Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Cikuray bersama TS ngesot, 20-22 Jan 2012

irwadi
irwadi, pada 26 Jan. 2012, 19.56
di Blog

Cikuray adalah alternatif rencana perjalanan yang disusun kami karena sebelumnya banyak gunung yang tutup. Ane yang pada dasarnya minim pengalaman naik gunung (baru sekali naek gunung "beneran", Gunung Guntur) dan termasuk para ngesoters merasa tertantang untuk mendaki. Awalnya sih nyari yang agak entengan. Sayang disayang, karena keadaan Jan-Maret yang kebanyakan gunung ditutup untuk pendakian, membuat pilihan yang tersisa tinggal sedikit. Akhirnya, dipilihlah Cikuray sebagai pemenangnya. Walaupun dari yang ane baca2, Cikuray memiliki julukan seperti judul trit ane dengan berbagai impovisasi... tanjakan tiada maap, tanjakan tiada henti, dengkul ketemu jidat, de el el yang membuat jalan kesana dimusim ujan gini menjadi sebuah pilihan yang menakutkan bagi beberapa orang, tapi apalah daya ane untuk menolak hasrat ini. Hari libur tanggal merah sangat sangat berharga sekali untuk ane. Kalo tidak dipergunakan semaksimal mungkin, hari libur itu akan numpang lewat saja, dan tinggal ane gigit jari kepingin libur yang worthed dan berkesan tapi tidak kesampaian.

[i]review sekilas gunung cikuray[/i]
Gunung Cikuray adalah sebuah gunung yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Gunung Cikurai mempunyai ketinggian 2.818 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat setelah Gunung Gede. Urutan ketinggian gunung di Jawa Barat : Ciremay, Pangrango, Gede n Cikuray. Gunung ini berada di perbatasan kecamatan Bayongbong, Cikajang, dan Dayeuh Manggung. Rencana perjalanan kami : berangkat via Dayeuhmanggung nyewa pickup sampai pemancar, lalu naek n ngecamp di puncak (shelter). Ntar turunnya lewat bayongbong. Kata teman sih enakan gitu. Jadi naek ama turun tempatnya beda.
[IMG]http://i41.tinypic.com/2eas039.jpg[/IMG]
Tanggal sudah ditentukan. Mulai cari temen, dapet teman ane satu kantor yang pernah kesana. Siiiip, paling tidak dengan bersama orang yang pernah kesana, perjalanan jadi aman. Cek dulu keadaan sekitar (perijinan, tutup gaknya dll) melalui trit di kaskus... Ternyata Cikuray tidak perlu perijinan... Asiiiik. Kebetulan lagi, ada teman juga yang mau naik, nanyain di trit yang sama. Dapet dah 4 orang teman dari Depok (Adi dkk).

Note : [b]Cikuray tidak memerlukan perijinan, karena bukan Taman Nasional...[/b]

Ane dah punya anggota buat naik (joko, teman satu kantor ama adi dkk-nya) dan perginya pasti jadi. Dengan pedenya ane lempar dah ide ane ke BPI. Sekalian kontak2 teman2 ex Guntur kali aja ada yg mau ikut. Respon positif keluar. Ampe seminggu sebelum hari H, terkumpul 19 orang peserta (termasuk cew 6). Akhirnya tripnya dah setengah jadi, tinggal menunggu hari H. Kita kontak2 via email buat persiapan mendaki n bagi2 tugas peralatan kelompok. Prepare for the worst condition lah....
Menjelang hari H, peserta ciut dari 19 orang, terseleksi jadi cuma 14 orang peserta (termasuk temen ane joko). Rata2 mundur karena ragu liat cuaca musim penghujan dan ekstrim (saat2 itu emang ujan lagi sering2nya dan deras disertai angin). Yang udah fix dari jkt ada 10 orang, Garut 1 orang n bandung 3orang. Tak ada cew :( . Lucunya, dari 14 orang, cuma 1 yang ane kenal dan dah ndaki bareng. Sisanya kenal dari email, forum ato telp. Hahahaa...

