Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

KARTU SINGAPORE TOURIST PASS ( STP) DAN KARTU EZ-LINK

muhammad.iqbal
muhammad.iqbal, pada 13 Juni 2013, 14.44
di Blog

:sayhi:

Singapore Tourist Pass (STP) adalah kartu pass yang bisa anda gunakan untuk menaiki transportasi umum di Singapura secara tak terbatas. Anda cukup membeli kartu ini, dan anda bisa naik angkutan umum MRT, LRT serta bus berulang kali tanpa membayar lagi.

Kartu ini didesain untuk turis yang tinggal di Singapura selama 1-3 hari saja.

Ada beberapa pilihan berapa hari kartu tersebut dapat digunakan. Anda dapat memilih 1,2, atau 3 hari. Bila anda tinggal 2 hari di Singapura, anda cukup membeli kartu 2-Day Pass, maka dalam dua hari tersebut anda bebas naik angkutan umum tanpa perlu bayar lagi.

Harga Singapore Tourist Pass
Anda bisa membeli kartu STP ini di counter-nya langsung atau pesan lewat internet. Beli di counter Beli lewat internet
1 Day Pass $10 $20
2 Day Pass $16 $26
3 Day Pass $20 $30

Pembelian STP di counter menggunakan sistem sewa kartu. Anda harus mendepositkan uang $10, yang akan dikembalikan ketika anda mengembalikan kartu STP. Jadi pada saat beli di counter ada tambahan $10 sebagai uang deposit atau sewa kartu.

Bila dalam 5 hari anda mengembalikan kartu tersebut, maka uang $10 bisa anda ambil. Bila tidak dikembalikan, maka kartu menjadi milik anda dan dapat diisi ulang seperti kartu EZ-Link biasa.

Tempat Beli Singapore Tourist Pass

Hanya counter-counter tertentu saja yang melayani penjualan STP. Tidak semua stasiun menyediakan kartu ini. Jadi hanya di counter-counter ini anda bisa membelinya:Changi Airport 12:00 pm – 03:45 pm
& 04:45 pm – 07:30 pm Daily
Orchard 10:00 am – 09:00 pm Daily
Chinatown 12:00 pm – 03:45 pm
& 04:45 pm – 07:30 pm Daily
City Hall 09:00 am – 09:00 pm Daily
Raffles Place 08:00 am – 09:00 pm on Weekdays
08:00 am – 05:00 pm on Saturday
Closed on Sundays and Public Holidays
Ang Mo Kio 08:00 am – 09:00 pm Daily
HarbourFront 10:00 am – 09:00 pm Daily
Bugis 10:00 am – 09:00 pm Daily

Kartu STP Kadaluarsa

Durasi kartu STP dihitung dari anda beli kartu, sampai transportasi umum tutup tengah malam. Jadi bila pada pukul 16.00 anda beli 1 Day Pass, maka kartu anda valid dari pukul 16.00 sampai tengah malam pada hari itu juga.

Bila kartu anda expired, maka anda dapat membeli lagi kartu di counter-counter di atas. Kartu yang sudah lewat 5 hari dari tanggal pembelian tidak dapat dikembalikan lagi deposit uangnya.

Bila anda tidak mau membeli lagi, anda bisa melakukan top-up di mesin-mesin tiket sebagaimana kartu EZ-Link.

Apa Beda STP dan EZ-Link Card?

STP dan EZ-Link adalah produk dari perusahaan yang sama. STP lebih ditujukan untuk turis, sedang EZ-Link lebih ditujukan untuk orang yang tinggal lama di Singapura. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di Kartu EZ-Link Card.

Sebagai turis, anda bisa membeli salah satu. Bila anda tinggal di Singapura selama 1-3 hari saja anda bisa membeli STP. Bila anda tinggal di Singapura lama, atau sering ke Singapura, atau berencana kembali lagi ke Singapura lain waktu, kartu EZ-Link cocok buat anda.

Sistem STP adalah sistem sewa, jadi bila dihitung-hitung relatif lebih murah bagi turis daripada beli EZ-Link.

Cara menggunakan Singapore Tourist Pass

Selama masih berlaku, penggunaan STP sama seperti kartu EZ-Link. Anda tinggal men-tap kartu ke mesin sebelum anda memasuki stasiun atau bus. Pada saat keluar stasiun atau bus anda wajib men-tap kartu lagi agar biayanya dihitung sempurna.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com