Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

MODUS ALAT SNORKLING HILANG

Ncess
Ncess, pada 15 Jan. 2014, 17.34
di Tanya & Jawab

ane mw share sedikit pil pahit yang belakangan ini dicekokin ke backpacker yang sewa alat snorkling.
modusnya adalah dimintain ganti rugi untuk alat snorkling yang hilang jatuh ke laut.

setelah terjadi beberapa kali ditempat yang berbeda, ane mulai curiga thd modus ini dan info ke rombongan kalau ada alat snorkling yang jatuh langsung info aja biar kita bantu ambilkan. saat snorkling ada 2 anak yang alatnya jatuh dan temen2 lain ambilin, tapi setelah selesai snorkling ttp aja org kapal bilang klo alatnya kurang.

setelah ngobrol sm tmn2 yg lain, banyak juga yang curhat ngalemin kejadian yg sama. yang paling sering itu di pulau seribu, ujung kulon, dan pahawang. biasanya yang paling rawan itu rombongan yang lebih dr 10 orang, krn agak susah di awasinya.

sekedar saran untuk menghindari modus ini, sebelum naik kapal snorkling atau saat baru naik kapal snorkling ada baiknya alat langsung dibagikan dan pegang masing2. dan setelah selesai pakai pun jangan mengembalikan dg digabung bersama yang lain, tapi tetap dipegang masing-masing, sampai setelah turun dari kapal baru dikembalikan satu persatu sambil dihitung dan disaksikan bersama. jangan lupa selalu punya catatan nama + ukuran fins, sebagai bukti fisiknya klo diperlukan.

modus lainnya waktu ane ke pulau pari, rombongan pesan 7 set tapi setelah selesai snorkling org kapal minta dibayar utk 9 set. mereka beralasan alat yang dibawa dan disediakan berjumlah 9 set, dan dipakai oleh kami smua. pendistribusian alat sebelum mulai snorkling dan dipegang masing2, cukup efektif untuk menghindari modus ini.

ada juga yang dapat alat rusak/tidak layak dan tdk bisa digunakan, biasanya masker dan snorkle yang bocor, serta karet fins yang sobek. apabila terjadi, langsung kembalikan ke org kapal dan jangan dipakai untuk snorkling terlalu lama apabila sudah yakin alat rusak/tdk bisa dipakai. lebih baik pakai alat lain bergantian dan share sewanya berdua.

mungkin ada juga yang mengalami kejadian ini di tempat2 lain, silahkan dishare :beer:


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

DolanKaroKonco
DolanKaroKonco
DolanKaroKonco Super Hero
pd. 10 Feb. 2014, 14.02

saran aja sih kalo mau main-main ketempat snorkeling gitu, coba aja cari tau dulu tempat yang aman untuk pinjam alat snorkeling.
kan pastinya di bpi ini udah banyak yang tau tempat2 peminjaman snorkeling yang aman, jadi bisa diperkecil kemungkinan kena tipu.

mau kasih tau aja di pahawang ada namanya kang usman, dia yang biasanya nganter ke pahawang naik kapal dari pelabuhan ketapang, kang usman juga bisa buat sewa alat snorkle kok dan gak akan kena tipu di jamin deh hehe. jadi kalo ke pahawang coba aja cari yang namanya kang usman.

Suka 0
Ncess
Ncess
Ncess Sr.
pd. 7 Feb. 2014, 0.19

Ane juga bawa alat snorkling sendiri kaleeee alias gak nyewa...
Ini cuma pengalaman temen2 lain aja pas ngetrip bareng, yg mw ane share biar pd lebih hati2

Suka 0
Itha_Bali
Itha_Bali
Itha_Bali Pro.
pd. 6 Feb. 2014, 12.25

nice inpon sista

Suka 0
Temanjalan Indonesia
Temanjalan Indonesia
Temanjalan Indonesia Pro.
pd. 6 Feb. 2014, 10.43

wah ane prnh jg nih ngalamin di pahawang. tmn2 cuma pesen 6 set tp pas mw dibayar mrka blg alat yg di pake 8 set :(

ane pikir krna ad yg nmbh trnyta emg g ada. kirain cma ane yg ngalamin.trnyta udh byk jg modus ky gini.

Suka 0
DolanKaroKonco
DolanKaroKonco
DolanKaroKonco Super Hero
pd. 3 Feb. 2014, 22.02

siiip makasih infonya :)

Suka 0
sepul
sepul
sepul Newbie
pd. 3 Feb. 2014, 10.48

Wah bener juga kak nces, gak nyadar kita kalo itu modus. Kemaren ke pahawang `mereka` bilang snorkel nya ada satu yang ilang ya mau gak mau ganti deh
NICE INPO

Suka 0
bukrhon
bukrhon
bukrhon Newbie
pd. 2 Feb. 2014, 1.40

alhamdulillah lok dgili gk da yg kyak gtu,, v lok beneran hilang and tu juga org yg nghilangin yg blang bru dsuruh ganti

Suka 0
yana ristia
yana ristia
yana ristia Jr.
pd. 1 Feb. 2014, 23.22

Oh yaya, mungkin aja ini modus. Kejadian di pulau sabesi,anak gunung krakatau, panitia gue juga yakin kalo ngga ada yang kirang karna udah di list semua, tp pihak penyewa juga yakin kalo ada yang kurang. Sampe cewe jenggotan juga ngga ketemu tu alat, orang modusan. Ckck, jadi pengalaman untuk kita semua, jujur dimana pun itu penting.

Suka 0
chrizz_msweb
chrizz_msweb
chrizz_msweb Pro.
pd. 23 Jan. 2014, 14.10

Ga pernah kena sih, soalnya punya alat snorkling sendiri. Cukup google nya saja. Beli paling2 250rb an, ke mana2 ga usah sewa lagi. Fin nya cukup pinjem punya temen yang lagi istirahat, atau ga pake juga ga masalah.

Suka 0
bayu ghahara
bayu ghahara
bayu ghahara Pro.
pd. 22 Jan. 2014, 20.02

nice info .. :jempol:

Suka 0

© backpackerindonesia.com