Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

KULWIT #BALURAN

NUR BAITI
NUR BAITI, pada 12 Maret 2014, 17.31
di Tanya & Jawab

1) Tadinya sy mau ksh judul yg lbh menjual. Misalnya : eksotisme di tanah Jawa atau semacam itu.
2) Tp kyknya kurang tepat. Jadi sharing kali ini, tentang #Baluran, berkunjung ke 'Afrika' di wkt yg salah. :p
3) Taman Nasional #Baluran terletak di Situbondo, Jatim. Dr Jkt, bs ditempuh dgn kereta Gaya Baru Malam ke stasiun Surabaya Gubeng.
4) Bs juga naik ke Jogja Lempuyangan. Dr Gubeng atau Lempuyangan, lanjut naik kereta Sri tanjung menuju stasiun Banyuwangi baru.
5) Pilihan lain, bs naik KA bisnis/eksekutif mutiara selatan. Atau kl mau, bs naik bus.
6) Sy pilih alternatif pertama. Dr jkt pk 11 siang, smp surabaya pukul 2 pagi. Sy ngungsi di mushalla an-nur, pojok stasiun menunggu subuh.
7) Mushalla dan masjid mjd tmp andalan yg aman utk transit. Mushalla ditutup sktr wkt dhuha dan buka kembali jelang dzhr
8) Usai sarapan di kantin dan bersih2 skdrnya, sy menemukan bangku panjang kosong di samping stasiun. Great.
9) Sy pasang kaca mata hitam dan masker, melipat tangan di dada. Mengatur tmp duduk, lalu bersandar di tembok. *tampak elegan (?)
10) Mungkin dikiranya sy lagi menikmati pemandangan atau mengawasi mobil2 pribadi di dpn. Pdhl sy tidur, wkwkwk. :p *tertipu... #nyanyi
11) Lumayanlah, bbrp puluh menit istirahat setelah belasan jam dlm kereta. Sy lanjut ke Banyuwangi dgn kereta
12) Di kereta sy bertemu bbrp backpacker asing. Juga ada para mahasiswa yg sbk dgn laptopnya.
13) Sy pikir rajin banget nih org2. Di kereta tetap belajar serius. Gak taunya bgtu balik arah, pd asik maen game. Jiah...
14) Dr stasiun Banyuwangi, jln sekitar 300 meter, di dpn pos polisi, ada penginapan Ketapang Asri. Sy menginap di sana.
15) Sy nganterin bbrp backpacker lokal dl ke pelabuhan Ketapang. Mrk mau menyebrang ke Bali. *sesama pejalan hrs saling bantu

