curhat bagpacker ke pulau bonerate(sulawesi selatan)

popow
popow, pada 13 Juli 2011, 20.49

Pulau bonerate merupakan kepulauan di Sulawesi Selatan letaknya sangat bawah loh, tinggal naik kapal satu hari dari bonerate kita sudah dapat sampai ke flores.

Tujuan saya ke pulau ini adalah untuk besilaturahmi ke keluarga yang belum pernah saya temui dari lahir dan juga untuk menelusuri jejak nenek moyang saya disana. Saya sudah merencanakan menuju ke pulau bonerate sudah lama sempat gagal karena terbentur kerja praktek,akhirnya 6bulan kemudian tercapai juga misi bervakansi ini.

11.02.2011

saya memulai perjalanan dengan dianter oleh ibu saya naik mobil ke bandara soekarno-hatta skitar jam 10 pesawat menuju bandara sultan hasanudin berangkat, jadi saya berangkat dari jam 5 sore karena jakarta disore hari pasti macet. Dan benar saja skitar jam 8 saya dan ibu saya baru sampai dibandara soekarno hatta,maceeet nya ganahan coy.

akhirnya saya ditinggal oleh ibu saya setelah sampai dibandara, dan petualangan saya pun dimulai. saya sendiri dibandara plangak plongok nyari tempat checkin karena saya malu bertanya saat itu. akhirnya setelah mondar mandir di depan loket check in saya pun menemukan tempat check in nya.

alhasil saya pun menunggu di boarding pass dan apesnya tuh pesawat ngaret untung saya bawa TTS jadi ada kerjaan sambil menunggu pesawat.ngehehe. tidak beberapa lama kemudian pesawat pun datang dan saya mulai mengantri untuk masuk ke pesawat, saya mengantri di belakang didepan saya orang asal irian jaya(pesawat transit di ujungpandang terus lanjut ke irianjaya) ga boong mereka berbau tidak sedap dihidung.uda gitu bawa tas gede2 bgt lagi kan mestinya ditaro dibagasi saya jadi lama dah ngantrinya karena petugas menyuruh mereka menaru tasnya di bagasi dulu.yang pasti pesawat nya beneran terbang ke makassar ko.

12.02.2011
saya tiba di bandara sultan hasanudin pukul 2 pagi WITA beda sejam loh sama jakarta, #saya ngomongnya ngablak aja yah cape juga sok sok formal #. nah kan gua nyampe makasar jam 2 malem tuh,pan dia beda sejam sama jakarta trus gua masih plangak plongok, untungnya ada temen disono namanya Rahmat Arham dia teman kampus saya sekelas juga,asik orangnya mulut sama idungnya kongkrit gedenya.ngahaha, semoga orangnya gabaca. akirnya abis salam2an sma mamat gua juga dikenalin sama temennya orang makasar juga.diajak dah tuh wisata kuliner jam 2 pagi. makan nasi SONGKOLO kya nasi ketan trus dilumurin kelapa parut sama lauknya ikan teri, lumayan enak.abis makan krmhnya mamat dah tuh dijalan pengayoman makasar.

Bus ke selayar berangkat jam 8 pagi dari terminal maleangkeri dan karena gua kecapean gua, tidur gua pun bablas sampe jam 9 langsung dah tuh makan mandi berangkat ke terminal.nyampe terminal ditemenin mamat sama jaka(temenya mamat,jago bahasa makasar yaialah orang makasar)..ehhh busnya uda berangkat alhasil gua naik panther,ngebut sih ngebut cuma ngeselin masa dikasi harga 2rtsribu buat ngejar bus trus naik lagi kebus bayar lagi.pokonya tuh supir ngeselin bgt dah gua di bikin nyesel ga bayar dia 2rtsrbu buat ngejar tuh bis,trus dia bilang bayarnya 25ribu pertama nyampe bentaeng.ehh malah gua dianterin sampe bulukumba bayar 75rbu bangsat bener dah tuh supir.dari bulukumba gua naik angkot sampe bira.

sesampenya dibira uda da tuh gua diturunin sama abang angkot di pelabuhanya dia bilang kalo kapalnya lewat nginep aja semalem di warkop, yauda dari pada nginep dihotel bayar 2ratusribu mending di warkop modal beli indomi sama kopi doang..karena nyampe pelabuhan jam 5 gua pun suntuk dan akhirnya jalan kaki menuju pantai pasir putih di bira. karena ketakutan barang ilang gua bawa keril jalan kaki sejauh 1km dari pelabuhan menuju pantai. kebetulan disana ada mantanya mamat (si idung gede yang jemput gua di bandara (semoga orangnya gabaca(amin))) nama nya siti cuman di panggil tutut eehh ketemu da tuh abis poto2 sedikit dia pergi ninggalin gua, dan gua pun plangak plangak lagi dipantai bira nikmatin angin kenceng sama suara ombak sama suara orang2 disono banyak bgt, maklum soalnya malem minggu saat itu,gua pun balik ke pelabuhan jalan kaki sejauh 1km karena ditinggal ditutut dan akirnya gua plangakplangak dipantai.

