Karimun Jawa part II

Tiara indah
Tiara indah, pada 15 Maret 2014, 11.55

Hi halo, agak telat sih sebenarnya mau nge post blog ini tapi yaudahlah ya namanya juga berbagi pengalaman.. Bulan mei tahun 2013 kemarin aku berlibur untuk kedua kalinya ke Karimun Jawa.. Even tough ini liburan kedua kalinya kesini tapi pengalamannya is totally different.. Kali ini aku pergi dengan temanku which is cuma berdua aja.. Aku sama temanku basically dari jakarta so kita mulai itinerary via jalur darat naik bus antar kota dari Jakarta ke Jepara.. Seru banget sih aku ambil perjalanan malam jd di bis bisa bobo..

Day 1
Arrive at jepara, semua bis arah jepara rata2 sudah tau kalau kita rencana mau ke karimun jawa nanti mereka dgn sendirinya stop bis di alun alun jepara. Dr sini so far tdk terlalu jauh hanya butuh naik becak selama 10 menit dan dengan biaya 15rb per becak. Sesampainya di pelabuhan kami lgsg cari warung ibu siapa gitu namanya maaf saya lupa. Sambil menunggu kapal jalan. Kapal akan berangkat sekitar jam 7-7.30 jd d sarankan sampai sini subuh. Setelah tiket sudah d tangan utk kali ini saya lebih memilih naik kapal cepat utk mempersingkat waktu. Hanya memakan waktu sekitar 2jam saja. Sangat cepat bukan. Sesampainya kami lgsg ke tempat penginapan. Ada berbagai macam pilihan penginapan ketika d sini. Saya lebih suka homestay tapi kalo kalian lebih suka yg private bisa juga coba penginapan hotel yg cost nya pastinya lebih mahal dong.. FYI, disini banyak hal yg bs dipelajari. Beberapa penginapan tidak ada air bersih kebanyakan air asin tetapi byk jg yg menyediakan air bersih. Disini kita bs banyak belajar bersyukur krn jam 6 pagi listrik mulai padam. Jd hanya jam 6 malem sampe 6 pagi listrik menyala. Beberapa penginapan tapi mempunyai genset. Jauh sekali seperti d jakarta bukan. Makanya kita harus banyak bersyukur. Disini pulaunya segitu2 aja dan dapat dipastikan aman warganya jg ga banyak kok kebanyakan itu nelayan atau ya bisnis travel, mereka yg banyak uang justru bukan memiliki mobil tapi memiliki perahu. Disini ajaibnya setiap motor tidak pernah di kunci oleh pemiliknya saking amannya. Hari ini cobain seafood market d alun berhubunh laper lho ini. Lanjut tidur. See u peeps!

Day 2
Hari ini temanya adalah main air/main pantai. Spot pertama yg kita kunjungi itu tempat penangkaran hiu. Bisa banget lho berenang sm hiu bahkan selfie bareng. Kalo saya sendiri berenang saja cukup. Hiu disini mostly hiu karang yg lumayan galak jg tp jinak kok. Ada hiu putih dan hiu hitam. Kalo dr tampangnya hiu hitam lebih serem tapi ketika kita tanya2 justru hiu putih yg lebih berbahaya. Tapi mereka takut kok sm manusia asalkan jgn ada yg ganggu aja kalo ga d santap sm hiunya krn pernah ada kejadian ini org malah megang si hiu jadilah tangan nih orang di makan. Serem ya itu jg krn manusianya yg ganggu. Disini saya foto sm ikan buntel dan pentu mereka totally lucu banget banget. Lanjut spot snorkeling jgn lupa bawa makanan untuk ikan tapi sangat dilarang utk nyampah ya. Jd setiap sampah harus d bawa kembali. Trus jgn pernah menginjak karang, big no no! Lanjut ke tanjung gelam salah satu pantai yg bs d tempuh darat maupun laut. Bagus banget ada pohon kelapa rindang trus bs makan d pinggir pantai krn ada warung dsini plus ada jg kelapa ijo. Ughh seger! Lalu next balik ke home stay.

Day 3
Krn satu penginapan sm cewe2 rusuh segambreng maka saya memutuskan utk bangun lebih pagi supaya ga rebutan kamar mandi. Males aja nunggu mereka dulu. Disiapin sarapan sm homestay nya jd sarapan dulu dong biar ga sakit pas nyemplung ke laut.
Langsung ke harbor deket wrg ibu siapa gt namanya. Nah abis itu itinerary seharian ke pantai sm snorkeling jg. Nemuin babi laut d dlm pas snorkeling. Bahagia itu sederhana kan. Ke pulau gosong, pulau nyamuk kalo ga salah namanya tapi asli keren banget. Makan di pinggir pantai. Wohooo! Hari terakhir jd saatnya beli oleh2 rada mahal cuy disini jd sabar2 aja. Baju aja bs sekitar 100rb an paling kerupuk ikan kerapu ada dan murah.

Day 4
Saatnya pulang, naik bis p.o haryanto krn ga ada lg bis yg available. See you in another trip yaaaaa ✌