16) Penginapan dan makanan di Banyuwangi tergolong murah dan cukup nyaman. Sy menginap semalam, dan paginya naik bus menuju #Baluran
17) Taman Nasional #Baluran, digadang2 sbg 'Afrika'-nya Indonesia. Wkt terbaik ke sana sktr agustus-november.
18) Pd bln2 itu, msh msk kemarau, view-nya mirip Kenya. Kemungkinan Banteng pun akan ke luar. November adlh musim kawin burung merak shg mrk berkeliaran di jln2
19) Semua flora dan fauna di #Baluran dilindungi. Jgnkan hewan yg diburu, rumput pun tdk blh diambil.
20) Ini foto ikon Taman Nasional #Baluran.
21) Sy menyewa ojek utk pulang pergi. Tarifnya 80 ribu. Penginapan di Baluran murah, tp penginapannya lg ditutup dl sementara wkt. Hiks.
22) Berhubung skr sdh msk musim hujan. Jd ga terlihat keunikannya.
23) Biarin deh, sdh jauh2 smp sini. Nikmati aja apa yg ada. Seru juga kok naik motor dan diikuti kupu-kupu.
24) Katanya sih, hewan2 di #Baluran, merupakan hewan2 asli sana. Bukan didatangkan dr daerah lain.
25) Sekitar 1 jam kemudian, motor yg sy tumpangi memasuki kawasan hutan ever green. Hutan ini selalu hijau sepanjang thn, meskipun kemarau. *sensasinya beda
26) Sy ga nemu banteng di savana Bekol, cm nemu sodaranya, alias serombongan kerbau yg merumput.
27) Ini fotonya. Cekidot deh Gan. *ala kaskuser :D
28) Setelah naik ke menara pandang dan foto2. Sy melanjutkan perjalanan ke pantai Bama.
29) Pantai Bama sepiii... banget. Masak pengunjungnya cuma 3 orang. Saya dan sepasang turis asal Argentina. *lagi2 ktmunya bule
30) Ini fotonya. Tuh, liat, serasa punya pulau pribadi kan?
31) Pantai Bama airnya tenang, tdk berombak, tdk juga terlalu jernih. Dan sgt dangkal. Cocok utk yg ga bs berenang macam saya. :p
32) Masak jarang 100 meter, airnya cuma sepaha. Whew, sm banjir Jakarta aja kalah. #eh
33) Out bond-nya ditutup. Snorkling, diving, dan perahu yg merupakan paket penginapan jg ga bs. Akhirnya sy ngobrol aja sm turis tadi
34) Sebut saja namanya Mario dan pasangannya. Katanya sih dia aktor di Argentina sana.
35) Kl sy remaja alay, sy mungkin sdh minta foto bareng dan bilang di socmed kl sy foto sm artis luar negeri. *ga penting bgt. >•<
36) Mrk berdua dr Ubud, dan berencana ke Borobudur serta Jogja. Sy info ke mrk ttg erupsi Kelud dan penutupan Borobudur.
37) Sy sarankan mrk ke Bromo, Ijen, Lombok, atau Sumbawa aja kl cm pny wkt sempit. Drpd smp Borobudur trus kecewa?
38) Sm spt para turis asing yg sering sy temui, rata2 mrk ke Ind, stlh dr negara2 asia lain, dan mrk nyesal knp ga lama di Ind aja.
39) Sy bilang mrk hrs dtng lg ke Ind, dan promosi bnyk tmp wisata unik di sini. *Wujud cinta tanah air. #benerin jilbab. :D
40) Sy pamit duluan, dan pergi ke hutan mangrove menuju dermaga. Baru msk hutan, sy sgra menyesal knp sendirian.
41) Hutannya sepi.. bgt. Akar2 magrove menjulur di rawa2. Dermaganya kosong. Kl sy ilang di sini, ga akan ketauan deh.
42) OMG. Tmp ini cocok bgt utk syuting film Swam thing. @_@
43) Nih, foto2nya.
44) Menjelang sore, sy balik, sy hrs cari penginapan di luar. Sy smpt motret sekumpulan rusa. Ada juga Merak dan ayam hutan. Tp pd malu2. Difoto malah lari. *hewan ga pd narsis. :p
45) 'Kl ada macan, sampeyan berani motret ga?' Tny bpk ojek kpd saya.
'Berani, pak', jwb sy. *syarat dan ketentuan berlaku
46) 'Biasanya suka keluar di sekitar sini jam-jam segini', kata si bpk lagi. Tp smp kami melewati pos awal, yg sy temui di jln cm dua ekor kucing rumahan yg imut.
47) Eh, tp kl itu kucing rumahan, kok mainnya smp jauh ke dlm hutan ya? *dibahas. :/
48) Alhasil sy ga bnyk menemukan keunikan #Baluran dlm trip kali ini. *salah musim.
49) Gpp deh, setidaknya sy melewati Pantai Pasir Putih Situbondo, tmp sy bljr diving pertama kali saat otw Surabaya dgn bis malam.
50) Dgn demikian. Berakhirlah cerita ttg #Baluran kali ini. Utk tmp2 lain..., sy blm smpt buat tulisannya. *layar ditutup. :D


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

Nyun
Nyun
Nyun Newbie
pd. 13 Maret 2014, 14.46

Klo mau travelling ajak2 donk mbak...biar saya jg bisa ikutan....pengen banget tu tau tempat yg bagus2.....

Suka 0
Malang
Malang
Malang Super Hero
pd. 13 Maret 2014, 14.03

>dl prnh jd tempat pmbuangn org2 yg sakit jiwa
>kl agk mlm waduh seremmm..di spot ttt ada penampakan.hiiiiiiii
>12km jauhx brupa jlnn gelombang darat alias jl rusak!
>ada kmungkinan banteng nylonong lo
>di savana Bekol..wah spt Africa ya, Africa jawa!!!
:ngakak: :adem:

Suka 0
NUR BAITI
NUR BAITI
NUR BAITI Newbie
pd. 13 Maret 2014, 12.31

Kalo untuk kereta ke surabaya : 120 ribu
kereta ke banyuwangi : (lupa, kalo ga salah 55 ribu atau 70 ribu)
penginapan di Ketapang asri : dari 60 ribu-85 ribu
makanan di sekitar penginapan : bervariasi, sekitar 10-20 ribu sudah termasuk minum.
naik angkot ke terminal : 5000 (kayaknya sih harusnya lebih murah, karena dekat)
naik bus ekonomi surabaya yang lewat baluran (bilang turun di baluran) : 5000
tiket masuk Baluran dan biaya bawa kamera : 7500
ojek Baluran (PP) : 80 ribu, ditungguin sama ojeknya.
penginapan di Baluran : 35 ribu-85 ribu, tapi saat saya ke sana, lagi ditutup.
penginapan/homestay di sekitar baluran sekitar 75 ribu-150 ribu
naik bus ekonomi jurusan madura, turun di terminal bungur asih, surabaya : (lupa) kalau ga salah cuma 30-40 ribu
penginapan di surabaya : 150-200 ribu.

kalau untuk solo traveler wanita seperti saya, baiknya jangan cari penginapan dekat terminal/stasiun (di surabaya) karena suka dipake tempat 'esek-esek'
semoga membantu mas

Suka 0
brilian_d
brilian_d
brilian_d Jr.
pd. 13 Maret 2014, 9.55

nyewa ojeknya brp nih pp?
minta rincian budgetnya dong mbak....

Suka 0

© backpackerindonesia.com