Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Semereu Trek

awan biru
awan biru, pada 21 Sep. 2011, 7.37
di Tanya & Jawab

Awalnya karena iseng googling ajakan trip yang tadinya mau ke ujung kulon akhirnya karena beberapa pertimbangan (utamanya penawaran yang masuk ga nge-camp)akhirnya saya memutuskan mengalihkan buat ke semeru.

Singkat cerita setelah ngobrol via BBM group akhirnya kita ber-16 yang sama sekali belum ketemu secara fisik ketemu sebagian di stasiun kota dan senen dan alhamdulilah teman2 seperjalanan saya tersebut benar2 asik dan buat perjalanan menyenangkan,.. berangkat dengan kereta ekonomi matarmaja sekitar jam 13.00 dr st. ps senen menuju malang,.. sampai di st. surabaya gubeng sekitar jam 04.00,. kemudian lanjut dengan kereta berikutnya menuju malang. Sebagian besar dari kita akhirnya berkumpul di st. malang, dari st. malang kita sepakat buat charter mobil ke tumpak (kami semua akhirnya menjadi 32 orang yang di bagi 2 tim. Di tumpak kami mulai bersiap dr beli peralatan, logistik yang belum lengkap bagi bbrapa anggota (senter, sepatu "harus pakai") dan juga mengumpulkan fotokopi KTP dan surat keterangan dr dokter @ 2 lembar.
Akhirnya setelah semua siap, kendaraan jeep hardtop yang kami tumpangi (16 orang/jeep) berangkat menuju pos pendaftaran dan ketua rombongan harus menandatangani surat keterangan di atas materai buat izin mendaki sampai puncak semeru di karenakan puncak semeru masih aktif dan mengeluarkan gas beracun pada jam2 tertentu (pada saat nanjak gas keluar jam 08.00) Setelah perizinan selesai akhirnya kami melanjutkan perjalanan menuju Ranu Pane buat start awal pendakian. jalan menuju ranu pane lumayan berkelok naik dan turun melewati 2 desa(ada satu kejadian histeris karena mobil hampir gagal nanjak) akhirnya kami sampai juga di ranu pane,.. serasa sedikit lega sudah sampai.

Kami mengambil waktu beberapa saat buat cek persiapan nanjak, makan dan istirahat dan akhirnya kami mulai nanjak yg d dahului dengan beberapa instruksi dari ketua rombongan dan berdoa bersama. Kami menuju Ranu Kumbolo...
Trek menuju ranu kumbolo saya rasa cukup berat dan menantang. Ada 4 pos sebelum sampai,... Jalan yang menanjak dengan sedikit yg datar,. dan berdebu plus jalan malam cukup buat saya yang jarang naik gunung mulai berpikir betapa indah dan mudahnya menuju pantai :)). Perjalanan yang saya tempuh dengan lambat akhirnya sampai selama 8 (delapan) jam teman2 lain yg d depan sampai dalam waktu 5-6 jam,. (yay!!).
Bersyukur akhirnya bisa sampai di ranu kumbolo yang ternyata pemandangan malamnya fantastic (apalagi pagi hari) Teman2 yang telah sampai di awal sudah buka tenda dan mulai masak2,.. Saya pun buka tenda buat persiapan tidur,.setelah itu kumpul2 sambil makan, minum dan bercanda dengan teman2 yg lain....indahnya kebersamaan :). Akhirnya karena lelah, cuaca dingin menggigit (last report sebelum nanjak -2 derajat) dan besok nya harus treking lagi kamipun istirahat.

