Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

vietnam

zavito
zavito, pada 5 Des. 2011, 10.10
di Blog

The Half Backpacker Tale - Vietnam Story
Siang itu, 15 November 2011 gw sampe jakarta, ditemenin Reni si wonderwomen yang selalu setia menenami kalo pas ngetrip kemana-mana. Dari Stasiun Gambir kita makan di Holycow steak dulu trus naek bus dari bandara via Blok M Plaza.

Sampe di bandara masih santei dan ga nyadar waktu udah mepet buat sekedar cek in. Lari-larilah kami ke Terminal 2 dan check in di counter AirAsia. Pas sampe ke imigrasi, MasyaAllah, antriannya kayak antri Blackberry di Senayan City. Si TOA udah tereak2 manggil terakhir buat penumpang AirAsia buat segera naik. Nerobos antrean sambil senyum-senyum, gw malah dibutekin petugas imigrasi. Believe or not, abis gw naek ke pesawat, pintu langsung ditutup dan pesawat berangkat...Waaaa berasa raja gitu ditungguin sama satu pesawat..

Pesawat berangkat ontime jam 16.45 sore dari Jakarta ke Hochiminh City..Baidewei nih, ini pertama kalinya gw ngetrip ke luar negeri,SENDIRIAN pula! Ya ada rasa keder-keder gimana di dengkul (T_T")

Di pesawat, gw kenalan sama bule Swiss entah siapa namanya gw juga lupa, Tapi, mari kita panggil dia Mr.Patrick karena mirip Patrick Swayze di filem-filem holiwud itu. Bukan gw gay, tp ini karena oportunis cari joinan taxi ke distrik 1 jadi gw ngobrol dengan merendahkan seluruh harkat martabat bangsa dengan segenap senyum kecut plus sok bego ngomong kalo ini pertama kalinya gw keluar negeri dan sendirian pulak. Ngobrol wira-wiri sana sini menguras otak tanpa google translate akhirnya sia-sia. Dia ngeloyor pergi pas gw kesulitan ngeluarin tas yang kejepit di kursi...gawat!!

Sampai di Saigon kalau menurut jam gw pas pukul 19.12 waktu Vietnam Bagian Saigon. Gw jalan keluar sendirian dan berlama-lama di toilet mikirin what must i do here! Dan akhirnya setelah kembali ganteng dan rapi, barulah gw keluar ke imigrasi buat ngecapin paspor gw di luar negeri untuk pertama kalinya.

Tan Son Nhat, Bandaranya Hochiminh City ngga terlalu gede, tapi suer, itu bandara yang elegan dan bersih banget. Pengen rasanya buka lapak disana sebulan gitu buat meredakan stress kerjaan (abaikan kalimat terakhir). Gw celingak celinguk cari mr.Patrick dan ga ketemu, malah dikerubungin supir taxi minta 30 dollar ke distrik 1...Gilaaa aja $30 dollar buat taxi doang. Ogah gw..

Teringat pesan seorang teman, carilah Vinasun taxi. Itu abisnya maximal cuma 150.000 Dong doang. (seharusnya 1 Vietnam Dong = 0,5 IDR). Berbekal Wismilak Diplomat yang dibawa dari supermarket deket rumah, gw putar otak biar ga keder. Allah Maha Pengasih, Mr Patrick lewat depat gw udah sama cewe belanda yang belakangan diketahui bernama Lisette De Zeeuw. Nah, langsung sumringah deh gw, langsung senyum-senyum sambil minta nebeng taxi. akhirnya kami bertiga ngebut sampe Distrik 1 di Jalan Pam Ngu Lhao yang memang area turis dari seluruh dunia...Alhamdulilah taxinya cuma abis 110.000 Dong Vietnam. Dengan bujuk rayu supir yang bisu bahasa inggris, kita kena palak jadi 140.000 Dong dan dibagi tiga.

Distrik 1 memang surganya turis di HCMC. Selain deket dengan obyek-obyek wisata kota ini yang sebenernya biasa aja, hotel-hotel murah bertebaran di sepanjang Pam Ngu Lhao Road. Gw dah booking hotel via website dan nyesel. Hotel lebih murah kalo beli langsung. Tapi kalo ente-ente keukeuh mau booking via web, ni situs bookingnya: Saigon Backpackers Hostel Hotel ini bersih dan FOnya ngalahin SM*SH gantengnya...Agak susah ditemuin karena di ujung Pam Ngu Lhao Road, tapi tenang karena masuk gang kecil. Buat yang langsung book disana, semalem kena charge $.9.00 tapi kalo mau book 2 malem kenanya cuma $.16.00. Murah buat ukuran kita di Indonesia karena pake AC dan kipas angin. Wifinya juga kenceng n sarapannya surga banget...

Barengan sama Lisette yang Noni Belanda itu, kami jalan sepanjang distrik 1 yang punya beberapa obyek turis sampe kaki gw bengkak gede karena lumayan jauh. Beberapa obyek di distrik 1 ada:

1. Ben Tahn Market buat beli souvenir. Jangan lupa nawar kalo disini. Magnet kulkas dari $.1.00 sebijinya, bisa jadi dapet $.2.00 buat 5 bijinya.
2. Noi Quy. Taman kota yang sering buat prewedding foto.