Pas nyampe pantai berhubung ga ada kerjaan gua gelar lagi dah tuh TTS sambil nunggu ngantuk.tibadua ada supir truk nyapa dan orangnya masi muda. kita pun mulai mengobrol panjang lebar si supir truk menceritakan masa lalu nya sebagai anggota club mio, lalu kehidupan rumah tangganya sampai sampai dia mengambil foto keluarganya dan memperlihatkan ke gua, lalu dia membicarakan tentang perjalanan dengan truknya di daerah sumatra. kami sharing pengalaman. ternyata dia berada dipelabuhan sudah 3 hari di pelabuhan dan tujuanya adalah raha melalu pelabuhan di kabayna, saya diajak olehnya untuk ikut keraha dan saya ingin ikut juga kesana akan tetapi saya tidak tahu juga akan berapa lama di pulau bonerate. tidak terasa jam menujukan pukul 2 dan kami mulai bercakap dari pukul 7 dan kami pun tidur dia tidur ditruknya dan saya tidur diwarkop.

13.02.11
besok paginya gua bangun jam 8 untuung bgt padahal gua tidur jam 4, langsung mandi dan makan dan menuju loket di pelabuhan dan membayar Rp.20ribu untung menyebrang ke pelabuha pamatatang di pulau selayar. perjalanan di kapal selama 2 jam ketika sampai dipelabuha pamatatang saya pikir ada angkot atau kendaraan umum disana jadi ketika ditawari ojek saya sok acuh saat itu. ternyata ga adaaaa coooy, untungnya ada tukang ojek yang tibadua nawarin “dek ke benteng” kata si tukang ojek “brapaan bang?” kata gua “gocap” si abang ojek bilang “25 aja de bang”, kata gua “yauda naik” alhamdulillah.

sesampainya di terminal benteng di pulau selayar saya pun bercakap sebentar dengan si tukang ojek,lalu dia meninggalkan saya sendiri disana. #iningapabahasaguajadiformallagi oke jadi gua menghubungi saudara saya yang bernama irfan untuk menjemput saya di terminal karena sudah janjian sebelumnya.skitar setengah jam kemudian dia datang menjemput saya.akhirnya saya #ngapajadisayalagi akhirnya gua dibawa dah tuh ke kontrakanya. pas udah dikontrakanya disana ada saudara gua lagi yang sedang berkuliah di pulau selayar (universitas terbuka), namanya arif,ada juga wanita 2 orang saudara gua juga namanya dewi dan indah yang masih bersekolah di smk, dan novie . hanya sebentar kami berbincang saudara gua bernama irfan ngajak gua langsung berangkat ke dermaga karena mestinya kapal berangkat kemarin tapi karena yang punya kapal bibi gua jadi si kapten disuruh nunggu dulu sehari dah tuh.

pas udah nyampe dermaga langsung masukin tas dan yg lainya dadah-dadah sebentar langsung berangkat meninggalkan dermaga pukul 3sore kalo g salah. pertama-tama ombaknya masih kecil jadi gua rilek aja nikmatin perjalanan eeehh lamadua ombaknya mangkin gede karena saat itu gua fokus sama hp pas ngeliat ke depan rasanya kepala diputer2 terus perut dikocok2 hampir setengah jam dah tuh ngerasain diputer2 dan dikocok2.eeh ternyata ombaknya makin gede lagi gakuat gua turun kebawah da tuh karena mabok laut yang ga diperkirakan. meremin mata ketika kapal diguncang kuat sama gelmbang laut akhirnya bermimpi tuh, lg enakenaknya bermimpi disiram sama air laut soalnya gua tidur deket pintu kecil dan pintunya kebuka sedikit.buaah mabok lagi seketika diputer2 lagi dikocok2 lagi. akhirnya gua tidur lagi dengan terpaksa. tiba2 kapal tidak bergoyang sehebat tadi gua keluar kearah nahkoda kapal ternyata kapalnya berenti, saya nyari informasi kapal berenti dmana katanya si di laut apatana di ujung pulau selayar.

