Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Visa Kunjungan ke Australia

angga_travel
angga_travel, pada 11 Sep. 2019, 9.26
di Blog

Ada empat (4) hal yang harus Anda ketahui sebelum mengurus visa kunjungan ke Australia agar pengajuan visa Anda diterima, yaitu:

1. Kenali tujuan Anda berkunjung ke Australia
2. Lengkapi dokumen persyaratannya
3. Ketahui biaya pengurusannya
4. Masukkan aplikasi permohonan visa Anda

Baik, mari kita bahas satu per satu poin di atas.

1. Kenali Tujuan Anda

Berdasarkan informasi yang ayopigi.com dapatkan dari website resmi Kementerian Dalam Negeri Australia, visa kunjungan ke Australia masuk dalam kategori subclass 600. Subclass ini sendiri terdiri dari enam (6) jenis dan tiga (3) diantaranya bisa diurus oleh warga negara Indonesia yang ingin berkunjung ke Australia. Tiga diantaranya tersebut adalah visa turis, visa bisnis, dan visa keluarga.

Visa turis dikhususkan buat warga negara lain yang ingin berwisata ke Australia; visa bisnis dikhususkan buat warga negara lain yang ingin berkunjung ke Australia dalam rangkaian bisnis tapi tidak dalam rangka bekerja atau memperoleh penghasilan dari kunjungannya (hanya terbatas kepada rapat, seminar, dan sejenisnya); sedangkan visa keluarga dkhususkan buat warga negara lain yang ingin mengunjungi keluarganya yang berkewarganegaraan Australia atau telah mendapatkan izin tinggal permanen.

Dari penjelasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa tujuan berkunjung ke Australia bagi WNI ada tiga (3), yaitu ingin berwisata, ingin menghadiri rapat atau seminar, atau ingin mengunjungi keluarganya di Australia.

Jadi, apa tujuan Anda ke Australia?

2. Dokumen Persyaratan

Pada dasarnya dokumen persyaratan untuk mengajukan visa kunjungan ke Australia adalah sama, apapun tujuannya, baik itu untuk berwisata maupun untuk kunjungan bisnis atau mengunjungi keluarga.

Ada tujuh (7) dokumen yang harus Anda penuhi saat mengurus visa kunjungan ke Australia, yaitu:

a. Mengisi formulir

Ada tiga jenis atau seri formulir yang harus Anda isi berdasarkan tujuannya, yaitu formulir aplikasi visa seri 1419 untuk visa turis, seri 1415 untuk visa bisnis, dan seri 1418 untuk kunjungan keluarga.

Ada lagi satu tambahan, yaitu seri 1400 untuk pengajuan aplikasi Visa Australia Pendamping Bisnis. Visa ini dibuat untuk istri atau suami atau anak yang bepergian ke Australia dalam rangka berwisata tapi turut mendampingi anggota keluarga yang pergi secara bersamaan dalam rangka bisnis dan untuk pemohon yang berkunjung ke Australia dalam rangka bisnis dan menghasilkan uang, seperti public speaker, ikut lomba/turnamen, tour leader, dsb.

b. Paspor yang masih berlaku minimal 6 bulan sejak pengajuan visa Anda dimasukkan.

c. Salinan paspor yang menampilkan halaman depan dan belakang serta semua halaman yang ada cap imigrasi atau visanya.

d. Pas foto berwarna dengan latar belakang putih dengan ukuran 4x6 sebanyak 2 lembar.

e. Salinan KTP dan KK.

f. Salinan buku tabungan minimal 3 bulan terakhir dengan saldo minimal Rp50.000.000

g. Surat sponsor.

1) Jika Anda seorang karyawan, lampirkan Surat Keterangan Kerja dari perusahaan tempat Anda bekerja saat ini.
2) Jika Anda seorang Direktur, Manajer, atau Komisaris, lampirkan NPWP dan SIUP Perusahaan.
3) Jika Anda memiliki usaha sendiri alias wiraswasta, surat sponsor dibuat sendiri diatas kertas putih yang diberi stempel usaha Anda dan lampirkan juga NPWP dan SIUP usaha Anda.
4) Jika perjalanan Anda disponsori oleh keluarga (anak/suami/orang tua), harap lampirkan dokumen yang menerangkan hubugan Anda dengan sponsor Anda tersebut, misalnya Akte Kelahiran, Kartu Keluarga, atau Buku Nikah.
5) Jika Anda pensiunan, maka surat sponsor dibuat sendiri dalam bahasa Inggris dan ditandatangani.

h. Surat undangan
1) Jika Anda diundang oleh keluarga atau teman Anda di Australia dan mereka merupakan warga negara Australia atau permanent residence di Australia, maka lampirkan surat udangan dan ID Card pengundang.
2) Jika Anda diundang oleh keluarga atau teman yang berada di Australia tapi bukan warga negara Australia ataupun permanent residence, maka lampirkan surat undangan dan bukti hubungan Anda dengan mereka, misalnya Akte Kelahiran/Kartu Keluarga jika diundang oleh keluarga dan foto bareng jika diundang oleh teman.

i. Asuransi perjalanan dan surat keterangan dari dokter yang ditunjuk oleh kedutaan jika Anda berusia 75 tahun ke atas.

j. Salinan kartu pelajar, surat keterangan sekolah asli, dan salinan Akte Kelahiran jika anak Anda ikut serta dan masih bersekolah.

3. Biaya

Berdasarkan informasi dari website resmi Kementerian Dalam Negeri Australia, biaya pengurusan visa kunjungan ini adalah AUD145 atau Rp1.396.000. Biaya ini berlaku kalau Anda mengurus langsung ke Kedutaan Australia yang ada di kota Anda. Harga ini masih bisa berubah seiring dengan kurs mata uang rupiah terhadap dollar Australia.

4. Alamat Kedutaan

Berikut ini adalah alamat Kedutaan Besar Australia di Jakarta.

Alamat: Jl. H.R. Rasuna Said, Kav. 15-16, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, 12940, Indonesia

Telp.: (021) 2550-5555

Fax: (021) 2550-5467

Email: public-affairs-jakt@dfat.gov.au

Sumber: https://www.ayopigi.com/2019/09/visa-...


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com