Pagi kami terbangun,,..melihat indahnya ranukumbolo, lembah, danau.. serasa hilang semua penat semalam,.. di belakang kami masih tersisa trek panjang yang harus d lalui yang jelas2 awal trek 45 derajat :D. Trek awal kami adalah tanjakan cinta yang fenomenal itu (menurut katanya, kalau trek tanjakan cinta tanpa berhenti sampai atas maka cintanya pun bakal mulus langgeng... uhuii...!!!)
Setelah beres2 tenda, repacking keril dan daypack akhirnya dengan di awali doa dan beberapa instruksi kembali kami berangkat trekking menuju Kalimati,.. Trek kali ini sedikit lebih mudah dari jalur semalam karena mungkin di lakukan dalam keadaan terang dan lebih banyak jalur datarnya dengan beberapa tanjakan yg ga curam,.. jelang sore hari akhirnya kami sampai di kalimati,.. dari sini kita bisa lihat Mahameru dengan jelas kalau ga tertutup kabut. di kamp area ini air sulit di dapat,. buat ambil air kita mesti jalan lumayan jauh dan menurun ke sumber air mani kurang lebih 30-45 menit PP. dan airnya juga hanya kucuran kecil tapi di jamin hygenis dan segar,..
Istirahat, masak2, makan, bercanda.. setelah itu kami tidur buat persiapan nanjak puncak semeru ( terus terang saya pesimis). Jam 23.00 kami bangun ngemil2 sedikit dan minum. Tepat jam 00.00 kami berangkat menuju puncak semeru... team kecil 16 orang d bagi lagi jadi 2,. jagoan treking ada yg d depan ada juga yang berjaga di belakang rombongan buat jaga2. Seperti yg saya bilang sebelumnya,.. akhirnya setelah 1 jam treking menanjak yg berdebu. akhirnya saya pun menyerah dg pertimbangan fisik dan tidak mau menghambat rekan2 yang lainnya akhirnya saya memutuskan buat turun sendiri.. sampai di camp kali mati jam 02.30.. akhirnya saya tidur dan terbangun paginya,... saya lihat puncak semeru di jam 7.30 begitu cerahnya,.. terbayang teman2 sudah sampai disana dan menikmati kebanggaan muncak,. menyesal 20% tidaknya 80%... :)next saya pasti muncak.
jam 8.00 kabut mulai menutupi puncak mahameru,.. saya beres2 tenda, bikin api buat penghangat. Akhirnya sekitar jam 10.00 an mereka sampai di camp kalimati lagi. Ekspresi mereka terlihat benar2 capek tp terlihat satu kebanggaan. Setelah istirahat cukup akhirnya kamipun berjalan turun kembali menuju Ranu Kombolo. di awal itenary trek turun ini akan berhenti sampai ranu kumbolo, tapi ada ide buat tembus ranu pane atau buka camp di pos sebelum ranu pane untuk kejar kereta berikutnya ke jakarta di jam 15.00... Kamipun tiba di ranu kumbolo,.. istirahat. Selama istirahat beberapa orang mulai berpendapat kalau seharusnya buka camp dulu 1 malam di ranu kumbolo, ada yg merasa fisik sudah down dan ada juga yang tidak mau jalan malam karena mau melihat view yang sayang di lewati kalau jalan dalam keadaan gelap. akhirnya diputuskan untuk buka camp 1 malam di ranu kumbolo dan berangkat keesokan paginya di jam 06.00.
Ranu kumbolo-ranu pane,,.. ga sia2 berangkat pagi,.. pemandangan sepanjang jalan benar2 bikin puas mata.. jalan yang d awal penanjakan begitu beratnya terasa enteng. kamipun tiba di ranu pane jam 10.30,. sepanjang jalan kami bertemu beberapa rombongan baik lokal ataupun bule yang mau ke arah puncak mahameru,.. setelah istirahat sebentar akhirnya kamipun naik jeep kembali menuju tumpak dan charter mobil angkot menuju malang.. sayang tiket kereta api H-3 sd H+3...
Akhirnya dengan nekat karena beberapa pertimbangan kamipun beli tiket tujuan surabaya tapi naik kereta tujuan jakarta dengan pertimbangan bayar diatas... rombongan kami yang bersisa 6 orang (sisanya ada yg mau muncak gunung lain dan beda tujuan) akhirnya dapat duduk 2 baris bangku( tiket ekonomi biasanya ga ada nomor tpt duduk).. karena belum ada yg pernah bayar d atas kami selalu celingukan khususnya rekan kami momon yg bertugas buat nyogok klo ada checker tiket. ya skenario terburuk adalah kami turun di stasiun terdekat :).... Sampai akhirnya tiba di st. cikampek ternyata baru ada pemeriksaan tiket,.. dengan berlagak cuek dan biasa,. rekan kami momon menyodorkan uang rp 60rb buat berenam,... checker cuma lihat sebentar k arah uang dan pergi ampuhberlalu..(oh goban+ceban jimat ternyata) hahahaha.... akhirnya kamipun sampai d st. bekasi. 1 teman turun dan sampai ke st. jt negara.... leganya....
Saya benar2 excited dengan perjalanan kali ini,. dan bakal mengulang kembali buat menuhin janji saya bisa sampai puncak (klo nungguin kereta gantung arah puncak semeru, sepertinya bakal ga jadi2,.. hahaha)

Menurut saya perjalanan kali ini cukup ekstrem,. tapi saya yakin ada rekan2 lain yang punya perjalanan lebih2 ekstrem dari ini.
O Ya, kalau rekan2 ada yg membutuhkan guide atau teman jalan berpengalaman buat nanjak ke semeru ataupun gunung2 lain di jawa dan lombok,.saya akan share contact number teman2 saya tersebut.

