solo backpacker bandung - jogja - malang (sempu) - surabaya

adrianrahman911
adrianrahman911, pada 8 Mei 2013, 16.09

JOGJA-MALANG-SURABAYA
Untuk pertama kalinya solo backpacker alias pergi sendirian ke tempat yang belum pernah aku setubuhi, seminggu sebelum beragkat udah nyari2 tiket kereta dan ternyata habis, dan mahal. Sampai H-1 belum ada kepastian buat pergi. Dan setelah hari H datang tepatnya hari kamis tanggal 28 maret akhirnya memberanikan diri untuk pergi, pokoknya keluar kota. Sampai di terminal cicaheum nyari bus ke surabaya,malang atau jogja. Bus ke malang atau surabaya ternyata penuh, dan alhamdulillah masih ada bus ke jogja, dan sikat.
BANDUNG - JOGJA
Brangkat dari cicaheum bandung, jam 7malam, sampai di terminal giwangan jogja jam 5 pagi 29 maret, nunggu teman buat ngejemput, tapi karena jauh dan gak enak sama teman, ya udah deh, lebih baik ngebantu pemerintahan jogja, naik transjogja. Ke lempuyangan buat nyari tiket kereta ke malang, eh ternyata kereta ke malang gak ada lewat lempuyangan, putar haluan ke stasiun tugu jogja, yes akhirnya dapat berangkat malam harinya, sampai di kosan teman, saatnya balas dendam Zzzzz(read:tidur)
JOGJA – MALANG
sebelum berangkat nongkrong dulu, rugi ga nongkrong di jogja, sambil nikmati seniman jalananannya. Sampai di dalam kereta tiba-tiba kereta langsung jalan, hahaha.. what a timing. Sekitar jam 4 pagi 30maret, melangkah keluar kereta yeah, for the first time, JAWA TIMUR! Cari warkop, ngopi, sambil nunggu teman yang jemput. Sampai kosan teman yup, tidur. Next. Setelah packing2 siap zhuhur kita berangkat menuju sendang biru, buat nyebrang ke pulau sempu dengan pasukan 4 orang 2 motor, sampai sendang biru sudah gelap, dan dengan segala pertimbangan kita ngacamp dulu, di sendang biru. Disini terjadi debat antara tidur di dermaga atau di bikin tenda, dan akhirnya kita... tidur di tempat pelelangan ikan, beralas terpal, yang penting tidur. Pagi jam 4 31maret, kita siap2 setelah melobi para nelayan dan kita berangkat. Naik kapal 15menit, jalan kaki 3jam, dan kita sampai di PULAU SEMPU. What a place. Disini kita bikin tenda, berenang, foto2, menikmati keindahan tuhan. Next. Magrib kita tiba di malang. Makan. Dan tidur! 9 pagi 1 april, cari tiket ke bandung, dan dapatnya Cuma surabaya-bandung. Oke next surabaya!
MALANG-SURABAYA
Jadwal di tiket tertulis jam 7malam, dan what a fuck keretanya delay, bisa ternyata ya, kereta delay. Kereta berangkat jam 12malam, untung ada konsernya SID nyandang carrier sambil fugu-fugu. 4pagi 2 april, gubeng lama, SURABAYA!. Seperti biasa cari warkop, ngopi. Nunggu teman lagi, kita motor2an keliling surabaya, mulai dari doli, tugu pahlawan, sampai jembatan suramadu. Khekhekhe... jam 8 pagi udah di gubeng lama lagi, bandung i miss u!!!

Pelajaran yang saya dapat dari perjalanan ini:
sesendirinya kita, kita akan membutuhkan orang lain.
makan yang penting kenyang, transportasi yang penting sampai, tidur yang penting mata tertutup, tapi keselamaan segala-galanya, safety first
Rincian biaya:
Bandung-jogja: 85000(bus budiman)
transjogja: 3000
jogja-malang: 80000 (malioboro ekspress)
sampan ke pulau sempu + guide : 100000+70000
malang-surabaya: 4000 (pakai kereta, murah banget)
surabaya-bandung: 120000
budget sekitar: 500ribu.
Saran dan informasi:
kalau mau ke sempu, beli logistik di sendang biru aja, semuanya ada. Bawa air yang banyak.
kalau di suruh pakai guide sebaiknya di hindari, hehe,.. gw terpaksa karena berangkat subuh
“mari melangkah mengenali indonesia di setiap jengkal keindahannya”