Kapal singgah sekitar pukul 7 malam di laut apatana ditengah laut lagi..hidiih bener2 ga ada kerjaan.dan untungnya ada yang bawa laptop dan nyetel film, nonton dah tuh film ninja, sampe jam 11 akhirnya gua ktiduran setelah berbincang sama irfan dan kakek2 tua.

14.02.2011
Kapal mulai melaju menerpa ombak sekitar pukul 2,untung gua ketiduran jadi g ngerasain goncanganya lagi deh. sayup sayup anginya ketika kapal melaju menuju pulau bonerate karena angin yang sayup gua tidur lagi, gua kebangun ketika pulau bonerate terlihat dari kejauhan yang masih ditutupi oleh embun-embun, walaupun sudah terlihat, perjalanan kesana cukup lama karena ketika gua terbangun jam masih menunjukan pukul 12 siang.sehingga gua kembali bercengkerama dengan orang2 dikapal membicarakan tentang budaya di pulau bonerate. gua ngobrol sama sama ibu2 disana menggunakan bahasa indonesia dia bilang dipulau bonerate itu kebudayaan paling melekat adalah pengaru seperti menusukan badik atau golok atau pisau ke badan, dan ada juga yang berjalan diatas bara serta pencak silat pun ada juga disana , beh kalo kata gua mah sama kaya debus yang ada di banten.

saking asik nya bercakap tidak terasa kapal sudah masuk kedermaga dipulau bonerate dan salah satu asisten kapal meloncat ke laut sambil membawa tali untuk menarik kapal agar menepi di dermaga. Dermaga bonerate terlihat baru saja selesai dibangun, dan ketika kapal Jabal Rahmah menepi ada seorang pria di dermaga yang tampak nyariin gua dan benar saja gua langsung dipanggil nya dan langsung dipeluk eraaat banget padahal gua gatau dia siapa.

Pelukanya erat banget pipi gua juga dicium sama pria itu, dan akhirnya dia mengenalkan dirinya namanya adalah usman, paman Usman gua cuman bilaang oooh.soalnya masih asing bener gua dipulau bonerate. setelah itu barang2 gua diambil dan ditaro dimotornya irfan juga ada ikut gua karena dia sodara gua, yaialah. motor pun melaju meninggalkan kapal Jabal Rahmah milik bibi marwah dan paman rajab, sampe2 gua belom sempet ngucapin terimakasih sama nahkoda dan para awaknya, digiring dah tuh gua ke Sapo/Rumah nya nenek Bungko. Sesampainya disana Subhanallah banyak banget orang gua gatau itu siapa ajaa. pas turun dari motor langsung dah banyak tangan sama muka nyamperin gua, gua salamin aja satu satu, ada juga yang meluk gua erat juga dari nenek2/kakek,bapak2/ibu2,abang2/embak2, bocah2,sampe anak bayi pun ada disitu nyalamin tangan gua. Berasa artis gua sejenak,haha.

sehabis salam2an didepan rumah nenek Bungko gua diajak masuk ke dalem rumah, semua orang juga masuk sampe rumah kerasa panas bgt,keringet ngucur mana belom mandi lagi seharian dari kapal iya loh lengkap dah tuh perasaan, banyak yang ngajakin ngobrol tapi gua belom faham bahasa bonerate mereka memakai bahasa buton cuman sudah ada percampuran juga sedikit dengan bugis, kata mereka sih begitu.dan setelah berbincang-bincang sedikit di rumah nenek bungko gua disuruh mandi, alhamdulillah dalem hati. abis mandi gua balik lagi ke rumah nenek bungko, dan gua disuruh makan dikasih SONGKOLO lagi dan cumi mantaapp.

selanjutnya biar gambar yang bercerita

Rincian biaya

Jakarta-Makassar /pesawat = Rp. 500.000

(karena ketinggalan bis yg langsung ke selayar,kalo dapet bis jam 7 pagi di terminal malaengkeri paling kena 100.000)

Makassar-Bulukumba / Panther = Rp. 70.000

byteeater
byteeater Hero
pd. 14 Sep. 2012, 9.13

mantap dah,, god save the traveler :jempol:

hnfkzwnwt
hnfkzwnwt Jr.
pd. 13 Sep. 2012, 12.22

saya bentar lagi mau jadi penghuni pulau Buton nih mba..

benuabiru
benuabiru Newbie
pd. 3 Okt. 2011, 22.42

hehe. perjalanan unik. ajak2 dunk!