Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Persiapan Traveling ke Jepang Tanpa Travel Agent

selvi_theexplorer
selvi_theexplorer, pada 27 Nov. 2022, 11.50
di Tanya & Jawab

Aku sudah dua kali traveling ke jepang, masing-masing dua minggu, di musim dingin dan di awal musim panas. Berangkat sendiri, tanpa travel agent. Melihat antusias teman-teman di sini yang mau ke jepang, aku jadi pengen sharing tips-tips persiapan traveling ke jepang Berikut tips persiapan dari aku.

1. **‌Hunting tiket pesawat**. Kalau mau murah cari tiket promo. Atau cari pas travel fair barangkali ada diskon. Hindari peak season. Tentukan penerbangannya mau ke kota mana, osaka, tokyo, hokkaido, atau lainnya.

2. **‌Urus paspor dan visa**. Bebas pilih mau paspor biasa atau e-paspor. Paspor biasa harus bayar visa. Sementara kalau kamu punya e-paspor maka bebas visa. Kalau kunjungan ga lebih dari 15 hari mending bebas visa tapi kalau lebih dari 15 hari harus pakai visa.

3. **Tentukan destinasi**. Pastikan lagi lebih spesifik kamu mau berkunjung ke mana aja. Tempat wisatanya gratis atau bayar. Pastikan bayar tiketnya harus in advance atau ga. Bisa bikin itinerary agar terpetakan rute dan estimasi budgetnya, khususnya budget transportasi. Kalau mau menekan budget jangan terlalu banyak commute dari satu kota ke kota lain yang jauh2. Misal tokyo-osaka. Lebih baik explore yang satu area aja, misal kansai area (meliputi osaka, kyoto, kobe, nara, dan wakayama).

4. **Booking penginapan**. Kalau mau murah booking guest house/hostel/airbnb atau coba couchsurfing. Cari penginapan yang akses public transportnya mudah, misal dekat stasiun.

5. **Internet**. Bisa beli simcard atau pocket wifi. Bisa beli pas di indonesia atau on the spot pas sampai jepang.

6. **Beli transportation pass/card**. Bisa beli pas di indonesia atau on the spot pas sampai jepang. Sesuaikan dengan rute dan stasiun terdekat dari penginapan. Line apa yang dilalui. Transport jepang itu ruwet, tapi bisa dipelajari. Cek google maps untuk tau rute transportasi dari mana ke mana naik apa.

7. **Cek cuaca dan suhu di tanggal kamu berkunjung**. Cek di accuweather.com dan browsing informasi tentang suhu di jepang. Jangan sampai kamu salah kostum karena ga sesuai sama suhu di sana.

8. **‌Packing barang bawaan**. Baju yang sesuai musim, sepatu yang nyaman dipakai, colokan universal, obat, dll. Kalau pengen taruh di cabin aja dan ga mau tambah bagasi, kamu cari tau ukuran dan berat koper atau tas yang diperbolehkan di cabin berapa. Dan cari tau barang apa yang ga boleh dibawa.

9. **Budget makan**. Dari yang mahal sampai yang murah tuh ada. Kalau mau hemat cari resto murah seperti yoshinoya, nakau, matsuya, marugame, sushiro, kura sushi, dll. Atau kalau mau hemat juga bisa beli di supermarket. Di atas jam 7 malam harga makanan matang diskon. Atau masak juga bisa.

Semoga membantu untuk kalian yang mau traveling ke jepang tanpa travel agent, khususnya bagi yang baru pertama kali ke jepang.

Yang mau tanya-tanya lebih lanjut monggo, boleh dm.
Atau connect ke IG-ku: @evselvia

Insyaallah aku akan ke jepang lagi tahun depan, saat transisi antara musim gugur ke musim dingin, biar dapet dua-duanya. Semoga mimpi kita traveling ke jepang terwujud ya!!


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

silvia02
silvia02
silvia02 Newbie
pd. 16 Juli 2023, 6.40

mba kok ig nya ga ktmu ? mau tanya ttg jpn

Suka 0
Lala dhieba
Lala dhieba
Lala dhieba Newbie
pd. 11 Des. 2022, 9.54

Kak aku pengen ke jepang kaya kakak tahun dpn minta info detail dong kak..soalnya belom pernah sama sekali hiks

Suka 0

Naf
Naf
Naf Newbie
pd. 3 Des. 2022, 23.42

Kak tahun depan klo mau kejepang lagi boleh join ga?
Soalnya aku baru pertama kali keluar negeri kebetulan ada suamiku dijepang tapi aku masih ragu klo pergi sendiri kesana

Suka 0

Cloud_rainbow
Cloud_rainbow
Cloud_rainbow Jr.
pd. 29 Nov. 2022, 21.16

Keren mb. Impian bgt ke jepang. Semoga thn depan ada kesempatan ksna

Suka 0

doyanngayap
doyanngayap
doyanngayap Newbie
pd. 27 Nov. 2022, 17.37

musim dingin di mana aja kak? boleh tau itinnya ga? terus lihat salju di mana kak? pengen bgt liat salju nih anak tropis sekali aja dah seumur hidup.

Suka 2

© backpackerindonesia.com