Pengalaman ke Derawan! With photos!

inggiinggita
inggiinggita, pada 11 Des. 2013, 16.38
di Tanya & Jawab

Hai teman teman sekalian!

Saya mau share pengalaman saya ke derawan. Jadi tahun 2012 kemarin, pas summer (kebetulan saya kuliah di Jerman, lalu pulang ke Indonesia pas summer), saya ke Derawan bersama Mama saya. Untuk ke derawan perjalanannya cukup lelah, pertama harus terbang dulu ke Balikpapan, lalu dari Balikpapan terbang ke Berau, dari Berau jalan darat ke Tanjung Batu (2-3 jam), dari Tanjung Batu ke Derawan, 45 menit sampai 1 jam naik speed boat.

Tapi, karena saya bersama Mama saya dan beliau juga tidak begitu kuat kalau diforsir dalam satu waktu, kami menginap di Berau satu malam. Di Berau sendiri ngga begitu banyak yang dilihat, tetapi ada museum kerajaan, yang masih ada sampai sekarang, kami kesana dan bertemu dengan penjaga museum dan masuk ke dalamnya.

Esokan hari nya, pagi-pagi kita berangkat dari Berau ke Tanjung Batu naik mobil bersama 2 tour guides kita. Sekitar 2 jam, tapi lebih baik kalian pipis dulu kalo mau pipis! karena saya kebelet nahan pingin ke toilet, ga ada toilet sepanjang jalan ataupun restauran. Cuma ada pohon-pohon dan hutan. Jadi alhasil saya nahan pipis sampai ke Tanjung Batu.

Dari Tanjung Batu kita naik speed boat, sekitar 45 menit. Terus kita menginap di Derawan. Bagus banget pantainya! Jernih, bisa liat ikan dari atas. Terus sore bisa snorkeling lalu main banana boat.

Keesokan harinya, kami ke pulau Sangalaki, Kakaban, dan Maratua. Berikut deskripsi masing masing pulaunya :
1. Sangalaki : Ini tempat penangkaran penyu, pulau ini disupport oleh negara Jerman, jadi jangan heran kalo sekitar Derawan dan pulau pulau lainnya kalian banyak lihat turis Jerman. Pada saat itu lebih banyak turis mancanegara daripada turis lokal (tahun 2012)
2. Maratua : Disini juga ada resort nya seperti Derawan. Saya sendiri ngga menelusuri seperti saya menelusuri Derawan yang kira kira ditempuh 2-3 jam untuk muterin pulaunya dengan jalan kaki. Saya cuman singgah sebentar di Maratua
3. Kakaban : Ini pulau tidak berpenghuni, ga ada orang yang tinggal disana. Disana cuma hutan dan dalemnya ada danau dengan jelly fish. Kalian bisa berenang disana, gatau sih itu air tawar atau air asin, yang jelas ga ada ombaknya, dan bisa berenang sambil megang jelly fishnya :)

Untuk biaya saya kurang tau, saya ingin cuma share pengalaman aja. Karena ini sama Mama, jadi fully supported dari Mama yang saya sendiri kurang tau. Semoga membantu ya.

Untuk fotonya bisa cek di blog saya :

Di blog saya juga saya nulis buat yang mau liburan ke eropa dengan budget minim ataupun di forum sebelumnya(waktu itu saya post di bpi), juga ada yang nanya gimana saya bisa kuliah ke jerman, jadi di blog saya juga saya tulis, gimana bisa ke Jerman(buat yang tertarik.. ok sorry out of topic :D )