Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

3 MANFAAT KE LUAR NEGERI

fendyborneo
fendyborneo, pada 17 Sep. 2011, 3.11
di Blog

Sebagian orang mungkin enggan berpergian ke luar negeri. Selain memerlukan persiapan yang matang, juga membutuhkan biaya cukup besar. Tapi berpergian ke luar negeri punya beberapa manfaat untuk pengembangan diri. Salah satunya adalah mendapat wawasan dan pengalaman baru. Jadi ada baiknya jika Anda mencoba pergi ke luar negeri, minimal satu kali dalam hidup.

Dikutip dari Helium, berikut ini tiga keuntungan yang Anda dapatkan dengan berpergian ke luar negeri.

1. Mengenal Budaya Baru
Saat berpergian ke luar negeri, Anda memberi kesempatan pada diri sendiri untuk belajar sebanyak mungkin berbagai kebudayaan baru. Ini bisa jadi pengalaman menarik dalam hidup sekaligus memperluas wawasan dengan cara lebih menyenangkan. Melalui proses pengenalan tersebut, Anda punya kesempatan untuk mengerti kenapa orang-orang asing punya adat dan kebiasaan tertentu.

2. Menjalin Pertemanan Baru
Mempelajari kebudayaan baru bisa membantu Anda lebih dekat dengan orang asing dan membangun hubungan pertemanan yang sehat dan kokoh dengan mereka. Saat berpergian ke luar negeri, berarti Anda punya kesempatan besar mendapat teman baru yang berbeda dari orang-orang yang biasa Anda temui di kehidupan sehari-hari.

Bahkan saat sudah kembali ke rumah, pengalaman unik dan waktu yang Anda habiskan bersama mereka selama perjalanan bisa menjadi kenangan yang tak terlupakan dan membuat Anda tersenyum setiap kali mengingatnya. Coba untuk selalu menjalin kontak dengan mereka, walaupun terpisah jarak dan waktu yang cukup jauh. Hal ini juga memudahkan Anda saat ingin kembali berwisata ke negara tersebut, karena sudah ada orang yang Anda kenal.

3. Keluar dari Zona Nyaman
Berpergian di dalam kota mungkin lebih mudah dibandingkan ke luar negeri. Anda tidak perlu membuat rencana besar atau mengambil banyak risiko daripada ke luar negeri. Sebaliknya, saat berpergian ke negara lain, Anda harus membuat perencanaan yang matang, meluangkan waktu untuk membuat riset kecil tentang negara yang akan dituju, menimbang hal-hal yang sebaiknya tidak atau boleh dilakukan saat berpergian ke sana atau menyiapkan budget dari jauh-jauh hari.

Jika Anda terbiasa berpergian dengan cara yang aman dan mudah, atau termasuk orang yang terlalu takut mengambil risiko, maka berpergian ke luar negeri bisa jadi cara yang tepat untuk mencari pengalaman baru dan keluar dari zona nyaman.

Keluar dari zona nyaman bisa membantu Anda melampaui batas kemampuan dan mencapai potensi diri Anda yang lain. Jika Anda sudah satu kali mencoba pergi ke luar negeri, ada kemungkinan Anda akan ingin pergi lagi. Ini bisa menjadi permulaan dari pengalaman menyenangkan yang bisa merubah hidup Anda lebih baik.
ane ambil dari(detik.com)moga manfaat :)


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

byteeater
byteeater
byteeater Hero
pd. 28 Des. 2012, 9.33

ane mau cari banyak cerita di dalam negeri dulu, trus promosiin ke luar negeri sambil jalan2 :D

Suka 0
udalah
udalah
udalah Newbie
pd. 27 Des. 2012, 14.41

muantap ini, ane jadi tambah semangat pengen ke luar negeri :D

Suka 0
budyjullianto
budyjullianto
budyjullianto Sr.
pd. 23 Des. 2012, 15.20

[quote=DwiRyan]Ya, hidup hanya sekali, luangkanlah waktu kita untuk berkunjung ke Luar Negeri, tanpa kita sadari, ada perubahan besar dalam diri kita, mngkin tujuan, visi dan misi hidup kelak kita nantinya.. karena dengan berkunjung Negara lain, banyak hal yg dapat kita pelajari dan pengalaman hidup yg sangat berharga dan tidak dapat digantikan dgn uang semata... 8)[/quote]

*Noted :jempol:

Suka 0
fendyborneo
fendyborneo
fendyborneo Pro.
pd. 7 Okt. 2011, 16.50

dwiryan# kalimat ente bisa bangkitkan semangat tuk backpecker lainnya. Seep.

Suka 0
DwiRyan
DwiRyan
DwiRyan Jr.
pd. 7 Okt. 2011, 16.17

Ya, hidup hanya sekali, luangkanlah waktu kita untuk berkunjung ke Luar Negeri, tanpa kita sadari, ada perubahan besar dalam diri kita, mngkin tujuan, visi dan misi hidup kelak kita nantinya.. karena dengan berkunjung Negara lain, banyak hal yg dapat kita pelajari dan pengalaman hidup yg sangat berharga dan tidak dapat digantikan dgn uang semata... 8)

Suka 0
fendyborneo
fendyborneo
fendyborneo Pro.
pd. 7 Okt. 2011, 15.39

Fadhil ali...ente paham sangat akan hal ini dan bisa menginspirasi buat yang lain. Salut!!

Suka 0
Fadhil Ali
Fadhil Ali
Fadhil Ali Pro.
pd. 6 Okt. 2011, 21.42

[quote=schinta]tapi skrg jaln2 k LN lebih murh dr pada d dlm negeri..buktinya tiket pesawat aja lebh murah wat k LN..kok bisa gitu yaaa?????heheheh
EL EN....GOOOOOOO ^_^[/quote]

Yang jelas itung-itungan ekonomi bermain. Kalau permintaan banyak, harga bisa ditekan. Misalnya aja, Jkt-KL kan rame tuh penerbangannya dan lumayan dekat, bandingkan dengan (misalnya) Jkt-Papua yg frekuensi penerbangannya lebih sedikit dan lebih jauh.

Suka 0
Fadhil Ali
Fadhil Ali
Fadhil Ali Pro.
pd. 6 Okt. 2011, 21.37

Jalan ke LN nggak berarti nggak cinta negeri sendiri. Malah semakin membuat kita cinta dan bangga dengan Indonesia. Karena dari situlah kita benar-benar merasa arti dari "sebaik-baiknya negeri orang, lebih baik negeri sendiri".
Yang jelas mata kita benar-benar kebuka, kalau ada yg lebih baik dari kita, itu harus dijadikan pembelajaran. Kalau ada yg lebih buruk, maka kita harus bersyukur dengan apa yang kita miliki.

Mengenai perbedaan budaya, dalam beberapa kasus, kita sesama bangsa Indonesia aja terkadang udah beda jauh budayanya, misalnya antara Indonesia bagian barat dengan Timur, itu udah beda banget. Sementara Indonesia bagian barat mempunyai kedekatan dgn negeri tetangga spt Malaysia ato Singapura. Jadi nggak perlu ke LN pun, belum tentu Indonesia yg luas ini selesai dijelajahi.

Salam Backpacker! :)

Suka 0
Dewi Sri
Dewi Sri
Dewi Sri Pro.
pd. 30 Sep. 2011, 23.48

tapi skrg jaln2 k LN lebih murh dr pada d dlm negeri..buktinya tiket pesawat aja lebh murah wat k LN..kok bisa gitu yaaa?????heheheh
EL EN....GOOOOOOO ^_^

Suka 0
Mhey
Mhey
Mhey Jr.
pd. 29 Sep. 2011, 8.00

insight yg sgt bagus brother, tx

Suka 0

© backpackerindonesia.com