Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

when a loner try to socialize ---

as2na
as2na, pada 23 Nov. 2011, 11.23
di Blog

Sekitar 1/2 lusin tahun lalu, gw pernah punya cita-cita buat keliling Indonesia solo backpacker. Indonesia, karena gw begah ngeliat syarat ngurusin segala macem visa. Solo, karena setiap temen yang gw ajakin jalan, entah kenapa selalu bilang "ga punya duit" dan tau-tau aja gw udah ga pernah ngajakin sapapun pergi lagi, kemanapun, bahkan dalam kota sekalipun (tapi kalo mereka mo ikut yah gw selalu welcome; gw cuman ga tahan alasan waktu ditolak doank, bilang ga punya duit tapi bisa nongkrong di mal tiap weekend, makan ini-itu, nonton ini-itu, beli ini-itu deuh..). Backpacker, karena alasan praktis aja. Malah kalo bisa gw maunya cuman bawa diri doank :~

Eniwei, sejak waktu itu, bahkan sampe detik ini pun, gw belon pernah sama sekali keluar Jakarta sendirian. Yet to have enough guts.

Setahun terakhir, gw mulai sering mencari tahu tempat wisata di Indonesa sekaligus coba bikin rancangan (itinerary) perjalanannya. Browsing sana-i cari info, gw harus mengakui bahwa memang wisata Indonesia mau ga mau harus melibatkan pantai, laut dan pemandangan bawah airnya. Gw ga suka laut dan buat gw semua pantai sama aja (pasir, langit dan aer), tapi gimana ceritanya gw ke pulau tanpa main ke laut deuhhh.. Terus lagi, kalo mo lelompatan antar pulau gituh, paling mungkin cuman mengandalkan kapal setempat yang biaya sewanya ngga murah banget kalo sendirian. Lagipula kalo udah di atas perahu di atas laut, kan sayang tuh kalo ga sekalian snorkling/ diving/ mancing? Ah yah, gw tipe yang aji mumpung.

Dan dengan pertimbangan di atas, gw pun mulai berpikir ulang untuk menjadi solo traveler. Belon lagi kalo gw mau ke tempat-tempat terpencil (yang biasanya justru keren banget) yang letaknya nyempil/ ngumpet di pelosok-pelosok yang ribet (dan belon tentu aman) untuk didatangi sendiri.

Pada akhirnya, gw memutuskan untuk merevisi cita-cita gw, menyadari bahwa ga semua tempat bisa gw datangi sendirian, apapun tempatnya, Sekarang gw cuman mau ke sebanyak mungkin tempat di Indonesia.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

Endey
Endey
Endey Jr.
pd. 29 Nov. 2011, 20.18

saya juga gitu, kadang2 emang bisa jalan bareng ama temen2..tapi lebih banyak jalan sendiri bo, serunya sih beda ya.
Awalnya sih nekat aja...yg penting jalan dulu risiko ntar aja hehehhe..ga tahan juga kalo dirumah terus, ke mall mulu..trus lama2 asyik juga, enjoy aja tuh jalan solo, kadang di tempat baru kita juga bisa ketemu temen2 baru... apalagi kalo pas ketemu yg sama2 juga jalan solo, senyum2 sikit, trus kenalan trus bisa juga dah jalan bareng...yg penting kita selalu friendly and open minded :)
kalo mikir soal aman, nunggu ini itu, resesi, musibah...wah..ga jadi2 jalannya..

Suka 0
erysyah
erysyah
erysyah Sr.
pd. 29 Nov. 2011, 11.30

hahha.. sama sih..
ngajakin temen2, smua pada bilang 'ga ada duit'. gimana ya, bilang ga ada duit tapi gantian HP tiap 6 bulan?

jd gue nekad aja.. pergi sendirian.. travelling solo yg bagus sih, bisa kemana aja pengenny kita tanpa mikir org lain.. tpi dikit sunyi (ga ada temen obrol)..

Suka 0
nicenisa77
nicenisa77
nicenisa77 Newbie
pd. 27 Nov. 2011, 13.13

dulu, ma temen2 rajin banget liat kalender buat cari hari libur dan lalu ngrencanain mo pegi kemana. sekarang mereka dah pada punya buntut semua, susah buat diajak jalannya. ikutan travel? ngrogoh kantongna musti lumayan dalem... tambah lagi sekarang jadi baby sitter, kalo minta ijin harus muter2

senenge nemuin forum ini, aq cuma tinggal nyari waktu dan tempat yg sesuai dengan ijin yg didapet.
dan tgl 9-11 besok, jadilah ke papandayan, insya Allah

papandayan....i'm comiiiing....

Suka 0
langgeng widodo
langgeng widodo
langgeng widodo Jr.
pd. 26 Nov. 2011, 7.46

kalau saya dulu mudah bget ngajak teman, dan teman saya selalu bisa,
sekarang mereka lebih jago, tetapi karena tuntutan pekerjaan saya g bisa nemenin mereka saat mereka travelling jauh

Suka 0
cieavhan
cieavhan
cieavhan Newbie
pd. 24 Nov. 2011, 18.42

Ga byk orang yg punya keberanian
byk orang yg terbuai oleh rasa 'nyaman'
Ga byk orang yg siap bergembel ria
byk orang yg berpegang erat dgn yg namanya 'gengsi'
Ga byk orang yg hobby jalan2
byk orang yg lebih suka main game online ber-hari2 ga mandi2 (suami saya)
Beda orang beda pula sifatnya, tp hrsnya bisa saling menghargai&menghormati apalg sudah suami-istri.. Apa yg kadang tidak kita suka, kadang2 hrs kita sukai agar hubungan awet dan ga ng-bosenin. Penting bgt mengajak pasangan (terutama istri) untuk jalan2 melihat keindahan daerah lain,ga hrs yg mahal2 ga perlu jual diri buat biaya holiday.. Yg simpel itu sebenarnya lbh berkesan. Males kalau uda dgr alasan 'ga ada duit' kalau malaikat dgr bisa2 lgsg di catet dan di laporin ke Tuhan, akhirnya ga ada duit beneran deh :p

Suka 0
indra_naraituh
indra_naraituh
indra_naraituh Sr.
pd. 23 Nov. 2011, 23.00

emang semua ada resiko dan tantangan yang dihadapi...tpi klo q pribadi lebih suka solo karena lebih bebas, bahkan lebih mudah untuk membaur dengan masyarakat...cuma satu menurut saya yang penting ketika backpacking,yaitu NEKAD....

Suka 0

© backpackerindonesia.com