Trending

Andi Erlangga, pada 3 Agu 2018, 18.48
di Blog

Halo…
Salam hangat semoga senantiasa diberikan kesehatan. Perkenalkan nama saya erlangga saya besar di kota kelahiran saya sendiri yaitu MAKASSAR. Saya menyukai dunia traveling sejak saya duduk di bangku kelas XI SMA . Bagi saya traveling itu suatu kebutuhan wajib. Traveling selalu mengajarkan saya untuk sabar dalam menghadapi segala rintangan hidup.

Okey tanpa berlama lama lagi saya akan menceritakan sedikit pengalaman kemarin saat nanjak gunung latimojong .

Gunung Latimojong, bagi saya adalah salah satu gunung impian yang wajib saya kunjungi . Sebenarnya saya mendaki gunung latimojong itu tahun 2017 lalu, tepatnya bulan agustus . Tapi tidak ada salahnyakan kalau saya berbagi pengalaman sedikit kepada kawan pembaca sekalian.

Okey Lets Go….

Hari itu masih dalam suasana ramadhan , saya duduk didepan rumah sambil minum kopi, tiba tiba datang salah satu teman saya (teman dekat rumah juga sih) umurnya kira kira brp yah ?? agak lebih muda sdikit dari saya hehehe ….

Awalnya kami brdua hanya duduk kosong saja sambil ketawa bersama , tiba tiba teman saya terfikir untuk ke Gunung Latimojong . Tidak lama kemudia saya mengiyakan saja karna menurut saya mungkin ini moment bagus , mengingat saya juga sangat ingin sekali mendaki disana.

Singkat cerita akhirnya kita berdua sepakat untuk melakukan pendakian habis lebaran. Awalnya saya hanya brdua , tapi setelah teman sekomunitas dengar akhirnya dia juga ingin join bersama kita, yang awalnya hanya berdua eh jadinya ber-6 hahaha.

HARI 1

Hari lebaran telah tiba setelah balik dari mesjid saya langsung packing alat dan perlengkapan untuk di bawa ke gunung latimojong . Bukannya silaturahmi sama keluarga eh malah pergi mendaki hahahaha , tapi tak apalah mengingat ini juga momen bagus buat saya kesana.

Kira kira jam menunjukkan pukul 15.00 WITA kami 4 orang yg berangkat dari makassar ke kab. Enrekang sudah berkumpul semua. List perlengkapan semua beres kita ngopi sejenak men sebelum berangkat hahaha.

Tepat pukul 17.00 tim kami go to kab. Enrekang …….

Selama perjalanan aman aman saja, hanya ngantuk yang menjadi musuh utama kita hahaha . Cukup lama sekitar 8 jam kami tempuh untuk sampai ke kec. Baraka kab. Enrekang dimana tempat kami beristrahat, kebetulan juga itu rumah salah satu anggota komunitas saya, jadi jam berapapun kita sampai pasti pintu akan terbuka hehehe . Tidak menunggu lama kami langsung istrahat untuk persiapan tracking besok.

HARI 2

Pagi itu saya terbangun karena mendengar suara motor warga baraka yang cukup besar hahaha. Saya langsung membangunkan teman saya juga, kita semua langsung persiapan , ke pasar untuk beli logistik , packing ulang semua perlengkapan .

Tepat pukul 09.00 wita kami semua bergegas berangkat ke desa karangan, desa terakhir yang tepat berada di kaki gunung latimojong . Sungguh luar biasa, masih di perjalanan menuju karangan kami dihadapkan sama track jalanan yang penuh lumpur, mau tidak mau suka tidak suka harus kami lalui. Motor kami jatuh sana sini tapi kami tidak masalah, itu bagian dari keseruan juga. Daaaaaaaaaaan akhirnya setelah kami melewati jalan berlumpur itu , tibalah kami di desa karangan, sungguh tracknya parah saya tidak bisa gambarkan intinya SIKSA hahaha. Sebenarnya kebanyakan pendaki itu menyewa JEEP untuk transportasi menuju desa karangan, tapi kebetulan kami nekat untuk tetap naik motor.

