Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Introduction+first step to have Eurotrip

inggiinggita
inggiinggita, pada 9 Nov. 2013, 6.03
di Blog

Halo sebelumnya!!!

Nama saya Inggita Arundina, saya saat ini kuliah di Berlin, Jerman, dan amat sangat suka traveling, khususnya backpacker-an. Selama ini saya sudah keliling Eropa dengan modal tipis dan jalan-jalan seadanya. Mulai bawa rice cooker sendiri, hilang paspor, nginap di rumah orang, dan lain lain. Saya amat sangat ingin berbagi postingan saya...
Saya sendiri bisa dibilang blogger dan suka menulis pengalaman saya, blog saya adalah inggiinggita.blogspot.com , tetapi disini saya ingin menjelaskan bagaimana kalian bisa ke Eropa.. dengan modal backpacker tapi tetap mendapatkan kenikmatannya. Karena saya sendiri, ya...mungkin masih muda, lebih suka mengeksplor sendiri, daripada ikut tur yang harus sesuai dengan jadwal.
Oke mulai aja ya:

saya tau yang paling ngemalesin ke Eropa itu adalah :
1. Bikin Visa
2. Tiket Pesawat Indo - Eropa - Indo nya lagi.

Mungkin untuk hal yang nomor 1 kita bisa ngakalinnya. Ini untuk kalian yang tinggal di Indonesia, kalau mau ke Eropa, mending kalian cari teman-teman kalian yang mungkin studi disini. Karena mereka bisa ngasih VISA UNDANGAN untuk kalian yang tentunya lebih cepat dan gampang untuk dapetin visanya. Contoh, kalian punya teman di Jerman atau Perancis ( saya yakin banyak banget students Indonesia yang belajar di 2 negara ini ), minta mereka untuk undang kalian dengan menyuruh mereka juga meng-scan data-data mereka yang diperlukan di embassy di Indonesia. Such as: paspor, visa mereka, bukti tempat tinggal mereka disana, tempat universitas mereka. Dengan membawa surat undagan dan data data mereka, bakal memudahkan kalian untuk apply visa. Apply Visa di kedutaan Jerman, kalau ngga salah sekitar 60-80 € dan kalian juga harus punya travel insurance. Untuk lebih detailnya, silahkan cek website nya.

Perihal nomor 2, ini aga susah susah gampang. Saya saranin mungkin pakai pesawat penerbangan timur tengah, such as Etihad, Emirates, Turkish, ataupun Qatar karena pesawat pesawat ini kadang suka ngasih penawaran yang oke punya. Plus dikasih makan terus di pesawatnya dan bagasinya up tp 30 Kg kecuali Qatar yang cuma 23 Kg. Dan kalau kalian punya kartu ISIC student, kemungkinan kalian dapat murah dengan mencari pesawat di webnya tersebut. http://www.isic.org/ coba buka link ini dan daftar untuk menjadi anggota ISIC ( International Student Identitiy Card ) yang nantinya bakal berguna banget kalau kalian di Eropa nanti. Kalau kalian punya kartu ini bisa dapet banyak potongan, such as kalau ke Museum, Hostel, Makan, dll.

Okei what else ? Eropa itu adalah benua 4 musim, jadi sebaiknya cek cuaca sebelum kesini. Sekarang uda ga bisa nentuin mana bulan bulan dingin dan yang ngga.. Yapp udah aga ngaco. Tapi kalo saya saranin jangan kesini pas lagi Winter. Ya.. mungkin dari kalian pingin liat salju, tapi believe me... Jalan jalannya jadi ga enak. Kadang kereta bisa ga jalan karena ketutupan salju, kalian keluar juga kedinginana, bawa coat juga tebel dari Indo buat dimasukkin di koper. Bulan-bulan yang enak itu mungkin Maret akhir-Mei dan September-awal Oktober(ini kalo mau masih ngerasain sejuk sejuk gitu, sekitar 10-20 derajat), dan Summer sektitar Juni-Agustus, tapi diperkirakan tiket akan lebih mahal karena di Eropa juga sedang liburan. Tapi ya paling cocok ini sih. Tergantung kalian lebih suka yang panas-panas (tentunya ga sepanas indo, walaupun derajatnya hampir sama) atau yang sejuk sejuk gitu.

Untuk penginapan, banyak jenis jenisnya.. Kalian bisa di hotel, hostel, ataupun nginep di apartemen orang yang emang disewain untuk kita. Kalian bisa cek di website ini:
1. booking.com
2. hostelbookers.com
3. airbnb.com

nah ntar kalian bisa ngatur budget kalian berapa untuk menginap, ntar web nya bakal nyediain buat kalian mana yang cocok untuk kalian. Dan ingat kalau kalian ber3, jangan cari hotel untuk ber2. Karena disini ngga boleh kaya gitu, kalau ber3 ya bertiga, ga bisa tiga diduain :))) Lalu airbnb itu adalah apartemen yang disewain untuk nginap juga. Ini lebih enak jatuhnya ya karena kita biasanya dikasih sarapan juga dan kita bisa masak di dapurnya. Jadi bisa menekan biaya makanan juga. Di beberapa hostel juga nyediain dapur bersama gitu, tapi ngga semua hostel. Kalau ada yang pilihan kaya gini, mending pilih ini aja. Dan cari tempat penginapan yang dekat dengan transportasi umum, ini yang penting. Cek di google maps untuk jauh dekatnya dari dan ke stasiun.

