Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

SEGER BANGEET: Mampir Liat Eloknya Kawasan Dharmasraya Yuk!

Wisato.Id
Wisato.Id, pada 3 Juli 2019, 20.46
di Blog

Sumber gambar: jalanncerita

Pernah berkunjung ke Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat? Nah, jika kamu berkunjung ke sana, tak ada salahnya kamu explore keindahan dari kabupaten yang satu ini. Memang mereka tak memiliki pantai, karena kabupaten yang satu ini dikelilingi oleh daratan. Namun masih banyak destinasi wisata alam lainnya yang bisa dinikmati di kabupaten ini, seperti deretan destinasi wisata yang berikut ini.

1. BUKIT TAMBUN
Di Kabupaten Dharmasraya juga ada bukit cantik, yang bernama Bukit Tambun. Secara administratif, Bukit Dengan Panorama Menakjubkan ini terletak di Kecamatan Pulau Panjang, tak jauh dari pusat kota, hanya berjarak sekitar 3 km dari Jalan Lintas Sumatera. Selain bisa menikmati pemandangan hijau, di sana kamu juga bisa mencoba olahraga ekstrem seperti paralayang.

2. CANDI PADANG RICO
Berdasarkan informasi, Canding Padang Roco merupakan bangunan peninggalan kerajaan melayu, yang dulunya berfungsi sebagai tempat ibadah para raja. Kini bangunan ini pun menjadi saksi bisu atas kejayaan kerajaan melayu di masa lampau. Secara administratif, candi ini berlokasi di Sungai Langsek, Siguntur, Kecamatan Sitiung.

3. DANAU HIJAU
Nah, ini dia yang menjadi ikon dari wisata di Kabupaten Dharmasraya, yakni Danau Hijau. Danau ini sering kali menjadi jujugan para wisatawan, karena memang lokasinya yang sangat strategis, yakni berada tepat di depan Kantor Tambang Batu Bara Pengean, Sitiung 4, Sungai Rumbai. Selain itu, danau ini juga memiliki keunikan tersendiri, yakni airnya yang berwarna kehijauan. Sebenarnya Danau Hijau bukanlah sebuah danau alam, melainkan bekas area galian tambang batu bara. Lubang galian yang ditinggalkan begitu saja itu lambat laun terisi oleh air, dan menciptakan danau unik dengan warna air yang kehijauan.

4. EMBUNG KOTORANAH
Selanjutnya ada Embung Kotoranah. Sesuai dengan namanya, destinasi wisata ini berada di Desa Koto Ranah, Kecamatan Koto Besar, Kabupaten Dharmasraya. Pada mulanya, Embung Kotoranah adalah sebuah rawa yang terbengkalai di tepi Jalan Bumnag Koto Ranah Sakti. Pembangunannya pun didasari atas minimnya tempat rekreasi keluarga di Kabupaten Dharmasraya. Kini, Embung Kotoranah menjadi destinasi wisata andalan di kabupaten yang satu ini, banyak fasilitas yang bisa kamu nikmati di sana, salah satunya adalah naik balon udara.

5. PUNCAK GUNUNG MEDAN
Puas menikmati keindahan Ngalau Cigak, kamu juga bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Puncak Gunung Medan. Meskipun namanya ada embel-embel ‘Medan’, namun lokasi wisata ini masih berada di Kabupaten Dharmasraya. Tak ubahnya seperti Ngalau Cigak, destinasi wisata yang satu ini juga menawarkan pemandangan hijau yang menghampar luas. Untuk menuju ke sana, kamu harus menempuh perjalanan sejauh 15 km dari ibu kota Dharmasraya, Pulau Punjung.

Sumber: https://wisato.id/wisata-alam/10-wisata…


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com