Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Eksplorasi Keindahan Kampung Jodipan, Desa Warna di Tengah Kota

tomiramdana
tomiramdana, pada 29 April 2023, 11.18
di Blog

Salah satu tempat wisata populer di Malang adalah Kampung Warna Warni Jodipan atau yang juga dikenal sebagai Kampung Tematik Penuh Warna. Dahulu, tempat ini merupakan perkampungan yang kumuh, namun sekarang sudah berubah menjadi salah satu tempat paling ramai di Malang.

Di sini, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas menyenangkan, terutama berburu spot untuk mengambil foto yang cantik. Kampung Jodipan atau yang sering disebut sebagai Kampung Pelangi, adalah sebuah kampung yang terkenal di kota Malang. Kampung ini banyak dikunjungi oleh wisatawan karena mereka tertarik dengan beragam warna rumah yang ada di kampung 3D.

Wisata Kampung Kreatif ini terletak di luar kota, tetapi mudah dijangkau oleh para wisatawan. Tepatnya berada di atas aliran Sungai Brantas di Kota Malang. Kampung ini hanya berjarak 500 meter dari Stasiun Kota Baru Malang dan 900 meter dari Alun-alun Tugu Malang.

Sejarah Kampung Warna Warni Jodipan

Sejarah Kampung Warna Warni Malang dimulai sebagai kampung yang sangat kumuh dan tidak terawat. Bahkan bisa masuk dalam 11 kampung terkumuh di Indonesia. Bahkan, lokasi kampung ini pernah akan digusur dan warganya akan dipindahkan ke rumah susun.

Namun, solusi datang dari beberapa mahasiswa Universitas Muhammadyah Malang, jurusan Ilmu Komunikasi yang sedang melakukan praktik. Mereka berhasil mengubah kampung ini menjadi perkampungan yang unik dan indah dipandang. Setelah kampung ini dicat, Wali Kota Malang menetapkan Kampung Jodipan sebagai objek wisata yang ada di Malang.

Main ke kota Malang bisa kemana aja? Cek destinasi lengkapnya disini

Keistimewaan Kampung Warna Warni Jodipan

Kampung Jodipan bukanlah sekadar rumah yang dicat dengan banyak warna, melainkan juga diisi dengan berbagai lukisan 3D seperti hiu, ikan, kupu-kupu, sayap burung, dan banyak lukisan lain yang membuat wisatawan dapat berfoto bersama dengan lukisan yang tersedia.

Di sini juga terdapat spot foto jembatan kaca yang dapat menambahkan estetika di media sosial Anda. Kampung Jodipan atau Kampung Warna Warni ini mirip dengan Wisata Gamcheon Culture Village yang ada di Korea. Jadi, Anda tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, cukup datang ke Kampung Malang.

Adanya kampung wisata ini memiliki dampak yang sangat positif bagi masyarakat sekitar, meningkatkan ekonomi masyarakat dan membantu membuka peluang usaha baru seperti toko, souvenir, dan jualan makanan. Selain itu, banyak lahan parkir yang dibuka bagi pengunjung yang menambah pendapatan baru bagi masyarakat sekitar.

Bagaimana dengan penikmat kuliner? Tak perlu khawatir, di lokasi wisata ini sekarang sudah terdapat banyak tempat kuliner, seperti food court. Di food court ini, para pedagang menjual makanan-makanan seperti bakso, gorengan, es krim, dan makanan ringan lainnya.

Spot Foto Menarik Kampung Jodipan

1. Jembatan Kaca Ngalam
Satu spot yang wajib dikunjungi oleh para wisatawan adalah Jembatan Ngalam. Jembatan ini merupakan penghubung antara Kampung Jodipan dan Kampung Tridi. Panjangnya mencapai 25 meter dan tingginya sekitar 8 meter dari permukaan sungai Brantas di bawahnya.

Jembatan Ngalam adalah jembatan kaca pertama di Indonesia. Meskipun tidak sepenuhnya terbuat dari kaca, hanya bagian tengahnya yang terbuat dari material tersebut. Tak perlu khawatir mengenai keamanan, jembatan ini memiliki daya tampung hingga 50 orang dengan beban maksimal 250 kg.

Berfoto sendiri atau berfoto bersama teman-teman bisa dilakukan di atas jembatan ini. Melalui foto di atas jembatan, pengunjung juga dapat melihat sudut pandang yang lebih luas dan melihat betapa warna-warni Kampung ini.