Tiba di desa karangan kami istrahat sejenak sambil mengurus perizinan pendakian . Perizinan di gunung latimojong tidak begitu ribet kayak gunung lainnya , cukup dengan membayar 10.000/org , parkir 5000/motor , mengisi buku list pendaki , kami sudah bisa masuk di kawasan pegunungan latimojong ini .

Istrahat cukup dan skrang tiba waktunya TRACKING TO LATIMOJONG MOUNTAIN . start dari desa karangan menuju pos 1 jalur bisa dibilang tidak terlalu sulit , hanya saja jalurnya itu mutar kanan mutar kiri dan panjang banget , jadi semacam nyiksa nyiksa juga hahaha.

Skitar 1 jam 30 menit kami tempuh untuk sampai di pos 1 . Semua baju sudah basah hahaha kaki mulai gemetar tapi semangat tidak pernah gentar . Istrahat sejenak lalu kami lanjutkan tracking menuju pos 2 . Jalur menuju pos 2 mulai menyiksa tapi tidak begitu parah juga sih, hanya saja karena jalur agak sempit makanya ruang untuk bergerak sepanjang perjalanan agak terganggu di tambah lagi habis tanjakan kami dihadapkan oleh jalur yg menurun dan terjalnya cukup menantang iman hahaha . Tidak lama, hanya butuh waktu sekitar 30 sampai 40 menit kami sudah tiba di pos 2 . Tepatnya pukul 17.00 wita.

Ohiya pos 2 itu salah satu sumber air gunung latimojong , di sini (pos 2) terdapat sungai yang aliran airnya lumayan deras , tpi tetap bisa digunakan untuk memasak logistik . Tim kami singgah sejenak untuk membuat makan malam , maklum kami tidak makan siang tadi jadi makannya di ubah ke malam hahaha .

Karena melihat kondisi langit yang agak mendung kami berbagi tugas ada yang masak , ada yang stand by untuk ambil air dan saya bertugas memasang flysheet agar ada tempat berlindung jika hujan tiba tiba turun . Kira kira Pukul 18.00 wita makanan sudah jadi kami semua makan, sumpah perut ini sudah dari siang konser lagu maju mundur syantik hahaha .

Makan malam selesai , tadinya kita berencana untuk melanjutkan perjalanan , tapi tiba tiba saja kami kedatangan rombongan dari jakarta . Sejenak kami bincang bincang dengan salah satu anggota tim nya , dan ternyata rombongan ini naik tanpa guide , kami semua lngsung diskusi hasilnya kami menetap camp di pos 2 untuk menemani rombongan dari jakarta itu . Beres beres perlengkapan selesai kami semua lngsung istrahat mengingat perjalanan besok masih sangat panjang .

HARI 3

Semua anggota tim baik dari pihak kami maupun dari rombongan jakarta bangun semua untuk masak persiapan tracking menuju pos 7 . Sekitar 2 jam kami semua selesai sarapan pagi , packing perlengkapan go pos 7 latimojong . Start dari pos 2 baru jalan sedikit langsung di hadapkan dengan tanjakan yang super super gila , bagaimna tidak setiap kami melangkah , lutut pasti ketemu dengan dagu di tambah lagi minimnya pijakan kaki di jalur. Jalur menuju pos 3 sendiri tidak panjang panjang amat tapi memang harus diakui tracknya sama sekali TIDAK ADA BONUS !!!. Sekitar 30 menit kemudian kami tiba di pos 3. Ahhhh akhirnya lewat juga jalur gila itu hahaha . Kami istrahat sejenak sembari mengatur nafas agar kembali normal .

Lanjut kami mulai bergerak lagi menuju pos 4 , jalur pos 3 menuju 4 lumayan panjang , tracknya juga bisa dibilang menguras tenaga , naik naik naik dan naik , sesekali kami dapat bonus tapi hanya beberapa meter sudah tanjakan lagi . Sekitar 2 jam kami berjalan akhirnya tiba di pos 4 . Cicil terus sampai lunas hahaha . Istrahat minum air biar segar hehhehe .