Terima kasih buat : Djal, Tesar, Dolly, Bang Kincun yg udah sabar jalan di belakang saya, Djun yg udah share tenda, Anas buat yg selalu bisa bikin refresh, Momon yg nekad d kereta, applaus buat Riki dan Polo (dika)generasi muda trekker.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

RudRud
RudRud
RudRud Pro.
pd. 4 Okt. 2011, 14.22

agan" .. pada Buka Lapak Nyokk di Trit baru .. w ada ide untuk mendaki tgl 24-26 Desember 2011 aja gan .. gmn ?? :D

Suka 0
k1
k1
k1 Jr.
pd. 3 Okt. 2011, 11.21

wow!....
walaupun gak muncak tapi tetep ada cek-dekannya bang... mantap!
jadi pengen nyoba juga nih,,
yuk,,, temen2.... sapa yang mo kesana???.....

:bigsmile:

Suka 0
awan biru
awan biru
awan biru Newbie
pd. 27 Sep. 2011, 21.35

@ atha : secara logika naik gunung kan nanjak :). Biasa klo pendaki gunung bilang landai (buat mereka :) ) atau klo d tanya jarak pasti d bilang udah deket. Itu sebagai booster semangat. Persiapkan fisik untuk yg paling berat ga ada salahnya.
Ayo2 pada ndaki semeru..! Tapi inget jangan vandalis dan jangan buang sampah sembarangan. Sampah bawa turun lagi. Inti nya jgn merusak lingkungan :). Salam..

Suka 0
RudRud
RudRud
RudRud Pro.
pd. 27 Sep. 2011, 20.55

hayuukkk .. klo tanggalnya pas Pasti Ane ikt gan .. *ngacung ah untuk ekspedisi semerunya .. 8)

Suka 0
wahyu arda
wahyu arda
wahyu arda Newbie
pd. 27 Sep. 2011, 19.19

rencana berangkat kapan???kalau aq berangkat waktu tahun baru...tgl 30 desember..tapi cuma nyampe ranu kumbolo aja...pengen camping disana...kalau mau berangkat sama2 jg ga papa...biar +rame...hehehe

Suka 0
@obnoxiusathair
@obnoxiusathair
@obnoxiusathair Newbie
pd. 27 Sep. 2011, 10.41

wahh kapan berangkatnya ?
saya tanggal 23 - 30 *dari jakarta hehehe ..
rombongan saya team khyberr pass ..

Suka 0
Dhimas Pronta
Dhimas Pronta
Dhimas Pronta Newbie
pd. 27 Sep. 2011, 8.31

aku juga punya rencana kesana nih.tp pengennya rame2.aku uda dapet beberapa orang.sapa tau teman2 disini ada yg punya rencana ke semeru,gimana kalau kita berangkat rame2.yuk yuk yuk. :bigsmile:

Suka 0
@obnoxiusathair
@obnoxiusathair
@obnoxiusathair Newbie
pd. 26 Sep. 2011, 22.18

kayanya saya dibohongin temen deh, setelah baca tulisan mas itu ..
*dengan trek menanjak -____-
temenku bilang treknya landai semua lhoo makanya saya disuruh bawa kerir :(

benerbener info banget buat pemula semeru :bigsmile:
makasihh lhoo ..

Suka 0
awan biru
awan biru
awan biru Newbie
pd. 25 Sep. 2011, 3.37

Surat keterangan dokternya boleh d buat d tpt asal dr calon pendaki. Syarat perizinan selain biaya pendaftaran, surat dokter juga KTP yg d fotokopi masing2 2 lbr. Klo mau ke puncaknya harus tandatangan surat pernyataan di atas materai oleh kepala group. Lbh mudah klo 1 group ada 15 org. Moga ga salah dan moga membantu.

Suka 0
wahyu arda
wahyu arda
wahyu arda Newbie
pd. 23 Sep. 2011, 13.25

mas mau nanya...
berarti ngurus surat ijinnya pake surat keterangan dari dokter jg to???tyus apa aja yang dibutuhin buat melengkapi ijinnya...soale aq jg mau kesana..

Suka 0

© backpackerindonesia.com