Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Menikmati keindahan Alam Bawah Laut Kota Serambi Madinah

hasanah_syakim
hasanah_syakim, pada 24 Jan. 2022, 17.23
di Blog

Start: 23 Des. 2021, 17.23

Keindahan wisata alam bahari bawah laut menjadi salah satu keunggulan masyarakat yang terkenal di daerah Gorontalo sebagai Kota Serambi Madinah, potensi alam yang terdapat di Taman Laut Olele menyajikan panorama melalui pantainya. Pantai Olele sendiri memiliki pasir putih yang terletak tak jauh dari pemukiman masyarakat, kendati demikian perairan di sekitar pantai tidak tercemar, dan cukup bersih.

Dengan keindahan terumbu karang yang terjaga dengan baik membuat pantai Olele dipenuhi banyak biota laut, hal ini menjadi anugerah di mana warga sekitar bisa peduli dan mengerti akan potensi kekayaan alam yang dimiliki. Berlokasi tepat di Desa Olele, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo, Pantai Olele memiliki jarak sekitar 28 kilometer arah Tenggara Kota Gorontalo.

Sahabat Langit7 bisa menggunakan kendaraan roda empat atau dua dengan waktu tempuh sekitar satu jam, menghadap Teluk Tomini yang sangat luas. Dari Kota Gorontalo mengarah ke Selatan ke jalan mayor Dullah. Kemudian masuk dan ikuti terus Jalan Laksamana Martadinata, sampai masuk ke Jalan Trans Sulawesi sekitar 19 kilometer melewati Pelabuhan Ferry Gorontalo, Sahabat Langit7 akan menjumpai jembatan yang berada pas di tikungan.

Persis setelah jembatan Sahabat Langit7 akan menemukan sebuah gerbang masuk yang bertuliskan ‘Objek Wisata Bahari Taman Laut Olele’ disebelah kanan. Berjarak sekitar dua kilometer dari gerbang masuk menuju pantai Olele’ tidak ada pungutan biaya untuk masuk dalam kawasan pantai ini.

Sahabat Langit7 bisa menyewa perahu seharga Rp 250 ribu serta sewa alat snorkel sebesar Rp 50 ribu, terdapat beberapa rumah penduduk di pantainya dengan hamparan pasir putih yang luas. Selain menikmati beragam aktivitas pantai Sahabat Langit7 juga bisa menyaksikan langsung kegiatan para nelayan, dengan pemandangan beberapa perahu yang berjajar di bibir pantai juga terdapat perahu yang khusus digunakan untuk melihat pemandangan bawah laut.

Bagi Sahabat Langit7 yang ingin menikmati keindahan pemandangan bawah laut tetapi tidak bisa berenang bisa mencoba untuk menyewa glass bottom, sebuah perahu yang didesain khusus dengan memiliki kaca di dasar perahu. Sehingga Sahabat Langit7 bisa melihat pemandangan bawah laut dari atas perahu meski tidak bisa berenang.

Kendati tidak leluasa dan seluas jika snorkeling atau diving, sudah bisa melihat indahnya terumbu karang dari perahu ini sudah menjadi hiburan yang cukup menyenangkan. Saat Sahabat Langit7 memutuskan akan melakukan snorkeling, dan diving Sahabat langit7 bisa melihat koral berwarna-warni yang masih terjaga keindahannya, juga banyak sekali beragam ikan imut dengan warna-warni turut berseliweran diantara terumbu karang.

Terdapat beberapa spot untuk diving yang tersedia di Taman Laut Olele’ dengan keindahan tersendiri, ada Jin Cave Traffic Jam, Honeycomb, dan Muck Dive. Jinn Cave menjadi tempat favorit bagi para penyelam. Sebab, di spot ini terdapat beraneka ragam terumbu karang indah dengan ratusan spesies ikan berwarna-warni penamaan Jinn Cave diambil karena terdapat terumbu karang yang berbentuk goa dengan kedalaman mencapai 22 meter.

Taman Laut Olele di Pantai Olele menjadi tempat yang direkomendasikan bagi pencinta alam bawah laut untuk dikunjungi, jika Sahabat Langit7 menyukai aktivitas snorkeling dan diving Taman Laut Olele ini benar-benar menyediakan spot yang indah dan menyenangkan yang dapat dirasakan para penyelam.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com