Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Alas Purwo Geopark Green Run 2019, Sensasi Berlari di Cagar Biosfer Dunia

adoriaalisha46
adoriaalisha46, pada 2 Mei 2020, 14.04
di Blog

Ajang Sporttourism Baru di Banyuwangi
Banyuwangi kembali meluncurkan ajang sprottourism yakni Alas Purwo Geopark Green Run kemarin (17/11/2019) di kawasan Taman Nasional Alas Purwo (TNAP). Para peserta akan menyusuri trek sejauh 5 Km dan 10 Km. Ajang ini diikuti tak kurang dari 500 pelari yang berasal dari segala penjuru Indonesia, bahkan ada peserta yang berasal dari Kenya, Afrika Selatan.

Sebelum acara dimulai, diawali oleh tarian gandrung yang diperankan oleh anak anak yang tinggal di perkampungan sekitar taman nasional Alas Purwo. Tarian ini sebagai sambutan selamat datang kepada peserta dan undangan.

Alas Purwo Geopark Green Run merupakan sebuah kompetisi lari dengan rute alam bebas (trail run).

Tampak banyaknya peserta yang berpartisipasi memulai kegiatan larinya dari start point yang dilaksanakan di Kawasan Taman Nasional Alas Purwo

Cagar Biosfer Dunia

Tak hanya medan yang rindang, peserta juga berlari melewati rute pasir pantai yang cukup menantang fisik

Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) sendiri adalah kawasan hutan di sisi selatan Banyuwangi yang terkenal dengan kelestarian hutannya, yang juga masih disakralkan oleh masyarakat. Di kawasan ini para pelari akan menikmati sensasi segarnya oksigen bersih dan berlimpah dari hutan Alas Purwo, seraya menyusuri trek lari yang menantang. Kekayaan oksigen di kawasan ini menjadi faktor pendorong yang bagus untuk terselenggaranya event ini. Hal ini dikarenakan oksigen yang berlimpah dapat menjaga stamina atlet selama pertandingan berlangsung.

Peserta melewati rute yang teduh, tampak rimbunnya pepohonan yang ada di sini

Yuk, Bertualang di 8 Objek Wisata Taman Nasional Alas Purwo

Kawasan Alas Purwo ini juga menjadi rumah bagi 700 flora, 50 jenis mamalia, 320 burung, 15 jenis amfibi, dan 48 jenis reptil. Selain itu Alas Purwo memiliki pantai dan ombak kedua tertinggi di Dunia, yakni pantai Pelengkung atau G-Land sehingga di kawasan ini juga sering diadakan event berselancar. Bagi kalian yang ingin berkunjung ke Taman Nasional Alas Purwo bisa menggunakan mobil ataupun shuttle, tidak disarankan menggunakan sepeda motor karena berwisata di Taman Nasional Alas Purwo ini umumnya sampai hampir malam hari. Jarak tempuh dari Banyuwangi Kota ke Alas Purwo yakni kurang lebih 3 jam perjalanan menggunakan mobil.

Tertarik untuk berlibur dan mengunjungi destinasi Alas Purwo yang kaya akan pesonanya? Yuk cek paket wisata banyuwangi dibawah ini yang cocok untuk perjalanan kamu lengkap beserta harganya:

Paket Wisata Banyuwangi Alas Purwo 4 Hari 3 Malam
Paket Wisata Banyuwangi Alas Purwo 3 Hari 2 Malam
Paket Wisata Banyuwangi Alas Purwo 2 Hari 1 Malam
Paket Wisata Banyuwangi Alas Purwo Fullday

Sumber: https://www.yukbanyuwangi.co.id/alas-...


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com