Jumat, 20 Jan pukul 23.00 WIB
Berangkat dari Kp Rambutan ke terminal Guntur, kesialan datang. Kami salah naek bus. Jurusan dah bener, tapi dia via puncak, ciawi.. Jalannya muter2.. Berangkat jam 11 malem, baru nyampe sekitar jam 4 pagi. Mana busnya dioper lagi waktu mau masuk tol Padalarang... Di dalem bus gak bisa tidur ane.... :(

Note : buat yang berangkat dari jakarta naek bus dr Rambutan, selalu ingat!!!! Kalo ke Garut, pilihlah bus jurusan [b]Jkt-Garut Via Cipularang [/b] bukan via puncak / ciawi. Amati benar2 bus yang anda naiki. Busnya bisa Primaj*sa ato Karun*a Bakti

Sabtu, 21 Jan 2012 jam 04.00 WIB
Nyampe di Terminal, kami pun nyari mesjid terdekat. Letaknya persis di depan terminal, masuk gang dikit. Sholat subuh, lalu siap2 berangkat.... Kami lalu nyewa pick up buat ke pemancar. Pickupnya sebelumnya dah kami hubungi supaya njemput di terminal. Karena jumlahnya lebih dari 10 orang, kita mbayar per anak 20rb. Kalo dibawah jumlah 10, harganya antara 100-200rb. Jalan dari kebun teh ke pemancar luar biasa jauh. bisa setengah perjalanan...
berangkat dr mesjid dekat terminal Guntur Garut
[IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/IMG_20120121_061700.jpg[/IMG]
[spoiler=perjalanan terminal guntur-pemancar 07.00-09.00 WIB]
[spoiler=naek pick up dari dekat pasar Guntur][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/409122_2797038517396_1001480594_32433288_1373525068_n.jpg[/IMG][/spoiler]
[spoiler=perjalanan di Dayeuhmanggung melintasi kebun teh menuju pemancar][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/IMG_20120121_084157.jpg[/IMG][/spoiler]
[spoiler=kebun teh][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/IMG_20120121_082333.jpg[/IMG][/spoiler]
[spoiler=siap siap trek][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/408776_2872144174982_1601238918_2471376_1631085353_n.jpg[/IMG][/spoiler]
[/spoiler]

[b]Note : Saran buat teman2, usahakan untuk memulai trek dari pemancar. Jaraknya jauh, ampir setengah perjalanan. Sebaiknya sewa lah pickup buat mbawa sampai ke pemancar supaya menghemat waktu dan tenaga di perjalanan. Jangan percaya angkot/elf yang ngaku mau ngangkut ke pemancar. Bisa2 diboongin, soalnya angkotnya gak kuat nanjak ampe ke pemancar. Kalo pake angkot, trus gak kuat nanjak bisa2 ntar diturunin di kebun teh. Jalannya sih ada landainya, tapi jauh n berbukit2, juga ada tanjakan. Resiko kesasar tinggi. [/b]

09.10 WIB
Start trekking dari pemancar, ane mulai menunjukkan kengesotan... Dari awalnya paling depan, pas tanjakan pertama melintasi kebun teh, ane dah jadi yang paling belakang... Hah hah hah hah.... Faktor "U" tak pernah bohong brow... Hahahaha.... Biarin dah diledekin, napas ane dah ngos2an tetep aja pede -pde ngesot maksudnya-....
Rombongan akhirnya terpecah jadi dua. Dari 11 orang yang ndaki (3 orang dari bandung gak ikut karna nunggu temannya 1 baru ikut naik), rombongan pertama 9 orang. Rombongan kedua ane ama hamdi, anak Garut. Hamdi itu sebenarnya yang tau jalan, secara udah berkali2 naek Cikuray. Tapi karena ane yang paling lamban kayak siput, jadilah anak ini nemenin ane. Yang lain dipesenin aja ama Hamdi kalo treknya itu jelas banget. Jadi gak bakal kesasar. Biarin dah diledek gimana juga ane terima... Hahaha... :hammer
Ni ane jalan "sesantai" mungkin dengan Hamdi..
[spoiler=perjalanan nanjak ane (lelet'ers) ame hamdi]
[spoiler=ni dia tanjakannya, mayoritas kayak gini][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/IMG_20120121_144255.jpg[/IMG][/spoiler]
[spoiler=dan gini][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/IMG_20120121_123131.jpg[/IMG][/spoiler]
[spoiler=ni yang lumayan][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/IMG_20120121_143941.jpg[/IMG][/spoiler]
[spoiler=jidat ketemu dengkul][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/IMG_20120121_143345-1.jpg[/IMG][/spoiler]
[spoiler=jalan aer jadi jalan setapak (untung gak ujan)][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/IMG_20120121_112052.jpg[/IMG][/spoiler]
[spoiler=pohon tumbang][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/IMG_20120121_143547.jpg[/IMG][/spoiler]
[spoiler=sampe ngalangin jalan. kebetulan hamdi bawa parang, jadi kite singkirkan deh dari jalan][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/IMG_20120121_120810.jpg[/IMG][/spoiler][/spoiler]