Lanjut menuju pos 5…

Dari pos 4 ke pos 5 juga sama , lumayan panjang + tanjakan terus menerus. BONUS ?? sudahlah tidak usah dikatakan hahaha . Sekitar 2 jam lebih kami menjajaki jalur akhirnya kami tiba di pos 5 . Sungguh lelahnya kaki ini menahan beban Qarriel yang beratnya cukup luar biasa juga . Kami semua istrahat sejenak untuk makan siang. Langit mulai mendung lagi , kami berbincang dengan rombongan dari jakarta , mereka memutuskan untuk camp di pos 5 karena melihat kondisi cuaca yang sepertinya akan hujan . Tapi tim kami tetap pada rencana awal untuk camp di pos 7 . Setelah makan siang kami langsung malnjutkan perjalanan menuju pos 7 . Terhitung mulai pos 5 naik ke 6 tidak ada bedanya dengan pos pos sebelumnya.

Pos 6 ke pos 7, vegetasinya sendiri relatif tertutup , hutan lumut di tambah awan yang mendung membuat badan ini terasa dingin jika terlalu lama istrahat .

Tepat pukul 17.00 kami tiba di pos 7 . Sebuah tempat terbuka yang menjadi favorite para pendaki untuk memasang camp , di samping sumber mata air yang sangat terjangkau , juga untuk menuju puncak itu tidak panjang lagi . Kami bergegas mendirikan tenda , ambil air untuk masak dan makan malam bersama , habis makan kami ngopi sejenak sambil tertawa sama sama . Tak terasa pukul 21.45 wita udara sangat dingin , kami semua memutuskan untuk tidur persiapan summits attack besok subuh .

HARI 4

Pukul 06.00 kami sarapan sedikit dan langsung summits menuju puncak . Sepanjang jalur menuju puncak kita tidak berada lagi di dalam hutan , dan tracknya pun relatif muda , bagi yang hobi jalanan datar maka merdekalah engkau hahaha . Sesekali kami menemui tanjakan tapi tidak terasa lagi karena di barengi dengat semangat akan puncak RANTE MARIO . Puncak PHP ? begitulah yang terlintas di kepalaku waktu itu , bagaimana tidak , di depan saya jelas jelas sudah puncak, eeh malah tertipu , masih ada puncakan lagi setelahnya . Sekitar 2 atau 3 puncakan itu barulah kami tiba di puncak RANTE MARIO yuhuuuuuu sebuah perjuangan yang sangat sangat luar biasa , berjam jam kami melewat tanjakan menuju puncak ini .

Berfoto sana sini , sesekali sambil menikmati kopi yang kami siapkan dari pos 7 . Sekitar 2 jam kami di puncak , kami langsung bergegas turun dari puncak . Tiba di pos 7 kami semua makan dan packing terus lanjut GO desa karangan . Singkat cerita sekitar pukul 17.00 lebih sedikit kami tiba di karangan , kaki ini sudah minta ampun , bahkan untuk berjalan normal pun susah rasanya , paha nyeri , betis apa lagi . Tapi tak apalah semua demi RANTE MARIO hahaha .

Habis magrib kami langsung bergeser ke baraka , guna beristrahat full , sama halnya waktu berangkat menuju karangan , lagi lagi jalanan menjadi tantangan tersendiri untuk kami . Skitar 4 jam kami lalui untuk tiba di baraka . Kami langsung istrahat untuk perjalanan balik ke makassar .

Mungkin itu saja sedikit pengalaman super mantap , super siksa , super duber hahhaah . RANTE MARIO LUAR BIASA !!!!

Ohiya 1 lagi . Sumber air di pegunung latimojong hanya ada di POS 2 , POS 5 & POS 7 + Telaga menuju puncak juga ada .

Thanks sudah membaca . Semoga jadi gambaran bagi yang ingin berkunjung ke Gunung Latimojong …

Jika ada yang ingin di pertanyakan bisa tinggalkan komentar atau direct message instagram ke akun @rlngga_inst (WA 085242568662)

Salam hangat …. salam lestari…

Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar