Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Super Enak! Melancong kesini Wajib Cobain Kuliner Banyuwangi ini

Yukbanyuwangi
Yukbanyuwangi, pada 16 April 2020, 14.06
di Blog

Kuliner Banyuwangi yang terkenal dengan sensasi pedanya, kini semakin digemari. Tak jarang, wisatawan berkunjung ke Kota Gandrung ini hanya untuk menjelajahi kuliner Banyuwangi. Aneka ragam masakan mulai dari Rujak Soto sampai Sego Tempong, menjadi menu favorit bagi pelancong. Bahkan di beberapa kota di Indonesia, banyak warung makan yang menyediakan menu masakan khas Banyuwangi.

Nah, sangking banyaknya kuliner khas Banyuwangi terkadang membuat wisatawan bingung untuk memilih kuliner apa yang harus dicoba. Yukbanyuwangi telah merangkumkan untuk Anda, kuliner enak yang wajib dicoba ketika Anda berkunjung ke Banyuwangi. Cekidot,
Pecel Pitik

Kuliner yang pertama yaitu pecel pitik. Pitik dalam bahasa Indonesia berarti ayam, yap bahan utama dalam masakan ini adalah ayam. Berbeda dengan pecel ayam pada umumnya, yang berwarna cokelat. Pecel pitik ini berwarna putih, karena ayam ini dibumbui dengan santan kelapa setelah dipanggang. Umumnya pecel pitik disajikan ketika acara selametan bersih desa, namun kini sudah ada warung makan yang menjual pecel pitik. Rasanya? Jangan ditanya, perpaduan ayam dan bumbu santen kelapanya benar-benar nikmat. Apalagi dimakan dengan nasi anget wuh syedap!

1. Sego Tempong
Sego Tempong bisa dibilang kuliner paling populer di Banyuwangi, tak lengkap rasanya jika Anda melancong ke Banyuwangi tanpa mencoba Sego Tempong. Sego Tempong identik dengan rasa pedasnya yang ‘nempong‘ banget, disajikan bersama dengan sayuran yang direbus dan beraneka ragam lauk pauk. Salah satu warung sego tempong yang terkenal yaitu Mbok Wah, disini disediakan lauk mulai dari geruyu, cumi pete, ayam goreng, ikan goreng, sampai beragam pelasan.

2. Rujak Soto
Bagi masyarakat luar, rujak soto terbilang cukup nyeleneh. Percampuran rujak dan soto ini hanya bisa ditemui di Banyuwangi. Masakan ini merupakan perpaduan dari rujak sayur dan soto kuning. Rujak soto terbagi menjadi tiga macam yaitu rujak soto babat, rujak soto ayam/ceker, dan rujak soto daging sapi. Banyak warung makan yang menjual menu ini, salah satu yang paling mantep yakni Rujak Soto Mbok Pat yang terletak di daerah Kampung Lukis. Rujak soto paling enak dimakan dengan segelas es temulawak.

3. Sego Cawuk
Sego Cawuk adalah menu sarapan khas warga Banyuwangi, yang disajikan dengan daun pisang. Makanan ini terdiri dari nasi yang dicampur kuah parutan kelapa dan serutan jagung muda bakar, dan kuah ikan pindang. Lauk pendampingnya ada pepes ikan laut, telur pindang, tahu cacah, dan semanggi sambal serai. Rasanya yang pedas asam menjadi ciri khas tersendiri. Penjual sego cawuk biasanya mulai buka sejak pukul 05.00 pagi lho, dan sudah habis pukul 07.00.

4. Pindang Koyong
Pindang Koyong adalah masakan khas Banyuwangi yang berbahan dasar ikan. Penampilannya mirip seperti soto ikan namun ikan yang digunakan biasanya ikan tongkol atau ikan tenggiri. Pindang koyong identik dengan rasa pedas asam dan manis, dan disajikan dengan potongan cabai dan belimbing wuluh. Di Banyuwangi pindang koyong menjadi salah satu menu utama di banyak rumah makan, dan umum disebut sebagai menu pesisir Banyuwangi

5. Ayam Kesrut
Ayam kesrut merupakan kuliner khas Suku Osing yang diangkat dalam Festival Banyuwangi Kuliner 2018. Ayam kesrut tergolong kuliner yang masih awam didengar oleh masyarakat luar, dan banyak yang mengira bahwa ini adalah sop ayam biasa. Ayam kesrut dimasak dengan kecombrang, sehingga menimbulkan aroma yang unik. Ayam Kesrut biasa disajikan sebagai menu ketika hawa sedang panas.

6. Darplok
Darplok alias dadar ceplok merupakan perpaduan dari bihun yang direbus kemudian digoreng diatas telur. Telur akan dibuat menyelimuti bihun, kemudian disiram dengan kuah sambel kacang yang nendang pool. Kuliner unik ini bisa Anda cicipi ketika malam hari, karena kuliner enak memang munculnya malam hari ehe. Darplok konon sudah ada sekitar 20 tahun lebih. Di Rogojampi ada beberapa penjual Darplok terkenal. Salah satunya adalah Mbak Indri yang berjualan mulai sekitar tahun 1994. Berlokasi di Gang Sawo, Kampung Maduran, Mbak En–panggilan akrab Mbak Indri yang membuka warung Darplok di halaman rumahnya. Meski masuk ke gang sempit, tapi darplok disini tidak pernah sepi.

Sumber: https://www.yukbanyuwangi.co.id/super...


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com