Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tips what to do in Paris! 4 hari 3 malam ala backpacker

inggiinggita
inggiinggita, pada 11 Nov. 2013, 6.30
di Tanya & Jawab

Paris, who's in love

Siapa sih yang ngga pingin ke Paris? Rasanya belum ke Eropa kalau belum ke Paris, ya kan? Paris is like a must city to go if you're planning to visit Europe. Untuk ke Paris sendiri kalian bisa naik pesawat ataupun kereta.. And for your information, Paris punya dua airport, Paris CDG dan Paris Orly.. Dan dua duanya so jauh.. Tapi paling jauh tetep Orly. Kalau kalian naik pesawat 'murah' bisa hampir dipastikan turunnya di Orly. Tapi ngga semuanya.. Kalau dari Berlin, kalian bakal tiba di Orly.. Tapi kalau dari Venice, tibanya di CDG ( pengalaman pribadi ) hehehe. Jadi hati hati kalau kalian dari tempat yang berbeda..dan mau beli tiket untuk dari dan ke airportnya.. Karena gue sendiri hampir salah beli.. Untung dicek kembali airportnya.

Kalau kalian dari CDG, kalian bisa naik kereta RER sedangkan dari Orly, kalian bisa naik kereta yang menghubungkan ke kereta umumnya ( karena kereta airport ini ngga bisa dipake dengan tiket biasa public transport nya paris ) ataupun naik bus yang menghubugkan ke stasiun kereta lainnya. Gue lebih menyarankan naik bus, bus nya ada di sebelah kanan kalian kalau keluar Orly.. Harganya 7€, kalau beli return ticket seharusnya lebih murah, tapi lupa berapa. Karena stasiun turunnya dengan cara naik bus lebih langsung ke city nya Paris, dibanding naik kereta yang lebih jauh. Ketika kalian tiba di airport, langsung ke tourist info untuk ambil peta Paris + peta metro nya. FREE!! Itu penting banget. Dan di peta metronya ada simbol tempat turis yang bisa ngebantu kalian untuk berpergian.

Sedangkan untuk naik kereta, kalian akan tiba di stasiun Gare du Nord ( kebanyakan )..

Public transportation Paris , especially Metro-nya lebih membingungkan, melelahkan daripada metro metro lainnya di eropa... Karena misalnya satu stasiun di Paris itu bisa dilewatin lebih dari 4 line yang berbeda.. Dan stasiun disana hampir ngga ada eskalator!!! Cuma di stasiun gede yang ada. Jadi kalau kalian bawa bawa koper hati hati buat ngangkat itu pakai tangga...dan tangganya banyak banget -,- Buat kalian pengguna android ataupun iphone, kalian bisa download apliskasi untuk metro dan bus di Paris, cari aja Metro Paris di search nya. Nah, jadinya sebelum kalian meninggalkan hotel, kalian bisa menggunakan wifi hotel buat ngecek2 line apa yang akan kalian gunakan dan catet baik baik. Catet jurusannya apa dan arahnya yang mana.

Penginapan!? Gue dulu nginap di hotel ibis montmartre.. http://www.accorhotels.com/de/hotel-0697-ibis-paris-montmartre-18eme/index.shtml . Cukup murah dan hotel yang kompatibel banget. Satu kamar buat bertiga, dan kalau kalian bertiga, seorang cuma 20€ per malam.. Tapi ini bukan hotel yang bagus kaya di Indonesia ya.. Tapi cukup untuk backpackeran lahh hehehe. Kalau mau yang lebih aga murahnya, ada hotel disebelahnya F1 Hotel http://www.hotelf1.com/gb/booking/map-search.shtml, sama satu kamar bisa bertiga tapi bedanya kamar mandinya diluar.. Tapi emang lebih murah, seorang bisa 15€ per malam. Ke stasiun nya aga harus jalan (ngelewatin jembatan layang), sekitar 800 meter. Ataupun ada stasiun bus terdekat dari situ. Kalau kalian keluar hotel, belok kiri, di bawah jembatan layangnya ada stasiun bus.