3. Bảo tàng Chứng tích chiến tranh (War Remnants Museum / Musium Perang Vietnam)
Musium ini tutup jam 12.00 - 14.00. Agak boring disitu karena cuma liat foto-foto sadis amerika jaman perang Vietnam. Tapi ini wajib dikunjungi. Apalagi masuknya yang cuma 15.000 Dong Vietnam,murah laah
4. Gereja Katedral Vietnam

5. Saigon Water Puppet yang ada pertunjukan boneka air. Katanya sih agak boring dan tiket masuknya juga mahal (100.000 Dong)

6. Tran Hung Dao Colosseum yang jalannya agak jauh dikit

Di deket patung Genghis Khan ini kita juga bisa naek kapal kemana-mana kalo males jalan.

Masih banyak sebenernya sih, apalagi kalau yang suka motret-motret bangunan klasik, disini banyak tempat yang bisa dipake jadi site-nya. Jangan lupa tambah energi makan yang cukup. Buat yang muslim (kayak gw), agak susah cari makanan halal. Tapi di sekitaran masjid raya saigon, banyak makanan india yang InsyaAllah Halalan Thayibban.

Gw makan siang di deket musium perang, disitu cuma ada sapi aja.Ga tau sapinya mati syahid atau engga, yang penting ga pake mister Piggy disitu. Semangkok bihun kuah ala vietnam harganya cuma 25.000 Dong. Mahal? iya, tapi worth banget mengingat kelaparan dan seporsinya pake mangkok yang gede plus perlengkapannya. Kayak gini nih wujudnya:

cucoo boo!!
Emmm...kalau cuma minat di distrik 1, dan ga keluar kota yang jauh-jauh macam di delta sungai Mekong, Da Nang, Nang Trap atau bahkan Hanoi dan Halong Bay di utara, gw sarankan segera menuju ke negara selanjutnya. Kalaupun keukeuh ke sekitaran kota, biar gampang cari paket wisata one day atau half day trip macem di Tunnel yang jauhnya 30km-an dgn paket wisata yang ditawarin cuma $.8.00 tapi ternyata masih plus-plus sana sini dan jadi $.17.00. Saran, sebaiknya kalo nanya yang jelas dan lengkap dan biarkan mereka nyatet di kertas buat bukti. Buat kebutuhan hidup, ada seven eleven kok disana. semua dijual standar.
Buat yang suka minum kopi, pas banget di Vietnam kopinya mantap dan khas, disajiin dengan cara khusus yang ngelatih sabar dan mental..hahaha. Segelas sektiar 12.000 Dong Vietnam.

Nah, karena gw ngerasa disini cukup, maka gw datengin tur travel (gw milih tur travel yang FO-nya mirip Gong Li) buat nanya bus ke bangkok...daaaan...unfortunately me, ga ada yang langsung ke Bangkok tapi berhenti n ganti bus di Phnom Penh Kamboja. Busnya $.10.00 buat ke Kamboja yang jadwalnya masing-masing jam: 08.30, 11.30, 15.00, 19.00 dan 23.30 malem. Katanya sih bus paling enak yang jam 23.30. Busnya dua dek atas bawah, yang bawah buat barang. Karena pengen liat pemandangan, gw milih yang pagi jam 08.30. Perjalanan ke Phnom Penh yang katanya makan waktu 5 jam ternyata hampir 7 jam karena busnya berenti-berenti muluk.

Perjalanan ke Phnom Penh agak parah, AC yang pagi kerasa dingin, pas tengah hari berasa di dalem oven. Katanya dapet air mineral malah mereka minum sendiri ga bagi-bagi. Pemandangannya pun horrible cuma rawa-rawa bekas banjir sungai Mekong..

Tapi, somehow, entah kenapa bagian ini paling ngangenin buat diulang. Bus yang isinya cuma 8 orang tapi tetep berangkat on time. Pas jam satu siang, gw masuk perbatasan kamboja yang lengang n santai. Orang imigrasinya senyum sambil bilang"Selamat Siang" ke gw..wah, perlu ditiru nih...

Nah, sampe disini Vietnam Storynya selesai....

Dari tanggal 15 - 17 November 2011, gw ngeluarin duit agak banyak yang sebenernya bisa dihemat. Total pengeluaran termasuk hotel, tiket pesawat, airport tax, makan di Pizza Hut yang mahal itu, dan seluruh transport sekitar Rp.1.056.000,- (kurs tukar gw 1 VND = 0,8 IDR, dan $1.00 = 8900 IDR)

http://rezadalamkata.blogspot.com/2011/12/halfbackpacker-tale-vietnam-story.html


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

evi_r
evi_r
evi_r Newbie
pd. 8 Des. 2011, 16.40

@erysyah klo halong bay harus dari hanoi, klo dari HCMC kejauhan. Bisa sih naik bus malem ke hanoi atau pilih domestik flight. Paling deket dari HCMC ke Nha Trang atau Vung Tau

Suka 0
bandil
bandil
bandil Sr.
pd. 6 Des. 2011, 17.26

Hallo mas Ery. brg aja tgl 25 jun 12 sd 6juli png-cgk sdh ad 3 personil yg fix. cgk ke h c m tgl 25/6 12 ok

Suka 0
erysyah
erysyah
erysyah Sr.
pd. 6 Des. 2011, 15.58

keren ni bro..
gw jg rencana mau ke saigon, lanjut ke siem reap..
btw, kalo halong bay itu jauh ga dari HCMC?

Suka 0

© backpackerindonesia.com