Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

WISATA GUNUNG API PURBA DESA NGLANGGERAN

muhtad
muhtad, pada 12 Jan. 2012, 16.00
di Blog

Sabtu, 24 desember 2011.

Tempat wisata menarik ini terletak di di Desa Nglanggeran, Patuk, Gunungkidul. Ga susah kok menemukannya. Kalo teman-teman tau bukit bintang #pasti tau semua dunk… nah di situ nanti ada per3an patuk, depan nya ada kantor polisi (jelas kok), deket GCD FM lah.

Gampangnya kalo dah sampe bukit bintang jalan nya agak pelan aja, tar takutnya kebablasan. hehehe… Nah dari per3an itu belok kiri, terussssssssss aja (jalan nya aspal mulus kok, cuma agak naik turun, khas daerah perbukitan, ga sepi juga) di jalur itu tar ada menara TV jejer jejer, sampai ada per3an lagi, belok kanan, ga jauh, nyampe deh. Yaa kurang lebih cuma 15-20menit dari bukit bintang.

Kemarin aku dari jogja jam 14.30 lah. nyampe sana pokoknya sebelum jam 4. Nyampe sana, disambut ramah oleh para pengelola yang juga merupakan penduduk lokal sekitar, khas wisata jogja lah, ramah-ramah orangnya. Dan jeng jeng, wow, liat bukit2 batu gede buanget, setelah parkir terus bayar retribusi, seharusnya… (tp kemarin aku gratis, karena bareng temen ku yang dah kenal sama orang sana, gratis deh, aku yakin ga mahal sih.)

Nah tracking naik bukit nya di mulai… Pemandangan sekitarnya bagus lho. Setelah naik perbukitan yang cukup melelahkan, hosh hosh, trek nya sih jelas, ada alur jalan dan tali nya sebagai pembantu kita buat track yang nanjak banget. tracknya menantang dikit, karena bukan jalan setapak aja gt, lewatin sela2 batu, pokoknya cukup lah buat olah raga sore hari :p.

Kami kemarin cuma sampe pos 2 sih kalo ga salah, kalo pos 1 nya yang lebih tinggi masi jauh, waktunya ga cukup, dan di pos 2 ini kalo cuma liat sunset mah dah bagus. (tp sayang kemarin banyak awan nya) Waktu untuk sampe pos 2 kurang lebih 30menit lah, santai, sambil poto2 :p.

Sampe pos 2 ini, yaa apa lagi kegiatannya selain poto-poto. Selain poto pemandangan dan poto narsis tentu nya, Dan karena kami bertiga ga ada yang bawa minum, alhasil kehausan setelah sampe sana. hahaha…

Hari makin sore, ketika itu matahari sudah turun ke peraduannya… (bahasa nya…) Ternyata makin sore makin rame pengunjungnya, kemarin ada rombongan dari jakarta, gerombolan anak2 smp tah mana, pokoknya rame deh.

Kalo kesini kita bisa pake jasa pemandu atau naik sendiri. Dengan catatan kalo naik sendiri kudu hari-hati lho jalur nya bebatuan, butuh sedikit skill, sendal atau sepatu gunung (jangan sandal jepit, pokoknya jangan, licin…) dan kehati-hatian.

Sunset berlalu… Akhirnya setelah sekitar jam 17.30 an, kami pulang turun bukit, masi dengan rasa puas di hati, kami berencana kapan-kapan untuk kemping disini. Soal nya pasti seru, liat sunset di sore dan sunrise di kesokan paginya. Amin…

catatan simplenya:

1. tempat nya aksesable sekali, 2jam kotor dari jogja dah nyampe lah, dengan kontur naik turun khas perbukitan.

2. bagus nya kesini sore liat sunset, atau kalo mau sebelum subuh liat sunrise.

3. hati-hati naik bukit nya, kalo jatuh bisa kena batu, jadi pilih dan pastikan langkah anda dengan benar. santai asal selamet. (pake alas kaki, sendal atau sepatu gunung).

4. bawa minum. bawa cemilan, dan jangan lupa bawa sampah nya turun yaa.

www.muhtad.com/wisata-gunung-api-purba-desa-nglanggeran/


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

darkxirer
darkxirer
darkxirer Hero
pd. 13 Jan. 2012, 7.47

Nanya bro, biaya retribusi & pemandu disana berapa ya? biar bisa itung qra2 butuh budget brp...hehe Selain biaya itu ada lg ga biaya2 lain disananya?

Suka 0

© backpackerindonesia.com