2. Kampung Tridi

Kampung Tridi juga memiliki lukisan yang menarik dan keren. Lukisan-lukisan tersebut dibuat oleh warga sekitar yang memiliki pengalaman dalam melukis dan menggambar. Beberapa lukisan yang terdapat di sini meliputi hiu, kupu-kupu, sayap burung, dan ikan.

Lukisan 3D ini menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan untuk berkunjung ke Kampung Tridi. Banyak dari mereka yang menggunakan lukisan-lukisan ini sebagai latar belakang untuk berfoto. Ya, tentu saja sebagai koleksi foto di media sosial mereka.

3. Tangga Warna-warni

Kampung ini terletak di lereng atau pinggiran sungai Brantas, sehingga memiliki banyak tangga yang menghubungkan jalan antar kampung. Para pemuda kreatif mengambil kesempatan untuk memberikan warna yang berbeda pada setiap anak tangga.

Dari penambahan warna ini, terciptalah pemandangan yang sangat indah dan penuh warna. Banyaknya warna yang menghiasi tangga ini, membuat tangga ini menjadi sangat indah untuk diabadikan.

Main ke air terjun terbaik di Jawa jujugan wisatawan mancanegara: Tumpak Sewu

4. Dinding Berwarna-warni

Keinginan warga untuk mengecat dinding rumah mereka dengan beragam warna membuat dinding-dinding di kampung ini memiliki banyak variasi warna. Adanya berbagai warna membuat kampung ini terlihat indah dan segar. Pemandangan ini sangat direkomendasikan sebagai spot foto yang indah dan sangat cocok untuk koleksi foto Anda.

Lokasi, Jam Buka & Tarif

Kampung ini berada di Jl Jodipan, Gang 1, Kesatrian, Blimbing, Kota Malang. Kampung ini sangat dekat, hanya berjarak 500 meter dari Stasiun Kota Malang. Jika dari Alun-Alun Kota Malang, jaraknya 2 km.

Jam buka Kampung Warna-warni adalah dari pukul 06.00-18.00. Tarif tiket masuk untuk menikmati wisata cukup murah, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 3000 saja per orang. Anda juga akan mendapatkan souvenir lucu dari karya warga setempat.
Untuk tiket parkir, motor harus membayar Rp. 2000, sedangkan mobil/bus harus membayar Rp. 5000 hingga Rp. 15.000.

Cara Menuju Kampung Jodipan

Dengan menggunakan transportasi umum seperti angkot dari terminal Landungsari, Anda bisa menggunakan angkot ABG, AJG, dan AMG dan turun tepat di depan kampung Jodipan.
Jika Anda berada di Stasiun Kereta Malang, Anda tidak perlu menggunakan angkutan umum karena lokasi kampung ini sangat dekat dengan stasiun. Anda hanya perlu berjalan kaki selama 5 menit untuk mencapainya, dengan jarak sekitar 500 meter dari stasiun ke arah timur.

Tersedia Fasilitas Umum

Tempat wisata kampung warna-warni ini terletak di perkampungan warga dan sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas umum seperti toilet umum, kios, mushola, warung makan, dan tempat parkir.

Tips Mengunjungi Kampung Warna-warni Jodipan

Berikut adalah beberapa tips yang perlu dipertimbangkan saat mengunjungi kampung ini:

• Bawalah payung atau topi, karena objek wisata ini bersifat outdoor dan selalu ada kemungkinan turun hujan.
• Untuk menghindari kerepotan dalam memarkir kendaraan, sebaiknya naik taksi online. Meskipun tersedia lahan parkir, tetapi pada musim liburan lahan parkir ini sangat padat.
• Pastikan untuk memakai sepatu yang nyaman karena kamu akan harus naik dan turun tangga. Pastikan bahwa alas kaki yang Anda pakai tidak akan menghalangi gerak Anda.

Itulah beberapa informasi mengenai wisata Kampung Jodipan atau Kampung Warna-warni Malang yang dapat menjadi panduanmu selama berlibur di sana. Jangan lupa untuk membawa kamera terbaikmu!

Jadi, kapan Anda akan berlibur ke Kampung Warna-warni Jodipan ini? Jika sudah berlibur ke sana, jangan lupa untuk membuang sampah pada tempat yang sesuai untuk memastikan kelestarian kampung tetap terjaga dan selalu ada wisatawan yang datang. Salam dari kota Malang, Indonesia.

Info Trip ke Bromo start Surabaya terbaru 2023, itinerary dan fasilitas

Sumber: https://jalankebromo.com/


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com