Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Memilih Sleeping Bag

eza374
eza374, pada 1 Nov. 2009, 10.50
di Blog

[img]http://i14.photobucket.com/albums/a328/ambarbriastuti/packing.jpg[/img]
Sebagai backpacker terkadang kita harus menyiapkan diri untuk menginap disegala tempat termasuk di alam terbuka. Maka piranti sepertisleeping bag harus kita pikirkan jika kita ingin backpacker ‘[i]off beaten track[/i]’.
Berikut adalah tulisan ringan tentang macam-macam sleeping bags dan bagaimana memilih sleeping bag dari tingkat kenyamanan penggunaannya.

[color=red][b]Macam-macam Sleeping Bag[/b][/color]

[b]1-2Season[/b]
Sangat pas dipakai untuk daerah panas karena ringan dan tidak sumpek, biasanya dengan berat <1kg dengan packing kecil

[b]2Season[/b]
Biasanya digunakan pada akhir musim semi hingga awal musim gugur ketika temperatur udara tidak mencapai dibawah nol. Rata2 beratnya 1kg-1.5kg

[b]3Season[/b]
Biasa dipakai awal musim semi hingga akhir musim gugur ketika temperature kemungkinan turun hingga dibawah nol dan bisa pula dipakai pada malam musim dingin yang sedikit hangat. Berat rata2 1.4kg-2kg

[b]4Season[/b]
Dibuat dengan lapisan sintetis tambahan yang cukup memberikan ventilasi pada cuaca yang dingin dan penggunaan di ekspedisi gunung.

[color=red][b]Macam Bentuk Sleeping Bag[/b][/color]

Secara garis besar ada dua macam bentukan yakni mummy dan segi empat. Dari sini kembali dibagi lagi menjadi “down fill” dan “synthetic fill”.

Mummy bag mempunyai insulasi yang lebih efektif sedang segi empat lebih nyaman dan banyak ruang. Jika kita kemping di negara panas/tropis maka sleeping bag segi empat adalah pilihan paling tepat. Namun jika kemping di tempat dengan suhu bervariasi idealnya punya kedua-duanya. Jika ingin berencana mendaki gunung maka bentuk mummy adalah yang paling pas.

Down filled cenderung ringan dengan insulasi yang lebih bagus daripada synthetic filled, juga lebih compact jika dimasukkan dalam tas dan cenderung berkualitas lebih baik. Synthetic fill lebih murah dan jika basah bekerja lebih baik ketimbang down fill basah. Jadi pertimbangkan cuaca tempat dimana akan backpacking, pilih mana yang sesuai dengan tipe perjalanan kita.

[color=red][b]Tingkatan Sleeping Bag[/b][/color]

Ada 2 tingkatan
[b]
Rating Berdasar Kenyamanan[/b] : semua sleeping bags dibuat tingkatan berdasarkan kehangatan. Rating menunjukkan jangkauan suhu yang memang sengaja didesain untuk kenyamanan bagi pengguna. Sebagai contoh, sebuah sleeping bag dengan rating +20 menunjukkan bahwa sebaiknya pengguna menggunakannya dalam suhu 20 derajat centigrade.

[b]Extreme Kenyamanan[/b] : tiap sleeping juga diberi tambahan rating yang menunjukkan suhu paling dingin yang masih bisa membuat pengguna nyaman. Seorang pengguna yang berpengalaman bisa beradaptasi dengan baju dan kondisi tubuhnya dalam segala situasi dan bisa memperkirakan kelemahan dari sleeping bag yang dipakainya.

[img]http://i14.photobucket.com/albums/a328/ambarbriastuti/karimor1-2season.jpg[/img][img]http://i14.photobucket.com/albums/a328/ambarbriastuti/4season.jpg[/img][img]http://i14.photobucket.com/albums/a328/ambarbriastuti/3season_mountainhardware.jpg[/img][img]http://i14.photobucket.com/albums/a328/ambarbriastuti/2season.jpg[/img]

[quote]source : [url=http://www.indobackpacker.com/2006/10/memilih-tenda-dan-sleeping-bag/]http://www.indobackpacker.com/2006/10/memilih-tenda-dan-sleeping-bag/[/url][/quote]


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

veter
veter
veter Newbie
pd. 26 Juli 2013, 14.55

info yang sangat bermanfaat bro :D

Suka 0
Jarwo666
Jarwo666
Jarwo666 Newbie
pd. 26 Juli 2013, 10.59

Sabaraha hargana?

Suka 0

© backpackerindonesia.com