Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

[DEAR SPICY FOOD LOVERS] Cobain 3 Gudeg TERPEDAS dari Yogyakarta!

Wisato.Id
Wisato.Id, pada 7 Agu 2019, 17.28
di Blog

Sumber: Instagram @jogjafood

Bila anda mendengar kata Yogyakarta, dan membicarakan tentang kulinernya, pasti kalian akan menjawab, gudeg!!! Gudeg merupakan ikon kuliner dari Kota Yogyakarta yang masih menjadi daya tarik kuliner bagi wisatawan lokal dan mancanegara.

1. GUDEG MERCON IBU TINAH
Gudeg adalah makanan tradisional asal Jogja dengan bahan dasar nangka muda yang dicampur dengan beraneka macam bumbu. Gudeg mercon Yogyakarta yang sangat terkenal dengan kepedasanya adalah gudeg mercon ibu Tinah. Gudeg mercon ini terletak di Jl. Asem Gede, Kranggan, Yogyakarta. Gudeg Mercon ini pertama kali dijual oleh Ibu Ngatinah pada tahun 1992.
Selain rasa gudegnya yang menarik, gudeg mercon milik ibu Ngatinah ini jam jualannya juga unik. Banyak warung gudeg yang buka pada pagi hari hingga malam hari, namun gudeg bu Tinah ini baru membuka gudegnya mulai pukul 20.00 hingga 03.00 dini hari. Lauk yang disajikan di lapak sederhana bu Tinah beragam, mulai dari gorengan, ayam kampong, ceker goreng tepung, sate ayam. Terdapat pula kepala, sayap, paha, dan suwiran daging ayam, Warung Gudeg Mercon ini mempunyai konsep lesehan. Ada yang berbeda disini, bila anda pesan makanan, pesanan yang kita pesan tidaklah di antar seperti warung-warung pada umumnya, melainkan kita harus mengantri terlebih dahulu dan membawanya sendiri ke tempat dimana anda duduk. Harga gudeg mercon bu Tinah ini sekitar Rp 15.000,- sampai Rp 25.000,-. Anda harus datang lebih awal karena dijamin antriannya bakal panjang.

2. GUDEG YU DJUM
Gudeg Yu Djum merupakan gudeg dengan cita rasa yang lezat dan paling sering dijadikan oleh-oleh para wisatawan. Gudeg Yu Djum sudah dijual sejak tahun 1950. Adapun gudeg yang dijual termasuk gudeg kering. Salah satu Tempat Kuliner Malioboro Yang Harus Dicoba ini, menawarkan berbagai paket nasi gudeg dan krecek yang bisa anda pilih. Bisa pakai tahu, tempe, potongan daging ayam, dan juga telur. Gudeg Yu Djum ini mempunyai cita rasa manis gurih, pedas yang nikmat untuk dicicipi. Sambal kereceknya cukup pedas, walaupun gudeg ini tidak seperdas gudeg mercon. Saat ini Gudeg Yu Djum telah mempunyai berbagai cabang. Salah satunya ada di Jalan. Laksda Adisucipto Km. 8,7 (Samping Hotel Sheraton), Yogyakarta.

3. GUDEG BROMO BU TEKLUK
Gudeg Bromo Bu Tekluk ini termasuk dalam tipe gudeg basah yang disiram areh gurih yang ditemani oleh sambal krecek yang pedas dan berbagai macam lauk tambahan seperti telur bacem, ayam suwir, tahu, tempe, kepala ayam hingga ceker. Yang unik dari tempat ini selain rasanya kreceknya yang pedas, krecek yang digunakan bukanlah krecek sapi tapi krecek kerbau. Krecek kerbau dipakai karena tidak mudah hancur dan tetap kenyal ketika disantap. Gudeg Bromo ini buka mulai dari pukul 23.00 WIB hingga 05.00 WIB.

Jadi, yang mana nih yang jadi favorit mu?

Sumber: https://wisato.id/wisata-kuliner/7-te...


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

karang
karang
karang Newbie
pd. 4 Sep. 2019, 19.35

Ada juga gudeg pesas, Waktu ke jogja, coba gudeg rasanya agak manis-manis gitu.. enak sekali..

Suka 1

© backpackerindonesia.com