Ni teman2 ane yang dah duluan. Udah speed yang nyantai juga gak bisa ane susul :hammer . Sampe di puncak bayangan jam 15.00 WIB n ndiriin tenda. Ane nongol baru jam 17.00 :capedes
[spoiler=temen yang udah duluan]
[spoiler=awal ndaki][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/IMG_20120121_095125.jpg[/IMG][/spoiler]
[spoiler=di jalan][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/402162_2797047077610_1001480594_32433309_371789915_n.jpg[/IMG][/spoiler]
[spoiler=di jalan][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/404235_2797046797603_1001480594_32433308_1008188133_n.jpg[/IMG][/spoiler]
[spoiler=istirahat][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/407585_2797045637574_1001480594_32433306_762044223_n.jpg[/IMG][/spoiler]
[spoiler=istirahat][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/396596_2797047437619_1001480594_32433310_616199848_n.jpg[/IMG][/spoiler]

[spoiler=nyampe di puncak bayangan ndiriin tenda ama bivak][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/409127_2797048717651_1001480594_32433314_525690780_n.jpg[/IMG]
[IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/397235_2797047757627_1001480594_32433311_1432002063_n.jpg[/IMG][/spoiler]
[/spoiler]

to be continued -puncak bayangan-puncak-perjalanan pulang-


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

zander13
zander13
zander13 Newbie
pd. 25 Feb. 2013, 16.22

belum pernah naik gunung nih..
skali2 pgn nyoba jga
:bingung:

Suka 0
elfarizi
elfarizi
elfarizi Pro.
pd. 18 Sep. 2012, 23.28

hebat.. kereenn gaan.. :)

jadi terpanggil ngerasain jidat ketemu dengkul...
maksudnya dengkul ketemu jidat..
hehe

Suka 0
chipitz
chipitz
chipitz Sr.
pd. 30 Jan. 2012, 12.20

kereeeeennnnn... thx buat FRnya..
bisa buat panduan...
:beer: :beer:

Suka 0
rizalummin
rizalummin
rizalummin Newbie
pd. 29 Jan. 2012, 23.55

wah lengkap sekali nih info nya,,.nice oom irwadi

jadi pengen lagi ke cikuray :D

Suka 0
Tiyar
Tiyar
Tiyar Pro.
pd. 28 Jan. 2012, 12.23

selamat dan sukses komandan, memimpin tim sampe ke puncak cikuray.
perlengkapan adventurenya dari atas ampe bawah kaya'nya baru tuh.

Suka 0
irwadi
irwadi
irwadi Pro.
pd. 27 Jan. 2012, 13.38

@Zaky : Keempax,
@byteeater : Sok atuh... Kita jalan2 hiking dan melestarikan lingkungan...
@Pru : Seeeeppp...

Suka 0
pRu
pRu
pRu Sr.
pd. 27 Jan. 2012, 13.32

tengkyu mas bro reviewnya ... bermanfaat sekali ...
ditunggu trip selanjutnya ... he..he...

Suka 0
byteeater
byteeater
byteeater Hero
pd. 27 Jan. 2012, 10.16

wogh mantap, kapan2 pengen coba naek gunung juga :D

Suka 0
zaky muala
zaky muala
zaky muala Newbie
pd. 27 Jan. 2012, 3.17

PERTAMAX GAN :D

Suka 0
irwadi
irwadi
irwadi Pro.
pd. 27 Jan. 2012, 13.36

[b]Petunjuk arah perjalanan pulang via Cikajang / Bayongbong : Anda berdiri membelakangi shelter. kalau jalan ke kanan akan lwat jalur bayongbong. Kalo jalan ke kiri akan lewat jalur Cikajang.[/b]

