Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Mau Perjalanan Jauh? Cek Tanda Ban Mobil Harus Diganti!

saifulkamali
saifulkamali, pada 3 Des. 2022, 13.38
di Blog

Start: 3 Des. 2022, 13.29

Ban mobil merupakan salah satu komponen dalam mobil yang sering luput untuk diperhatikan oleh para pemilik mobil. Selama ban tidak bocor atau kurang angin, biasanya pemilik mobil akan abai dan lupa memperhatikan kondisi ban tersebut. Padahal kondisi ban mobil yang sudah jelek dan tak layak pakai perlu segera diganti agar tidak terjadi hal yang tidak diingingkan.

Memaksakan mobil terus berjalan dengan kondisi ban mobil yang sudah buruk sangat berbahaya. Salah satu hal yang bisa terjadi yaitu mobil akan tergelincir saat di jalanan. Untuk itu anda sebaiknya segera mengganti ban mobil dengan yang baru. Berikut ini adalah beberapa tanda ban mobil harus segera diganti.

#1. Usia ban terlalu tua

Tahukah anda bahwa ban juga memiliki tanggal kadaluwarsa? Jika anda perhatikan pada ban mobil anda, di bagian samping terdapat berbagai macam kode angka. Salah satu kode angka yang tertulis di bagian samping ban adalah tanggal produksi ban tersebut. Biasanya tanggal produksi tersebut tertulis dalam 4 kode angka, 2 kode angka di awal merupakan penanda minggu keberapa ban tersebut diproduksi, lalu 2 kode terakhir adalah tahun produksi ban tersebut. Contohnya jika pada ban tersebut tertulis angka 1120, itu artinya ban tersebut diproduksi pada minggu ke-11 di tahun 2020.

Jika usia ban sudah lebih dari 5 tahun, itu tandanya anda harus segera mengganti ban tersebut dengan yang baru. Semakin tua usia ban mobil, maka karet ban akan semakin keras. Usia ban yang sudah terlalu lama dari waktu produksi rawan membuat ban mudah retak.

#2. Thread Wire Indicator (TWI) sudah terkikis

TWI adalah indikator berupa tonjolan di antara blok telapak ban dengan tinggi 1,6 mm yang bisa menjadi tanda jika sudah waktunya ban diganti dengan unit baru. Tonjolan tersebut biasanya berada di sela-sela ukiran ban yang lebih dalam. Jika bagian ukiran ban sudah setara dengan tonjolan tersebut, ini artinya ban sudah terlalu tipis untuk digunakan dan harus segera diganti.

#3. Muncul retakan pada ban

Jika muncul retakan pada ban itu tandanya anda harus segera mengganti ban mobil dengan yang baru. Munculnya retakan pada ban mobil bisa diakibatkan oleh banyak hal, namun umumnya retakan ban muncul karena karet ban sudah terlalu keras dan tidak lentur lagi seperti saat ban masih baru. Jika ban mobil seperti ini masih digunakan untuk berkendara, dikhawatirkan ban tidak akan kuat lagi saat terkena panas gesekan aspal.

#4. Ban mobil bopeng

Tanda ban mobil harus segera diganti selanjutnya adalah adanya bopeng pada ban mobil. Bopeng atau lecet pada ban ini biasanya terjadi karena ban mengalami benturan keras dengan batu atau jalanan yang berlubang. Kondisi ban seperti ini sebenarnya masih bisa digunakan, akan tetapi kondisi ban yang sudah tidak sempurna tersebut berpotensi menjadi masalah karena ketahanan setiap sisi ban tidak lagi seragam. Jadi ada baiknya jika ban mobil anda bopeng segera anggarkan untuk membeli ban mobil baru.

#5. Muncul benjolan pada ban

Benjolan pada ban biasanya terjadi lantaran serat nilon atau kawat pada sabuk ban yang putus. Selain sudah tak kuat lagi menahan beban berat, benjolan juga bisa meletus jika mobil tetap dipaksakan melaju. Jika ini terjadi, dikhawatirkan mobil akan tergelincir dan membuat kerusakan yang lebih parah lagi.

Itu dia beberapa tanda ban mobil harus segera diganti. Tak bisa dipungkiri bahwa kondisi ban mobil sangat penting bagi kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Jika ban sudah tidak layak digunakan namun tidak segera diganti, resiko yang lebih buruk dikhawatirkan bisa terjadi kapan saja. Maka dari itu segera ganti ban mobil anda yang kondisinya sudah tidak layak untuk digunakan.

Sumber: https://otospector.co.id/cek-mobil-bekas


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com