Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

10 Kuliner Khas Thailand Yang Wajib Dicoba

pejalankaki
pejalankaki, pada 21 Agu 2019, 12.13
di Blog

Thailand tak hanya menawarkan pemandangan alam yang indah. Negeri ini juga memiliki begitu banyak kuliner khas yang wajib kamu coba saat berkunjung ke sana. Simak baik-baik 10 daftar kuliner khas Thailand berikut ini dan jangan sampai kamu melewatkannya saat kelak berwisata ke sana :

1. Kalamae

Kalamae adalah sejenis kudapan dengan rasa yang manis dan tekstur yang lengket. Makanan ini terbuat dari ketan yang dihaluskan atau tepung ketan, gula palem atau gula pasir, dan santan. Ketiga bahan tersebut dimasak sambil diaduk-aduk hingga diperoleh tekstur yang kenyal dan lengket. Adonan yang sudah matang kemudian dipotong kecil-kecil dan ditaburi dengan wijen kemudian dikemas dalam plastik.

Biasanya ada dua varian Kalamae yakni Kalamae berwarna coklat yang menggunakan gula palem dan Kalamae berwarna hijau yang menggunakan gula putih serta diberi perwarna hijau dari daun pandan. Makanan ini bisa didapatkan dengan mudah terutama di Samui karena ada banyak pohon kelapa di daerah ini. Para ibu rumahtangga mahir membuat makanan yang satu ini sebagai kudapan bagi seluruh anggota keluarga.

2. Tom Yam
Sup khas Thailand yang satu ini begitu populer dan bahkan telah mendunia. Tom Yam memiliki rasa yang kuat karena dibumbui dengan berbagai rempah-rempah seperti serai, laos, jeruk nipis, saus ikan, daun jeruk dan juga cabai. Kuah yang kental dan berbumbu ini semakin lengkap dengan potongan cumi, udang dan jamur. Tom Yam asli Thailand biasanya memiliki rasa yang pedas. Karena itu, jika kamu tidak suka pedas sebaiknya tanyakan tingkat kepedasannya saat hendak memesan.

3. Phad Thai
Makanan ini pertama kali dikenal di Thailand pada masa kerajaan Ayutthaya. Phad Thai diyakini berasal dari Cina atau dari Vietnam. Phad Thai terdiri dari mie yang terbuat dari beras, telur, tahu, asam jawa, saus ikan, bawang putih, cabai, gula palem, dan kacang kedelai. Sebagai tambahan bisa juga dimasukkan potongan ayam, udang ataupun kepiting. Di Thailand, makanan ini bisa ditemukan di restoran hingga warung kaki lima.

4. Khao Phad
Khao Phad adalah nama yang diberikan orang Thailand untuk nasi goreng. Nasi goreng khas Thailand ini menggunakan bahan-bahan yang terdiri dari nasi, telur, bawang putih, saus tiram, saus kecap, garam dan gula. Semua bahan-bahan ini dimasak dengan memakai wajan dan disajikan bersama potongan timun, selada, potongan jeruk dan potongan tomat. Beberapa variasi nasi goreng Thailand ditambahkan dengan potongan ayam, potongan daging babi, kepiting ataupun udang. Nasi goreng Thailand biasanya tidak berasa pedas sehingga disukai para wisatawan yang tidak terbiasa dengan menu-menu makanan Thailand yang pedas.

5. Som Tam
Som Tam adalah salad khas Thailand yang terbuat dari serutan pepaya muda yang diberi bumbu. Bumbu untuk salad ini antara lain cabai, gula palem, saus ikan dan perasan jeruk nipis. Selain serutan pepaya muda sebagai bahan utama, bahan pelengkap lainnya yang ditambahkan terdiri dari udang kering, tomat, kacang panjang, terung bulat dan kacang sangrai yang ditumbuk kasar. Som Tam yang segar sangat cocok dinikmati bersama-sama dengan teman dan keluarga.

6. Tom Kha Kai
Tom Kha Kai atau sup ayam laos ini memiliki rasa yang pedas dan asam. Sup ini terbuat dari santan kelapa, laos, jeruk purut, serai, ketumbar, jamur merang, perasan jeruk nipis, cabai dan potongan ayam. Santan kelapa dengan kombinasi aneka bumbu tersebut menjadikan makanan ini salah satu menu favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Thailand.

7. Mango Sticky Rice
Mango Sticky Rice tergolong sebagai kombinasi makanan yang unik bagi orang Indonesia yang belum pernah merasakannya. Mango Sticky Rice terdiri dari ketan, santan dan potongan mangga kuning yang manis. Ketan direndam dalam air terlebih dahulu, baru kemudian dikukus sampai matang. Sedangkan santan kelapa dipanaskan tetapi tidak sampai mendidih dan ditambahkan dengan gula dan garam. Dalam penyajiannya, sekepal ketan diletakkan di atas piring dan kemudian di atasnya ditambahkan potongan mangga kuning. Selanjutnya santan kelapa disiramkan di permukaannya.

8. Massaman Curry
Massaman Curry atau kari Massaman sudah dikenal di Thailand sejak abad 17. Makanan ini biasanya disajikan dengan potongan ayam atau daging sapi. Selain daging, makanan yang lezat ini terdiri dari potongan kentang, wortel, kapulaga, kayu manis, kembang lawang atau pekak, jintan putih, daun salam dan pala. Massaman Curry biasanya dinikmati bersama dengan nasi. Rasanya yang kaya rempah terasa begitu lezat dilidah dan pasti membuat kamu terkesan.

9. Gaeng Daeng
Gaeng Daeng atau kari ayam merah memiliki aroma wangi rempah yang menggugah selera. Makanan ini memadukan rasa gurih dari santan kelapa, manisnya gula palem dan rasa asin dari saus ikan. Kari merah ini tak hanya berisi potongan ayam saja tetapi di dalamnya ada pula potongan nanas dan potongan bambu muda. Menu yang satu ini biasanya disajikan hangat-hangat bersama dengan nasi.

10. Kai Phad Med Ma Muang
Hidangan yang satu ini memang cukup sulit untuk disebut karena namanya yang terbilang cukup panjang. Kai Phad Med Ma Muang dibuat dengan bumbu cabai kering, paprika merah atau hijau, bawang putih, daun bawang dan beberapa rempah-rempah khas Thailand. Bumbu-bumbu ini dicampurkan dengan potongan ayam dan kacang mete. Hidangan ini cocok dinikmati dengan nasi hangat.

Nah, itulah 10 kuliner khas Thailand yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Thailand. Dengan daftar kuliner ini, kamu tak perlu lagi bingung memilih makanan yang hendak disantap saat berwisata ke negeri gajah putih.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com