belum jam 3,gue diharuskan bayar sekitar 650 yen buat mandi 1 jam.Setelah nitip barang bawaan,gue ke kyoto tower sampai malam kemudiam balik hostel.

Hari keenam

Gue bangun agak siang dan beres-beresin baranf yang semakin menumpuk.Gue nitip lagi do coin locker dan langsung sewa yukata di dekat stasiun kyoto.Awalnya dia bilang cuma 3000yen.setelah diitung dan ditambah ini itu,jadinya 8000an yen (hampir sejuta)OMG!!!.Tapi ya udah terlanjur walaupum mata bengkak dan jerawat bertebaran sana sini,gue tetap narsis.Gue ke kiyomizudera dan nyesel banget kenapa gue gak milihnya semalam aja.Jalannya nanjak terus agak jauh dari statiun bus.Oh iya,gue beli bus pass 1000 yen buat dua hari.Setelah itu,gue menuju ke kuil gion d8strik dan pergi ke kuil setempat (gue gak tau namanya).Terus ke Arashiyama bamboo groove.Gue berhenti di sungai yang dekat ke arah arashiyama bamboo groove.Dari sana,jalan kaki ke arashiyama bamboo groove.Setelah itu,gue cepet-cepet balik ke stasiun buat kembaliin kimononya.Acara teledor keualang lagi,gue lupa ntah naruh dimana struk locker koinnya,akhirnya gue nelpon ke pusat informasi koin locker yang terpampang di lockernya.Dengan bahasa jepang seadanya,gue bilang klo struknya ilang.Alhasil gue kena denda 1000 yen.Setelah ambil barang,gue beli kaos seharga 1000yen (baju uda habis kareba gue cuma bawa 3 pasang).Gue lanjutin ke osaka dan turun di namba lagi buat makan malam dan kemudian ke hotel.Hari ini gue nginap di kapsul hotel.Tempatnya bersih dan nyaman banget (gue recomended) namanya eco shinsaibasuji hotel.

Hari ketujuh

Gue jalan ke hotel yang bisa ditempuh jalan kaki.Mampir ke kuromon ichiba market tempatnya jual ikan seger dan seafood lainnya.disini ada tempat buat duduk2 nyantai.Terus gue ke nara dear park dan ketemu ama pasangan suami istri yang baik banget.Disini rusanya agresif banget,begitu nampak makanan langsung dikejar.Gue aja asik dikejar sampe gue trauma.Dari sana jalan kaki ke todaiji temple.terus pulangnya ke pasar lokal di nara.dari nara station ke khisiwada station buat liat danjiri matsuri (festival tahunan).Jalannya di blokir dan langsung berubah jadi kayak pasar malam.banyak mainan tradisional kayak pancing ikan,lotere,tembak boneka dll.gak berasa gue ngikutin sampai jam 9an.stelah itu,gue rencana balik hotel.Tapi pas lewatin don quijite,gue belanja gak jelas lagi.makin malam malah makin rame tokonya,sampai desak-desakan.Gak berasa uda jam 1an dini hari.Pas lewatin jalan menuju hotel (gak tau nama jalannya) semua pub2 berjejer dan ada semacam tempat yang nyediain PS* gt dan bahkan cow juga ada lo.

Tapi untungnya disana walaupun lewatin temoat gituan sendirian,gak bakalan ada yang godain atau macam2.

Hari kedelapan

Gue jalan ke osaka castle dan kemudian balik ke dotonbori nyari celana panjang seharga 1000an yen.lalu setelah itu,gue ke bandara buat nitipin barang bawaan dan ke daerah namba lagi buat beli oleh oleh di daiso dan tempat lainnya.Nyampe bandara baru jam 7 malam.Apalgi muncul pengumuman pesawat di delay sampai jam 1 dini hari terbangnya #senyuminaja.Jadinya gue jalan-jalan di sekitar bandara aja.Banyak yanf gelar tikar sampai tidur di lantai.

Akhirnya Pukul 1.15 pesawat meluncur ke kuala lumpur dan sampai kuala lumpur Pukul 6 (kalau gak salah ingat).Setelah itu,gue langsung mandi di shower roomnya dan bersiap pulang ke medan pukul 15.30.Karena gak kuat jalan lagi,gue mutusin nunggu di movie lounge nya aja.nonton film sampai ketiduran,terus bangun lagi terus nonton lagi.Akhirnya Pukul 15.30 pesawat terbang dan mendarat sekitar pukul 15.30 di medan.

GOODBYE JAPAN!!!

Banyak banget yang gak bisa aku uraiin disini (berhubung ngetik pake hp jadi agak susah).Tapi buat cewek,jangan pernah takut buat travelling sendirian ke Jepang (yang penting selalu waspada aja dan hindari tempat-tempat red light distric).

Kalau mau lebih hemat,gue nyaranin liburan cuma ke kyoto dan osaka.kalau kedua kota itu aja,kalian cuma butuh 3000an yen perhari.

Untuk foto lebih lengkapnya bisa liat di youtube channel gue https://youtu.be/HMkDczq0fw4

Happy travelling

@Ayorizqi
@Ayorizqi Newbie
pd. 5 Feb. 2019, 22.48

Selama 8 hari dari Medan sampai ke Medan lagi abis berapa duit mba?

Mega_maulina
Mega_maulina Newbie
pd. 30 Sep. 2018, 22.56

Dana nya berapa ya kak ubtuk liburan kesana ?