Untuk beli tiket, sebenarnya gue juga aga bingung, tiket apa yang harus kalian beli, karena dari semua tiket public transportation di Eropa, menurut gue tiket yang di Paris yang termahal. Waktu gue pergi bareng keluarga gue, gue beli tiket 3 harian.. yang kalau ga salah sekitar 40€ perorang untuk 3 hari tanpa tiket ke Disneyland dan Versailles. Nah pas gue sama pacar gue kesana, Ghazi, kita ini kan students... ehem.. jadi kita cukup celik untuk masalah tiket. Well ini gue ga menyarankan untuk kalian melakukan ini, tapi this is what we did. Jadi kita cuma beli tiket satu ddoang untuk seharian, jadi pas mau masuk kereta, kita dempet-dempetan buat masuk. Ataupun kita beli tiket yang buat 10 kali... Ini juga lebih murah sih dibanding kalian beli tiket yang 3 hari. Nah kalau kalian ke Paris pas weekend, beli aja tiket 'Jeune', tiket ini bisa dipakai sama kalian untuk kalian yang berumur sampai 26 ( atau 28 ) tahun.. Gue lupa pastinya, yang jelas ini lebih murah. Coba kalian cek ini di mesin tiket nya. Jangan beli di kios nya :D

Now... where to go?!?! Paris menurut gue tempat wisata yang banyak dikunjungin. Kalau kalian juga mau ke Disneyland dan Versailles, kasih waktu 4 hari 3 malam buat menikmatin semua. Gue bakal jelasin kemana-mana aja kalian baiknya pergi per hari!

Hari pertama, yah namanya juga Paris berarti kalian harus ke Menara Eiffel nya. Nah menara Eiffel ini kalau kalian turun stasiunnya ada dua macam, ada yang turun di atas, atau di bawah(taman nya), gue saranin kalau siang dari bawah aja, kalau malam baru dari atas, biar cantik nanti ada lampu lampu nya :) Nah pas siang, kalian turun di stasiun nya, kalau ga salah namanya Tour de Eiffel. Setelah itu kalian bisa ke Musee du Louvre ( duh maaf ya kalau penulisannya salah ). Musee du Louvre ini yang bentuknya kaya segitiga, museum ini yang di dalamnya ada lukisan monalisa. Kalau lupa kaya apa, mending coba nonton Da Vinci Code, ntar ada adegannya pas awal-awal ketika di Musee du Louvre. Datang kesini pas masih siang ya! Nah terus di sebrangnya ada gerbang kuda juga, seperti di Berlin ( kalau di Berlin bernama Brandenburger Tor ) tapi versi mininya, tapi cukup besar kok untuk difoto. Kalau kalian mau masuk ke dalam museum nya, kalian bisa dapet potongan harga kalau punya kartu student. Nah kalau kalian mau, di sebelah kanan dari Musee du Louvre ada mall.. bisa liat liat, ataupun hanya numpang pipis ( pengalaman.. hehehe). Setelah itu kalian bisa ke Champ Elysees ( s**t ga tau penulisannya yang bener apa nih.. tapi kira kira gitu yahhh ), yaitu gerbang nya Paris. Kalian cukup foto aja sih disitu. Terus ntar ada jalan panjang ke bawah gitu, kalian bisa jalan menelusuri itu dan liat liat toko-toko ataupun kalau mau beli. Nah ga jauh dari situ, ada Laduree macaroons terkenal dari Paris.. bisalah nyicipin dan nongkrong disana. Kalau kalian juga suka mobil gitu, disepanjang jalan banyak banget showroom mobil yang memamerkan keperkasaan body mobil mereka :D