Untuk book ticket pesawat, kalian bisa coba di
1. ryanair.com
2. easyjet.com

ini penerbangan antar eropa yang low budget. Tapi inget ini tanpa bagasi! kalau kalian mau tambah bagasi, berarti bayar lagi. Dan kalian cuma diperbolehkan bawa SATU TAS ke kabin pesawat, ga lebih. Maksimal 10 kg dengan besar maksimal seperti layaknya koper untuk kabin. Kalau kalian bawa tas tambahan, bakal disuruh masukkkin ke dalam tas kalian yang lebih gede. well maklum, ini penerbangan 'murah' tapi sejauh ini.. aman kok :D

Untuk book ticket kereta, kalian bisa langsung cari di google. atau kalian bikin eurorail, kalau kalian bener-bener naik kereta terus-terusan. Mereka punya berbagai tarif dan zonanya masing-masing. Saya sendiri ngga pernah make eurorail, karena saya ga begitu suka naik kereta kalau durasinya uda diatas 6 jam. Menurut saya bakal buang-buang waktu, but... its all up to you guys www.eurorail.com Misalnya kalo di Italy, kalian bisa cek di www.italiarail.com atau di Jerman di www.bahn.de

Kalau kalian jalan jalan di Jerman, ada namanya kalian itu numpang di mobil orang. Coba buka mitfahrgelegenheit.de . Jadi misalnya kalian mau dari Berlin ke München naik mobil, nanti ada jam jamnya pula, ntar tinggal janjian dimana dan jam berapa sama orang itu, dan ntar sebelumnya ada harganya juga, jadi kalian ga akan tertipu. Masalah aman atau ngga, selama ini saya sih aman aman aja.. Cari yang terverifikasi. Oh ya dan itu ga hanya mobil, ada juga terkadang kereta!! Dan ga cuma sekeliling Jerman. Ada juga sampai Amsterdam, Brussels, dan kota kota tetangga Jerman lainnya. Tapi, saya belum pernah sih kalau sampai ke luar negeri. Jadi 'numpang' ini bisa dijadikan salah satu opsi untuk travel kalian. Ntar di websitenya juga tertera, tinggal berapa kursi lagi yang tersisa untuk kalian tumpangin.

Saran: mending bawa baju ga usah banyak banyak dan siap siap untuk sering jalan.. :)) oh ya buat ngingetin, ini saya jalan-jalannya dengan low budgeting ya!! Ya sebenernya bisa aja kalau kalian nyewa mobil atau naik taxi.. tapi... kayanya seruan langsung 'terjun' ke kotanya daripada duduk di bus dan mandangin dari luar. Dengan itu, kalian juga bisa sambil belajar 'adat istiadat' di kota masing-masing. Dan hati-hati untuk dompet dan paspor.. ini krusial banget. Kalian cukup bawa fotokopi paspor dan visa aja. Paspor asli tinggal di hotel atau safe case hotel. Yang aman pokoknya. bawa duit secukupnya.. karena banyak yang 'nakal' juga..

So segini dulu ya cerita-ceritanya, nanti saya akan pos beberapa pengalaman backpacker saya lainnya. Terimakasih


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

inggiinggita
inggiinggita
inggiinggita Jr.
pd. 29 April 2014, 18.23

Nope ga semahal itu ko travel insurance nya, aga lebay kalo 30-50 jt. coba ke Allianz aja, kalo ga salah 2-3 juga. waktu itu mama saya 2x ksni, emang sgituan ko. dan ngga harus 100 juta salah satu caranya minta Visa Undangan dari temen km yang dluar negeri, itu bikin lbh gampang. Ngga bener kalo travel insurance lbh mahal dr tiket ;)

Suka 0
dwi gyara
dwi gyara
dwi gyara Newbie
pd. 27 April 2014, 16.30

Makasih infonya mbak Inggita,tp klo mo travelling ke eropa itu travel insurance-nya mahal,lebih mahal drpd flight ticketnya.aku lht di kedutaan jerman dijkt utk travel insurance Rp 30-50 jt,kata tmnku yg sdh ke Belanda juga hrs nunjukin bank account Rp 100 jt.Itu sudah menciutkan niat utk bisa berkunjung ke europe,mending cari sponsor semacam invitation yg bisa menjamin kunjungan ke eropa biar langkahnya mudah utk mendptkan visa.Atau ada solusi lain yg lebih mudah?
thanks. :sayhi:

Suka 0
William
William
William Pro.
pd. 13 Nov. 2013, 14.42

wahhh menarik blog nya dan berguna banget buat yg mau ke LN ,, :D :sayhi:

Suka 0

© backpackerindonesia.com