Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Cuma 150 ribu++, Mengintip 4 Pesona Wisata Garut selama 2 hari (Liburan Murah Meriah) Jilid II

JimmyBachdim
JimmyBachdim, pada 8 Des. 2013, 7.10
di Cari teman jalan

Start: 24 Jan. 2014, 17.00

rip ke garut super murah meriah balik lagi...
Karena trip jilid 1 totally gagal, dikarenakan tidak terpenuhinya kuota minimum, maka kali ini saya mengadakan trip lagi. Dengan konten yang sama tapi dikemas lagi dengan lebih baik, karena untuk mengantisipasi trip ini gagal lagi. Maklumi, saya masih newbie.

Trip kali ini masih sama, masih mengunjungi 4 objek wisata di Garut. Objek wisata yang dimaksud adalah Kawah Talaga Bodas, Puncak Darajat, Candi Cangkuang dan Kampung Adat Kampung Pulo.

Untuk trip kali ini saya mengemasnya jadi 2 pilihan;
1. Sharing Cost (SC)
rip ke garut super murah meriah balik lagi...
Karena trip jilid 1 totally gagal, dikarenakan tidak terpenuhinya kuota minimum, maka kali ini saya mengadakan trip lagi. Dengan konten yang sama tapi dikemas lagi dengan lebih baik, karena untuk mengantisipasi trip ini gagal lagi. Maklumi, saya masih newbie.
Trip kali ini masih sama, masih mengunjungi 4 objek wisata di Garut. Objek wisata yang dimaksud adalah Kawah Talaga Bodas, Puncak Darajat, Candi Cangkuang dan Kampung Adat Kampung Pulo.
Untuk trip kali ini saya mengemasnya jadi 2 pilihan;
1. Sharing Cost (SC)
2. Travel Cost (TC)
Untuk Biaya SC biayanya 150ribu++. Biaya ini termasuk biaya Transportasi Bandung -Garut PP, biaya masuk objek wisata, pajak dan transportasi selama di Garut. Kita berangkat hari sabtu pagi dan hari minggu siang sudah kembali di Bandung. Jadi yang udah kerja juga bisa ikutan.
Bedanya sama trip jilid 1 yang gagal adalah.... tidak ada anggaran buat penginapan.
What?!
Yup. Dulu saya dapat penginapan promo. Nah sekarang untuk penginapan engga bisa masuk anggaran. Ditambah tiket bis bandung-garut pp naik 5ribu sekali jalan. So, untuk penginapan sediakan uang masing2. Terserah, mau losmen yang harganya murah, atau hotel melati dengan kolam air panas yang berada di daerah Cipanas. Inilah yang saya maksud 150ribu++
Untuk peserta SC saya targetkan minimal 10 orang.
Bila kuota tidak mencukupi dan para peserta mau, saya tawarkan alternatif kedua yaitu Travel Cost (TC)

