Pulau Sempu

arsiyuni
arsiyuni, pada 24 Sep. 2011, 4.45

salam,

aku mau sharing ajah, tentang pulau Sempu yang terletak di kab. Malang selatan sebulan yang lalu.

pasti masih jarang ada yang mendengar apa itu pulau sempu??? pulau ini masih sangat jarang dikunjungi dan adventerous abis. sebulan yg lalu, aku dkk pergi dengan kendaraan pribadi. strating point dari surabaya. perjalanan membutuhkan waktu 3 - 4 jam. lumayan agak lama, karena daerahnya pun juga masih pelosok banget. pukul 05.00 sore berangkat dari terminal bratang dan sesampainya di Sendang biru, seperti pelabuhannya tiba pukul 11.00 malam, karena baru pertama kali, jadi sempat tersesat sampaii kabupaten lumajang, heehee.

keesokan paginya pukul 08.00, persiapan menuju pulau sempu harus lengkap, seperti surat ijin masuk, air mineral 1 galon, makanan kecil *mie instan*, tenda. lalu, peminjaman kapal harganya Rp 100.000 PP (langsung minta no. telepon bapaknya). kita harus jalan sekitar 1.5 jam menuju ke Sagara Anakan. lebih baik kalau ke pulau ini sekitar bulan Juni - Juli , karena tanahnya sudh kering. jangan pada saat bulan basah atau desember - maret, jalan kaki yang harus ditempuh 1 jam bisa sampai 5 jam, karena kontur tananhnya berlumpur.

sagara anakan merupakan danau air laut dikelilingi bukit kecil dan hutan yang masih alami. setibanya pukul , kita langsung memasang tenda, dan aku berenang.

seru banget dah, menelusuri beberapa pantai ke arah bagian timur, mendaki gunung menuruni lembah (emang ninja hatori ! ^^). waktu itu, kita mengeksplor 4 pantai, sekitar 1.5jam. ada 1 pantai bernama pantai panjang, itu tempat terfavorit aku, ada bukit kecil dan pantai ini paling panjang. disini juga ada mata air, cma agak masuk kedalam hutan.

hari terakhir, kita mengadakan farewell party kecil - kecilan bersama group lain dari padang. kita memasak sarden, mie goreng, ikan tongkol pedas khas padang. dan makanan itu semua jadi satu di atas plastik. langsung deh kita lahap bersama. jijik sih enggak, cuma ada rasa kebersamaan dalam hal itu.

pukul 01.oo siang, kita berkemas dan berkumpul bersama. track yang kita lalui sama dengan awal berangkat. tapi kini lebih mudah, karena bebarengan dengan group - group lain dari luar kota. tiba di sendnag biru, sampai pukul 03.00 sore. langsung ajah ke kamar mandi, 2 hari ga mandi air bersih. hehehe.

perjalanan pulang ini lebih menyenangkan, ada pemandangan gunung semeru , dan baru tahu kita kalau pemandangan itu sangat indah. mungkin karena kita berangkat malam kali ya, jadi tidak bisa meihat pemandangan seperti itu.

tips:
1. makanan mie instan, makanan kaleng yang cukup.
2. bawa tissue basah, buat mandi.
3. bawa 1 galon untuk masak
4. usahakan membawa keperluan mandi yang mini, seperti shampo sachetan, sabun mandi batangan, dan sikat gigi - odol kecil.

ittinerary :
day 01
05.00 pm : berangkat dari surabaya
09.00 pm : tiba di sendang biru

day 02
08.00 am : meeting point dan berkemas menuju pelabuhan.
08.30 am : tiba di pulau sempu
08.50 am : jalan kaki menuju ke Sagara Anakan
12.00 am : tiba di pesisir sagara anakan
12.10 - sampai besok : free time...

salam backpackers.

arsi :)

mazyan
mazyan Sr.
pd. 26 Sep. 2011, 12.02

(Pantai Waru-waru – Telaga lele – Telaga Sat – Pantai panjang)
start dari Pantai Waru-waru, pantai indah dengan ciri-ciri ada batang pobon yang menjorok ke pantai menuju Telaga Lele. Jalan setapak yang dulunya masih mudah sekarang telah tertutup pohon tumbang. Kurang lebih 2,5 jam kami sampai di Telaga Lele. Perjalanan dilanjutkan menuju Telaga Sat. Kurang lebih 1 jam cukup untuk sampai di Telaga Sat. Telaga Sat merupakan telaga yang airnya tinggi saat musim penghujan dan surut saat kemarau. Hati-hati bila musim hujan, karena jalan setapak dipinggir danau sering tertutup air. Setapak ini berakhir indah ketika terlihat pantai panjang dengan karang
*disekitar tebing karang ini terdapat tebibng yang berbentuk gua, bisa untuk membangun tenda, terlindung dari badai, hujan, dan angin.
*disini juga terdapat sumber air tawar yang terdapat di hutan-ada setapak yang akan mengarahkan pada sumber air ini.
(Pantai Panjang - Pantai Pasir Panjang – Pantai Kembar 1 – Pantai Kembar 2 – Segara Anakan)
Start dari Pantai panjang ini trecking dilanjutkan dengan naik tebing dan turun tebing. Disini tali webbing sangat berguna. Konsentrasi dan kerjasama tim diperlukan untuk melewati medan ini. Bersusah payah melewati tebing kami disuguhi pantai yang cantik tetapi di peta belum ada namanya. Melewati satu bukit, disana terlihat hamparan pasir yang sangat terbentang memanjang. Di daerah ini juga terdapat mata air yang bila kita “beruntung” akan bertemu macan tutul disana. Istirahat dan menambah persediaan air kami gunakan di pantai ini. Susur pantai dimulai dari sini melewati Pantai Kembar 1 dan pantai Kembar 2 kemudian naik melewati bukit. Dari atas bukit terlihat dari jauh genangan air tenang berwarna hijau yaitu segoro anakan

mazyan
mazyan Sr.
pd. 26 Sep. 2011, 11.53

anima_too06
anima_too06 Jr.
pd. 26 Sep. 2011, 9.20

Mbak kira2 buggetnya brapa ya klo ke sana, mohon pencerahannya.