Minggu 22 Jan 2012 09.10 WIB
Saat akan pulang, kami pisah rombongan. Teman bandung termasuk hamdi mengambil jalur awal pendakian untuk pulang (Dayeuhmanggung) karena rumah hamdi lebih mudah dicapai kalo lewat situ. Sedangkan sesuai ide awal, kami pulang lewat jalur Bayongbong. Tapi saat itu kami ngambil jalur kiri. Awalnya kami mengira itu jalur Bayongbong. Ternyata beda trek. Jalur yang kami lalui itu jalur Cikajang, walaupun keluarnya ya sma melalui Bayongbong juga. Kalo mau ke papandayan tinggal jalan lurus saja. Di depan trek kita dah terlihat gunung Papandayan.
Trek Cikajang yang kami lewati ini awalnya trek batu curam menurun hampir 90derajat dan berbatu. Vegetasinya tidak sebanyak jalur Dayeuhmanggung. Dari trek curam, mulai melandai, dan lama kelamaan akan ketemu jalur air yang curam, terus sampai ladang penduduk. Treknya benar2 curam, memaksa kami harus prosotan sampai celana wajib kotor. Mungkin saat kemarau jalur ini akan benar2 berdebu, karena di jalur air ini didominasi tanah kuning.
2 Anggota kakinya keseleo, saya dengan zaki. Zaki karna kena batu waktu nanjak kemaren, dan saia karna salah urat di kaki kanan. Saia yang memang dasarnya lambat, makin parah karena keseleo, dan memutuskan untuk jalan pelan2 saja, membiarkan rombongan di depan maju duluan. Untungnya, ada adi yang menemani saia jalan n menyemangati supaya kuat... Jadi tim terpisah 3. Tim 1 yang jalan duluan, tim 2 menemani ngesot Zaki, dan tim 3, ane ame adi.

[spoiler=jalannya mayoritas begini][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/CIMG6267-1.jpg[/IMG][/spoiler]
[spoiler=banyak halang rintang][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/396611_2861771555673_1601238918_2467644_226790983_n.jpg[/IMG][/spoiler]
[spoiler=sampe ngesot][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/397068_2797071438219_1001480594_32433367_445762233_n.jpg[/IMG][/spoiler][spoiler=jadinya begini][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/409089_2861844437495_1601238918_2467716_75826828_n.jpg[/IMG][/spoiler]
Tuh ampe celana dah pasrah aja dibikin buat prosotan... :hammer
[spoiler=istirahat][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/CIMG6259.jpg[/IMG][/spoiler]

Ampe akhirnya keluar utan.... Aaaaahhhh..... Ketemu ladang, ketemu pondok.. Istirahat dolo....

[spoiler=keluar utan][spoiler=keluar utan][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/395239_2797080358442_1001480594_32433388_642688501_n.jpg[/IMG][/spoiler][spoiler=ladang penduduk][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/CIMG6278.jpg[/IMG][/spoiler]
[spoiler=nyampe di peradaban, liat belakang, cikuray meenjulang][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/CIMG6288.jpg[/IMG][/spoiler]

Ane nyampe di pondok jam 16.00, dah ditungguin anak2 yang dah nyampe dari tadi.
[spoiler=numpang shalat n makan di pondok peristirahatan (kayaknye ni pondok mang khusus buat numpang istirahat][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/401184_2797080118436_1001480594_32433387_1650795420_n.jpg[/IMG][/spoiler]
[/spoiler][spoiler=baberessss][IMG]http://i1160.photobucket.com/albums/q488/Irwadi_Hidayat/407807_2861782755953_1601238918_2467655_42797926_n.jpg[/IMG][/spoiler]
16.30 WIB
Abis istirahat, kami jalan lagi ampe ketemu desa. Kami minta ditunjukin jalan besar, biar kita bisa nyewa angkot ato apalah buat dianter ke Terminal. Kami ditunjukin jalan ke Kampung pabrik. Dari situ, kami cari2 angkot buat ke terminal guntur, n dapet. Deal dengan harga 170rb (jd 17rb perorang).
Note: untuk jalan balik, jangan khawatir. segala angkot bisa dipakai, karena treknya menurun...

18.30-19.45 Perjalanan Kp pabrik - Terminal Guntur
20.30-24.30 Perjalanan naek bus Terminal Guntur - Kp Rambutan....

Dari Kp Rambutan anak2 nyebar nyesuain arah pulang masing2...

Ripiew ongkos:
Bus Kp Rambutan -Guntur : 35rb
Pickup Guntur-pemancar Dayeuhmmanggung :20rb
Kp Pabrik Cikajang-Guntur : 17rb
Guntur - Kp Rambutan (exc) : 45rb
sarapan di warung + bli makan siang : 10rb
Total : 127rb...

Suka 0

© backpackerindonesia.com