Sharing Cost (SC)
===================
Nampaknya banyak diantara teman2 yang udah tahu arti dari SC. Intinya, semua perjalanan saya yang atur dengan itinerary yang sudah fix.
Perincian Biaya untuk SC adalah sbb (dalam satuan rupiah, biaya per orang) :
Tiket bis Bandung - Garut PP : 40.000
Tiket Puncak Darajat : 25.000 (tiket weekend naik per 1 desember 2013)
Tiket Kawah Talaga Bodas : 5.000
Tiket Candi Cangkuang dan Rakit : 15.000
Konsumsi 2x : 20.000
Transportasi by angkot ke semua destinasi: 45.000
Sebelum masuk ke Intinerary perjalanan, seperti trip pertama, saya sudah siapkan data2 objek wisata yang akan kita kunjungi. Tak kenal, maka tak sayang, kan?
1. Kawah Talaga Bodas
Kawah Talaga Bodas adalah salah satu keindahan alam yang dimiliki kabupaten Garut. Kawah talaga bodas merupakan kawah gunung talaga bodas yang membentuk sebuah talaga (danau) bersulfur jenuh berwarna putih.Pertama kali memasuki kawah Talaga bodas merasa tidak percaya kalau Garut punya tempat seindah ini. Sebuah danau yang airnya berwarna putih, dikelilingi gunung yang rimbun dengan pepohonan. Menikmati kawah ini bisa dari berbagai sudut. Tak lengkap jika ke kawah talaga bodas tak mengelilingi dan menyusuri tiap sudutnya. Karena setiap sudut memberikan pemandangan yang luar biasa.Salah satu spot favorit adalah dekat kawah yang aktif, hati-hati jangan terlalu mendekat karena berbahaya. Bagi pecinta photography, akan merasa puas mengambil view disini.Bagi wisatawan yang ingin relaksasi, di bagian sebelah kanan kawah ada tempat pemandian air panas alami yang mengandung sulfur yang dikenal baik untuk mengobati rematik, pegal linu dan sebagainya. Pengunjung bisa berenang atau sekedar berendam kaki yang dinikmati secara cuma-cuma (biaya yang dikenakan adalah biaya pemeliharaan kebersihan dan hanya sekali dibayar di gerbang masuk)
Sumber dan gambar :http://riparhand.blogspot.com/2013/05/kawah-talaga-bodas-kec-wanaraja-garut_21.html
2. Puncak Darajat
Puncak Darajat merupakan objek wisata air yang tengah menjadi sorotan di Kabupaten Garut. Dibuka pertama kali untuk umum pada 2010, resort yang berada di Kec. Pasirwangi ini langsung mengalahkan pamor Cipanas yang sudah melegenda sejak zaman kolonial. Apa pasal? Padahal magnet objek wisata ini kurang lebih sama dengan cipanas, yaitu kolam air panas alami.Yang menjadi perbedaan Puncak Darajat adalah tata letak bangunan dan kolam renangnya yang diatur sedemikian rupa menghadap lembah yang dipenuhi sayuran. Kita bisa berenang sambil melihat panorama 3 dari 5 gunung berapi aktif di Kabupaten Garut; Gunung Guntur, Haruman, Cikuray, sehingga pada saat saat tertentu, seperti jam 16,00 - 17,00 dan didukung dengan cuaca cerah, maka kita akan merasa seperti berenang diatas awan akibat dari turunnya kabut gunung Kamojang. Proses turunnya kabut lebih menambah sensasi saat berenang, karena suhu yang hangat tiba-tiba langsung drop beberapa derajat celcius. Mungkin inilah sebabnya puncak ini dinamakan puncak darajat.Selain kolam pemandian air panas, di puncak darajat dilengkapi pula dengan outbond, resort bergaya tradisional dan ATV, serta permainan anak seperti kereta mini dan sebagainya.
3. Candi Cangkuang
Candi Cangkuang merupakan satu satunya candi hindu yang tersisa (atau yang baru ditemukan) di Provinsi Jawa Barat. Candi Cangkuang terletak di tengah sebuah pulau kecil yang dikelilingi oleh danau. Untuk mencapai Candi, pengunjung dapat naik rakit yang tersedia tak jauh dari gerbang masuk.
4. Kampung Adat Kampung Pulo
Kampung Pulo masih satu kompleks dengan Candi Cangkuang. Sedikit mirip dengan suku Baduy, suku Pulo yang saat ini (dan sejak dulu) hanya terdiri dari beberapa kepala keluarga memegang teguh tradisi leluhurnya, hanya saja tidak seekstrim suku Baduy yang lebih dapat dikatakan menutup diri dari dunia.Di kampung pulo, pengunjung dapat berinteraksi dengan penduduk kampung, mengunjungi museum kampung pulo yang mengoleksi peninggalan Embah Dalem Muhammad, penyebar agama Islam dan pendiri Kampung adat Pulo.Kampung pulo terdiri dari 6 buah rumah adat yang berjejer saling berhadapan masing- masing 3 buah rumah dikiri dan dikanan ditambah dengan sebuah mesjid. Jumlah dari rumah tersebut tidak boleh ditambah atau dikurangi serta yang berdiam di rumah tersebut tidak boleh lebih dari 6 kepala keluarga. Jika seorang anak sudah dewasa kemudian menikah maka paling lambat 2 minggu setelah itu harus meninggalkan rumah dan harus keluar dari lingkungan keenam rumah tersebut. Walaupun 100 % masyarakat kampung Pulo beragama Islam tetapi mereka juga tetap melaksanakan sebagian upacara ritual hindu. Menarik, bukan?
Itinerarynya adalah sbb :
Sabtu, (hari 1)
08.00 - 09.00 : kumpul di Meeting Point ( Terminal Bis Cicaheum, Bandung)
09.00 - 11.00 : perjalanan Bandung - Garut
11.00 - 12.00 : sampai di objek wisata Kawah Talaga Bodas
12.00 - 12.30 : sholat makan
12.30 - 14.30 : eksplor Kawah Talaga Bodas sambil hunting foto narsis
14.30 - 15.30 : perjalanan ke Puncak Darajat
15.30 - 17.30 : berendam di kolam air panas Puncak Darajat dengan latar awan dan sunset Pegunungan.17.30 - 18.00 : perjalanan ke pusat kota untuk check in di penginapan (harga dan tempat didiskusikan kemudian)
18.00 - 20.00 : acara bebas
Minggu, (Hari 2)
07.00 - 08.00 : persiapan check out
08.00 - 08.30 : Perjalanan ke Candi Cangkuang dan Kampung Pulo
08.30 - 12.00 : eksplor Candi Cangkuang dan Kampung Pulo, mengunjungi museum kampung pulo, naik rakit keliling danau, foto2 narsis.
12.00 - 14.00 : pulang ke Bandung
14.00 - 14.10 : sampai di Cicaheum dan pulang ke rumah masing-masing
Biaya belum termasuk : acara pribadi diluar itinerary, ongkos pribadi dari tempat peserta ke meeting point, dan pengeluaran pribadi.
Untuk diingat 
- Meeting Point : Terminal Bis Cicaheum Bandung
- Batas transfer diterima paling lambat seminggu sebelum hari H.
- Bagi peserta yang berhalangan hadir boleh diganti dengan peserta lainnya.
- Pembatalan secara sepihak sampai H-2 oleh peserta dikenakan penalti sebesar 33%
- Pembatalan secara sepihak pada hari keberangkatan, biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat diambil kembali.
- Pembatalan acara oleh penyelenggara, biaya akan dikembalikan utuh tanpa dipotong sedikitpun.
Biaya Rp 150.000 dikumpulkan saat di Meeting point (terminal bis Cicaheum) untuk menghindari tuduhan penipuan dsb.
Travel cost (TC)
===========
Perbedaan TC dengan SC dari kuota minimal, meeting point dan transportasi yang digunakan.
Disini, saya hanya bertugas sebagai tour guide, penunjuk jalan dan lain sebagainya.
- Tidak ada kuota minimal.
Mau sendiri, berdua, satu keluarga, serombongan full satu bis pun bebas.
- Transportasi bebas.
Saya tidak mengharuskan pakai transportasi apapun. Mau konsep touring dengan sepeda motor, satu mobil keluarga, satu bis, bebas. Kalaupun ingin dicarikan carter mobil, saya juga bisa. Tapi maaf, saya engga bisa nyupir . Kalo mau carter mobil, pastikan ada orang yang bisa jadi supir.
- Destinasi
Dengan TC, bisa pilih destinasi apa saja yang diinginkan (tidak terpaku pada 4 destinasi yang tertera di atas. Garut punya sejuta pesona yang tersembunyi. Gunung, Rimba, Laut, Air Terjun, Pantai, Situ/danau (GURILAP'S - bahasa sunda artinya gemerlap - semboyan pariwisata Garut) tersebar di hampir 47 kecamatan di seantero garut. Selain wisata alam, ada juga wisata rohani seperti wisata makam Prabu Kian Santang yang dipenuhi pohon2 besar di puncak gunung yang dikelilingi hutan, Mesjid Cipari (mesjid bersejarah yg dibangun belanda), dan lain2. Semua bebas didatangi.
- Meeting point bebas
Selama dalam kota Garut meeting point bebas. Janjian dengan saya di satu lokasi.
- Fee
SEIKHLASNYA.
Nah, syarat dan ketentuan untuk TC cuma segitu. Lumayan irit, kan?!
Untuk trip SC dan TC dibuka mulai tanggal 11Januari, tiap sabtu dan minggu. (All week)
Untuk trip TC, mohon konfirmasi maksimal seminggu sebelumnya.
Pertanyaan, minat join call nomor saya (WhatsApp only) di nomor : 0856 - 2445 -1991 (Jimmy)


