Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

PROBOLINGGO LOCAL FOOD

indonesianexplorer
indonesianexplorer, pada 27 Nov. 2020, 12.35
di Blog

Selain terkenal dengan keindahan destinasi wisatanya, tidak lengkap jika mengunjungi Probolinggo tapi tidak mencoba makanan khasnya. Ada berbagai macam kuliner yang bisa dicoba, mulai dari makanan ringan sampai makanan berat. Berikut ini adalah beberapa kuliner di Probolinggo yang bisa menjadi pilihan anda.
1. Nasi jagung
Nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia yang hampir setiap hari pasti dikonsumsi. Namun di Probolinggo ada jenis nasi yang berbeda dari jenis nasi biasanya yaitu Nasi Jagung. Nasi jagung ini memiliki cirikhas yang unik karena terbuat dari jagung yang telah ditumbuk kemudian dikukus dan dicampur dengan nasi putih atau ada juga yang tidak perlu dicampur dengan nasi putih. Kemudian untuk lauknya sangat cocok jika dimakan dengan makanan tradisional seperti urap-urap, sambal terong, ikan asin, tongkol balado dan lauk lainnya sesuai dengan selera. Sebagai referensi tempat yang menjual nasi jagung, anda bisa membelinya di Jl. Imam Bonjol (di dekat kantor BPJS Kesehatan) tempat ini buka dari jam 06.00 – 10.00.

2. Ikan asap
Ikan asap menjadi makanan khas yang banyak dicari saat berkunjung ke probolinggo, lolasi tepatnya terletak di di jalur pantai utara (pantura) Kabupaten Probolinggo. Karena letaknya dekat dengan pantai dan masyarakat sekitar banyak yang bermatapencaharian sebagai nelayan sehingga sumber ikan segar sangat berlimpah. Salah satu cara masyarakat untuk mengolah ikan segar adalah dengan menjadikan kuliner ikan asap. Rasa ikan asap memiliki ciri khas yang unik dan lezat. Jenis ikan asap juga sangat bervariasi dan bisa diolah menjadi berbagi macam masakan. Sebagai tempat referensi untuk membeli ikan asap khas Probolinggo, anda bisa menemukannya disepanjang jalan pantura (di daerah wisata bentar), biasanya penjual ikan asap ini berada di pinggir jalan. Jadi anda bisa menemukannya dengan mudah.

3. Ketan Kratok
Ketan Kratok adalah salah satu jenis makanan khas daerah yang wajib dicoba saat berkunjung ke Probolinggo. Pada dasarnya ketan kratok ini sama dengan jenis ketan lainnya, namun yang membuat unik dan khas adalah ada campuran kacang kratok di dalamnya dan disajikan dengan parutan kelapa ditambah dengan siraman gula merah. Sebagai referensi tempat yang menjual ketan kratok, anda bisa menemukannya di Jl. Dr. Sutomo tepatnya di Bangunan Ex. Bioskop Garuda.

4. Kerupuk Tengiri
Tidak hanya makanan olahan saja kerupuk tengiri menjadi salah satu pilihan oleh-oleh di Probolinggo. Olahan ikan tengiri yang dijadikan kerupuk menjadi favorit karena rasanya yang gurih dan renyah. Selain itu rasa ikan di kerupuk ini masih sangat terasa. Selain karena rasanya yang lezat, packaging oleh-oleh kerupuk tengiri sangat menarik dan mudah dibawa untuk perjalanan jauh. Sebagai referensi tempat menjual kerupuk tengiri, anda bisa membelinya di toko oleh-oleh khas probolinggo Jl. Kh. Mansyur No. 35.

5. Sirup pokak
Makanan khas probolinggo tidak hanya olahan makanan berat, namun ada pilihan lain yaitu Sirup Pokak. Sirup Pokak ini terbuat dari bebagai macam rempah-rempah yang bahan utamanya terdiri dari jahe, sereh dan kayu manis. Oleh karena itu selain menyegarkan, sirup pokak juga berkhasiat bagi tubuh karena berbahan dasar rempah-rempah. Sirup pokak ini bisa disajikan dengan air dingin ataupun air hangat. Sebagai referensi tempat membeli sirup pokak, anda bisa membelinya melalui akun instragram @siruppokakibuindri


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com