Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Gua Kiskendo Kendal

Gravity Bind
Gravity Bind, pada 22 Juni 2013, 2.40
di Blog

Jika anda adalah seorang pecinta gua dan senang dengan aktivitas speleologi, karsiologi dan caving atau Anda hanya ingin menikmati kesejukan keindahan alam ekosistem gua, maka gua ini perlu Anda coba untuk jelajahi. Namanya Gua Kiskendo. Berada di Desa Krayu, Kecamatan Singorojo, Kabupaten Kendal, atau sekitar 24 kilometer dari ibu kota Jateng, Semarang. Di antara jajaran bukit dan lembah yang sejuk terdapat Gua Kiskendo yang sangat menarik dan menyimpan banyak keindahan dunia goa.

Hawanya sejuk karena berada di daerah perbukitan. Begitu memasuki kawasan Gua Kiskendo, pengunjung bakal melihat pintu gerbang gua yang demikian lebar dan besar. Pada hari Sabtu dan Minggu biasanya ramai dikunjungi oleh muda mudi. Gua ini terbentuk selama berabad-abad akibat tetesan air yang turun kebawah. Disini ditemukan pula stalagmit dan stalagtit. Kalau kita melangkah jauh kedalam, pada bagian ujung gua bakal dijumpai sungai yang mengalir, menembus perut bumi.

Terdapat larangan mandi di sungai, namun pada saat air tidak pasang banyak juga warga sekitar yang mandi disini. Airnya terasa sejuk dan menyegarkan. Setelah menyusuri jalan setapak yang berbatu, pengunjung mulai memasuki mulut goa yang cukup curam. goa-goa kecil seperti Goa Lawang, Goa Pertapaan, GoaTulangan, Goa Kempul dan Goa Kampret. Mengalirnya anak sungai yang membentuk cekungan di dalam goa menambah sejuk dan indah suasananya. Cekungan anak sungai ini dikenal dengan sebutan KedungJagan.

Namun bagi Anda yang ingin berwisata speleologi tetap harus memperhatikan Safety Operational Prosedur (SOP) karena pada tahun ini saja sudah banyak korban dari aktivitas caving yang meninggal dunia. Tidak hanya menawarkan keindahan, kesejukan dan pemandangan alam yang eksotis saja namun Gua ini juga bisa untuk berlatih panjat tebing karena memang ada bagian dari gua ini yang biasanya digunakan untuk jalur pemanjatan. Terasa lengkap objek wisata alam ini.

Namun nasib dari banyaknya wisatawan yang datang ke gua ini membuat kebersihan tempat dari sampah menjadi tidak terlalu diperhatikan. Banyak sampah berceceran di setiap sudut tanah wisata gua ini. Ini menjadi pekerjaan rumah bagi kita semua untuk sadar diri menjaga kelestarian alam Gua Kiskendo. Gua ini tidak hanya sekedar tempat yang penuh dengan keindahan namun juga adalah kunci dari keseimbangan ekosistem yang ada di kawasan sekitar gua.
Oleh karena itu habitat dan ekosistem gua harus tetap dijaga agar sendi-sendi alam yang ada di Gua Kiskendo tetap terjaga dan dapat dinikmati oleh anak cucu kita nanti.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com