Hari kedua, kalau kalian punya 4 hari 3 malam, kalian wajib kesini, yaitu Disneyland! Siapin tenaga buat ke Disneyland, makannya gue buat hari pertama ga begitu padat, biar take a break dulu. Karena kalau kalian ke Disneyland, akan lebih baik kalau kalian datang tepat waktu. Siapin tenaga yang cukup bahkan gue sebelum main, sampai sampai minum red bull biar semangat!! ( xixixixi). Kalian juga bisa beli online tiketnya untuk lebih murah ataupun on the spot dengan melampirkan student card, untuk didiskon. Karena gue suka wahana yang memacu adrenalin, gue saranin kalian ke studio nya dulu. Nah kalau ngantri nih, kalian bisa ngambil fast ticket di depan wahana yang kalian mau. Fast ticket yaitu kalian ga perlu ngantri, tapi datang ke jam yang tertera di ticket tersebut. The highlight dari studio sih, Tower of Terror! Ga cuma dipacu adrenalinnya juga, tapi effect nya dalam narasi ceritanya keren banget! wajib banget ini. Nah gue juga disini nonton stunt man show, keren kok! tapi cukup lama juga 1 jam. Tapi worth it banget. Ini nunjukkin gimana stunt man beraksi dalam film. Nah sorena, kalian bisa pindah lokasi ke park nya, mainannya ga seadrenalin studionya, tapi end of the night nanti bakal ada kembang api dan juga parade untuk menutup hari kalian di Disneyland! Setelah dari Disneyland, kalau kalian masih sanggup, bisa malamnya dinner di daerah Notre Dame, sambil liat Notre Dame buat foto-foto. Keren kalau malam. Di daerah Notre Dame banyak banget restoran yang bisa kalian pilih dan banyak menu pilihannya. Mungkin kebanyakan yang ditawarin di daerah ini adalah seafood-nya.

Hari ketiga, kalian take it easy aja, boleh bangun aga siang sekitar jam 10 terus berangkat sekitar jam 11 karena capek dong abis dari Disneyland... Nah kalian harus ke Versailles. Kalau kalian pernah tour dari Indonesia, pasti jarang banget atau ga pernah untuk dibawa kesini. Tempatnya emang aga jauh dari downtown nya, seperti Disneyland, tapi bagus banget. Untuk kalian yang students di Eropa, untuk masuk ke dalam istanaya, FREE! Kecuali untuk masuk ke dalam tamannya, yang gede BANGET itu, harus bayar. Nah yang dari indonesia, lagi lagi siapin aja student card nya, bisa dipake disini untuk dapat diskon. Versailles ini kalian bisa kesana dengan bus, kalau mau hemat, jadi ga perlu extra ticket lagi, tapi gue lupa bus nomor berapa, silahkan di cek di aplikasi metro paris. Jangan lupa sebelum ke Versailles untuk makan, karena di daerah sini ga begitu banyak restoran, cuma yang terpercaya hanyalah McD. Setelah itu kalian bisa ke Sacre Couer, viewnya bagus banget!!! Nah kalau kalian ngiranya untuk mencapai puncak Sacre Couer kaya ngemalesin gitu karena tangganya banyak banget, kalian coba jalan ke kiri pas mau masuk ke area nya, disitu ada 'kereta' yang ngebawa kalian untuk ke atas. Memakai tiket harian biasa udah bisa menggunakan 'transportasi' berguna ini. Lalu setelah dari sana, kalian ke jalan besarnya, lalu jalan ke arah bawah, kalian bisa foto di depan Moulin Rouge.. Ya sekedar foto aja, gausah masuk.. Nah.. to end your trip in Paris, pas malam kalian harus ke Menara Eiffel nya lagi tapi versi malam nya, jadi kalian ke arah atas, dan foto disana. Then its a wrapp!!!!

Untuk lihat lebih lengkap, bisa cek blog gue di inggiinggita.blogspot.com
Untuk foto-fotonya juga bisa lihat di http://inggiinggita.blogspot.com/2013/07/paris-who-in-love.html


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

slumb
slumb
slumb Newbie
pd. 14 Maret 2015, 6.51

Mudah mudahan punya duit yang cukup..... Bisa buat jalan2 ke paris

Suka 0
Dyah Putri Utami
Dyah Putri Utami
Dyah Putri Utami Newbie
pd. 14 Maret 2015, 2.34

Hi sist salam kenal..udah prnh kmana aja sist...hihi...

Suka 0
dinamakandina
dinamakandina
dinamakandina Newbie
pd. 6 Des. 2013, 12.27

niceeeeee share :aselole: doakan yah biar bisa menyusul inggita

Suka 0
Bapontar
Bapontar
Bapontar Jr.
pd. 17 Nov. 2013, 21.49

nice :jempol: lengkap banget,
kira2 budgetnya berapa ?

Suka 0
byteeater
byteeater
byteeater Hero
pd. 11 Nov. 2013, 17.21

keren! lengkap sering2 buka blog nya deh nanti :D nice share!

Suka 0

© backpackerindonesia.com