Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Sunyinya Pulau Tikus (Bengkulu-Indonesia) Serasa Pulau Sendiri :P

Imanuel Simin
Imanuel Simin, pada 18 Agu 2013, 6.29
di Blog

Salam Kaki Panjang Kawan..!!

Kesempatan libur lebaran ini saya dan teman2 berkunjung ke PULAU TIKUS Bengkulu, pulau kecil tempat berdirinya sebuah mercusuar di perairan samudra hindia yang luasnya cuma 0,8 hektar yang dahulunya berluas 2 hektar lebih, tapi seiring terjadinya abrasi maka setiap tahun pulau ini menyusut sampai akhirnya tinggal 0,8 hektar aja tahun ini, dan diperkirakan gak lama lagi pulau ini akan tenggelam / hilang (hiks) Diisebut pulau tikus tapi di pulau ini sama sekali gak ada tikus, ada juga banyak kucing T_T tapi konon katanya awal mula kucing itu bisa ada dipulau karena tanpa sengaja terbawa oleh kapal nelayan, sampai akhirnya kucing tersebut berkembang biak dan memakan habis tikus2 di pulau (wakwkkawak).

Pasir putih yang indah, bebatuan karang, serta air laut yang biru dan tenang disajikan oleh Pulau Tikus.. tanpa keramaian seolah2 pulau milik sendiri hehehe..

Keindahan bawah laut Pulau Tikus juga menggoda, kita bisa snorkeling sambil liat ikan-ikan kecil nan cantik dan karangnya pun gak kalah sama pulau2 lain di indonesia. Tapi sayang karena pulau ini sangat kecil sehingga spot untuk snorklingnya juga tidak terlalu banyak, di tambah dengan aktivitas nelayan "nakal" yang sering menangkap ikan dan mengambil terumbu karang secara ilegal di pulau ini sehingga mengganggu ekosistem bawah lautnya.

sayangnya pulau ini kurang mendapat perhatian dr pemerintah setempat, sehingga kurang mendapat publikasi dan tujuan wisata utama di bengkulu.. tur guide dan pengurusnya pun seadanya saja.. sehingga membuat pulau ini menjadi Salah satu Pulau cantik di indonesia yang harusnya menjadi potensi wisata yang menguntungkan tapi kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah..

tapi paling tidak saya dan kawan2 sudah pernah menginjakkan kaki di pulau ini, pulau yang suatu saat nanti akan hilang dan hanya akan menjadi cerita dan kenangan..


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

rheadrina
rheadrina
rheadrina Sr.
pd. 19 Sep. 2013, 8.59

:sayhi: Salam ransel

salam kenal semua, kebetulan aku tinggal di Bengkulu dan udah 2 kali ke pulau tikus hehe... view di pulau tikus emang oke bgt. cantik! Bagi yg mo ke nyebrang ke sana bisa menggunakan agen tour yg kantor reservasinya ada di deket benteng malborough. Budgetnya 250rb untuk full paket di hari weekend, 200rb di hari biasa dan 350rb kalo nginep di pulau.

Suka 0
Udeh Nans
Udeh Nans
Udeh Nans Newbie
pd. 24 Agu 2013, 9.36

Sama kek atas ane, nunggu info rute, dan minimal cost kalau mau kesana hehehe

Suka 0
ArieAcol
ArieAcol
ArieAcol Pro.
pd. 22 Agu 2013, 14.51

Salam ransel

:sayhi:

Wooooowwwww.....kereeennnn tempatnya mas bro :jempol:

Mas bro share dong budget sma rute menuju pulau tikus dri kota bengkulu :victory:

ditunggu mas bro infonya :jempol: makasih sebelumnya mas bro udh share pulau tikus :D

Suka 0

© backpackerindonesia.com