Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Tips backpacker ke Gunung Rinjani

Equator_Indonesia
Equator_Indonesia, pada 1 Mei 2013, 4.35
di Blog

Backpacking to rinjani?

1. Anda bisa mengirit pengeluaran, kami berikan jalur transportasi paling irit dari Jakarta :)

2. Pastikan Anda sudah memiliki tiket kereta api Progo Jakarta-Jogja yg brangkat pukul 19.30 dari Pasar Senen.

3. Pastikan pula Anda sudah memiliki tiket kreta api Sritanjung Jogja-Banyuwangi di hari berikutnya pukul 7.30 pagi.

4. Tiket Progo adalah 38rb, tiket Sritanjung adalah 36rb. Jika dari Jakarta senin malam, maka Anda akan tiba di Jogja selasa sebelum pukul 7 pagi.

5. Lalu langsung berangkat dengan sritanjung 7.30 pagi sampai banyuwangi selasa 10 malam. Lalu, jalan kaki sampai pelabuhan Ketapang.

6. Menyeberang ferry ke bali adalah 6rb, setelah tiba di pelabuhan gilimanuk, jalan kaki ke terminal gilimanuk. Jangan lupa bawa KTP (daripada ribet urusannya panjang). Nunggu bis ke padangbay subuh.

7. Rabu subuh Anda sudah dalam perjalanan darat ke pelabuhan Padang Bay dari pelabuhan gilimanuk, 40rb. Siang hari tiba di PAdangbay.

8.Tak perlu masuk pelabuhan, banyak sekali bus antar pulau yg nyari penumpang di padangbay tujuan mataram (safari dharma raya, titian mas dll), bisa dapat harga 35-40rb include tiket ferry, kalau rombongan bisa nambah murah.

9. Jika tetap mau bayar tiket ferry,38rb. Sampai pelabuhan Lembar hampir Maghrib,sudah tak ada angkot ke mataram, ojek ada tapi mahal. Mending naik bus saja dari padangbay.

10.Rabu malam Anda sampai di terminal Mandalika Mataram. Tidur mana? Mandalika adalah tempat yang rawan kejahatan. Cari petugas terminal.

11.Dia akan mempersilakan tamu tidur di kantor terminal, kasih uang rokok sudah seneng kok Kamis pagi Anda akan menuju Aikmal. Atau Anda bisa numpang tidur di kantor Koramil dekat terminal.

12.Kamis, Mataram-Aikmal dengan angkot atau bus sekitar 15rb. Lalu ganti angkot sayur ke sembalun dari aikmal 15rb.

13.Kamis sore Anda tiba di Sembalun,silakan tidur di pondok pendaki. Jumat pagi mulai mendaki.

14.Senin malam berangkat dr jakarta, jumat pagi mulai mendaki rinjani. Menghabiskan sekitar 190rb/org untuk transportasi dari jakarta

15.Ok, selamat mendaki Rinjani ala backpacker :)

Note :
- masih banyak cara backpacking yang lain, jika Anda tidak terikat waktu boleh-boleh saja dicoba, lebih murah kok, tapi ya lebih lama tergantung improve saja di perjalanan darat, hihihi

- bus-bus antar pulau seperti Safari Dharma Raya atau Titian Mas biasanya nyari penumpang sebelum nyebrang pelabuhan (Ketapang atau Padangbay), bus itu mau penumpang 1 orang atau 50 orang tetep saja mbayar pelabuhan tak berbeda. Jadi mereka nyari penumpang dengan harga murah. Cont : dari pelabuhan Ketapang-Mataram saya pernah dapat harga 70rb rupiah.

- Malam nginep di mana? Jangan gengsi untuk nginep di kantor polisi biarpun Anda tak suka polisi. Melayani masyarakat kan tugas mereka. Paling aman ya di situlah. Dulu saya masih suka nginep di kampus, di rumah makan jawa, di terminal..hmm, kalau rombongan bolehlah. Kalau sendirian, nah itu..daripada rencana ke depan berantakan kan.

- Kalau mau numpang truk, hati-hati barang bawaan Anda ya. Dan ya semaunya sopir truk, dia mau ngopi ya hayuk, dia lapar ya hayuk, lama pastinya.

- Saat di kapal, pastikan barang berharga Anda bawa di dek kapal.

- Biasanya yang berantakan itu jadwal perjalanan pulangnya, apalagi sekarang tiket kereta harus booking dulu, yaudah daripada pulang ya main ke timur lagilah, biar sekalian berantakannya, hihihi.

- Kalau mau nyaman dan karena terikat waktu, ya pakai jasa provider wisata, amanlah hihihi promosi :P

- Yang terpenting, jangan lupa 5 waktu kita untuk yang muslim ya, di manapun itu tanah bumi selalu suci. Jamaklah, itu kemudahan bagi Anda. :)

Ok, be brave ya v ^^ '' #rinjani #backpacker

dr status fb seorang teman :)


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

hallidafm
hallidafm
hallidafm Newbie
pd. 30 Juni 2016, 19.24

rencana saya november ke rinjani juga nih, berangkat dri mana sob?

Suka 0
aditya96
aditya96
aditya96 Newbie
pd. 2 Juni 2016, 8.07

salam rimba.. baru gabung(newbi om).. mau tanya" november pingin hikking rinjani.. ada yg kesana gak ya bulan november ntar?

Suka 0
leogiggs11
leogiggs11
leogiggs11 Newbie
pd. 6 Juli 2013, 2.56

makasih banyak ts, lumayan nambah2 referensi buat ke rinjani bulan depan

Suka 0

© backpackerindonesia.com