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

b0yz29
b0yz29
b0yz29 Jr.
pd. 2 Jan. 2014, 16.56

ninggalin jejak dlu ya...

Suka 0
nova.pangestu
nova.pangestu
nova.pangestu Jr.
pd. 23 Des. 2013, 19.53

gan ane dari jakarta, kalo ketemuan di terminal guntur bisa?

Suka 0
JimmyBachdim
JimmyBachdim
JimmyBachdim Jr.
pd. 18 Des. 2013, 6.11

Boleh2 aja. Saya tinggal di garut, tapi sesekali ke bandung untuk urusan kampus.

Suka 0
Arnoldmallangi
Arnoldmallangi
Arnoldmallangi Sr.
pd. 11 Des. 2013, 14.01

ia mksdnya, knp gak touring pake motor aja start dari bandung rame2an, lebih asik sepertinya.

Suka 0
JimmyBachdim
JimmyBachdim
JimmyBachdim Jr.
pd. 11 Des. 2013, 8.05

Maksudnya touring dari bandung ke garut? Boleh2 aja.
Mau ikutan TC kan gan?

Jadi agan dr bandung, mau touring ke garut, gitu?

Suka 0
Arnoldmallangi
Arnoldmallangi
Arnoldmallangi Sr.
pd. 9 Des. 2013, 11.33

pake motor mksdnya

Suka 0
Arnoldmallangi
Arnoldmallangi
Arnoldmallangi Sr.
pd. 9 Des. 2013, 11.33

kalo tour dari bndg-garut mau gk?

Suka 0

© backpackerindonesia.com