Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

tips hemat saat traveling dari mas ariy.

sigit_123
sigit_123, pada 4 Feb. 2012, 15.10
di Blog

saya ingin berbagi tips hemat saat traveling yang saya baca blog dari guru traveling saya mas ariy. mau tahu tipsnya yuk kita intip sama-sama.

Banyak teman atau pembaca yang menanyakan, bagaimana sih caranya menghemat biaya supaya traveling kita murah dan menyenangkan. Berdasarkan pengalaman saya, yang juga sudah pernah saya bagi dalam twitter saya di @ariysoc, berikut beberapa hal yang mungkin bisa jadi panduan awal. Tentu ini tidak akan menjawab semua, dan akan sangat tergantung pada situasi yang Anda hadapi. Tips ini bisa berlaku untuk perjalanan dalam negeri ataupun ke luar negeri. Jadi sesuaikan dengan kepentingan Anda:

1.Cari tiket murah kunci utama. Beli tiket pp langsung, biasanya jatuhnya lebih murah, dibanding Anda beli tiket pergi dan pulang secara terpisah. Khususnya untuk maskapai yang sama. Cara lain, bila satu rute dirasa mahal, coba connecting flights dengan maskapai yang berbeda misalnya. Usahakan juga ambil di luar weekend dan high season.

2. Rencanakan perjalanan overland, Kereta Api (KA) atau bus. Kelas ekonomi tidak haram lho, way cheaper :). Usahakan ambil yang overnight sehingga bisa menghemat biaya penginapan.

3.Citytour, lebih keren dengan jalan kaki. Tergantung apakah Anda orang yang suka jalan atau tidak. Pilihan lain adalah sewa sepeda. Atau bus kota yang selalu lebih murah dibanding Metro atau Subway.

4. Makan: pilih hostel dengan free breakfast. Jadi pas waktunya breakfast, ambil sebanyak-banyaknya. Ambil waktu yang mepet agak siang, sehingga bisa sekalian lunch (brunch). Sehingga pas lunch time, Anda sudah mati kekenyangan. Hemat deh. :)

5. Makan: foodstreet banyak menawarkan makanan murah. Atau jaringan 7/11 banyak menawarkan makanan hangat dan murah. Big No for Fancy Restaurant.

6.Nginep: hostel dorm best dah. Bisa diakali juga menghemat penginapan dengan naik bus atau kereta api saat pindah destinasi. Ambil yang overnight. Ngiler di airport atau stasiun boleh juga :).

7.Packing seperlunya. Pakaian seperlunya, biar hemat gak pake bagasi.

8. Pastikan beli keperluan wajib di Indonesia. Saya lupa bawa odol, di Indonesia cuma Rp 2.000, di Singapore Rp 30.000. Rela?

9.Tukar uang di Indonesia, at least dalam mata uang US$ yang lebih stabil. Pelajaran: tuker rupiah di Thailand, Rp 1,5 juta cuma dihargai Rp 800.000. Rela?

10. Jangan takut tanya ke orang lokal. Siapa tau, spot yg kita kira jauh, ternyata cuma sepelemparan kolor aja, dan bisa ditempuh dengan jalan kaki. Menghemat kan? tapi pastikan juga cari second opinion untuk memantapkan.

11. Jangan percaya orang lokal yang menawarkan hal-hal murah. Alih-alih pengen murah, kita malah masuk jebakan. Good people, bad people, they're everywhere.

12. Touristy Place kadang bikin pening tiket masuknya. Putar otak, googling, cari spot gratisan. Dijamin travelingnya gak kalah mantapnya.

13. Traveling in group? minta diskon di hostel. Bertanyalah ke pengelola. Saya berkali kali dapat diskon juga. Misalnya, menginap empat hari, hanya bayar tiga hari.

14. Jangan traveling pas weekend, high season. Thailand akan tetap sama bentuknya baik weekend atau weekdays, trust me :)

15. ini agak ekstrem sih: beberapa temen dapat makan gratis di upacara keagamaan, festival, etc. Pantas dicoba kalau mau.

16. Ini juga agak susah sih: beberapa temen ngajak tidur di public school, atau minta izin nginep di kuil. Beberapa berhasil dapet :) Bisa dicoba.

17. Sehemat-hematnya Anda, pastikan tiket pulang pergi sudah di tangan ya. Jadi kalo duit habis, silakan bego di airport nunggu jadwal pesawat pulang.

Itu beberapa tips, masih banyak tentunya cara-cara kita menghemat biaya. Tentu saja situasi-situasi di atas juga akan berbeda satu sama lain. Jadi silakan dibaca, dipertimbangkan, dan mungkin bisa dilakukan.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

santosa
santosa
santosa Newbie
pd. 4 Sep. 2012, 2.45

ajib nih info dan tipsnya, bisa di coba pas backpackeran :D

Suka 0
arjulio
arjulio
arjulio Sr.
pd. 23 Juli 2012, 13.42

enak nih, penyampaiannya.. bisa di follow sih itu twitter nya :nyimak:

Suka 0
anesfernandez
anesfernandez
anesfernandez Newbie
pd. 19 Juli 2012, 16.27

nice info gan :)
klo boleh nambahin
kdang transportasi bisa lebih di hemat dengan cara nebeng truk/puso.. klo di eropa malahan bisa nebeng mobil pribadi karena orang disana ramah, ngacungin jempol di pinggir jalan haha..
sama nginep biasanya makin jauh dari lokasi wisata tarif penginapannya kemungkinan besar akan lebih murah

Suka 0
burhan febryan
burhan febryan
burhan febryan Newbie
pd. 17 Juli 2012, 15.51

thanks agan wat inponya yg kebetulan pas bgt wat ane yg pengen Backpakeran ke LN karena blum pnah ke LN cuma ubek2 seluruh indo aja dr sumatra sampai papua..
diitunggu tips dan inpo2 yg lainnya
trimss

Suka 0
domank SI petualank
domank SI petualank
domank SI petualank Pro.
pd. 17 Maret 2012, 14.48

Top info,,,salam kenal semua'y....

Suka 0
backpackermate
backpackermate
backpackermate Jr.
pd. 16 Maret 2012, 15.58

mantap gan infonya berguna buat nubi kaya ane

Suka 0
bayu petualang
bayu petualang
bayu petualang Newbie
pd. 19 Feb. 2012, 6.35

pengen keliling indonesia, kira kira abis berapa ya koceknya????
kalo ada yang punya info bisa di share gan....

Suka 0
Arip
Arip
Arip Sr.
pd. 18 Feb. 2012, 23.37

semuanya w lakuin pas traveling pertama w. Dan 4jetong kurang buat 20 harian.. Asiikk kan kalo mas ariy cuma 1,6 di thai 10 hari. Saya kebablasan karena banyak hal yg diluar rencana dan skarang kedinginan nunggu besok penerbangan..

Suka 0
Tomy Sibuluck
Tomy Sibuluck
Tomy Sibuluck Jr.
pd. 18 Feb. 2012, 8.32

Dibaca dlu y Gan Tipsnya...:)

Suka 0
shofa
shofa
shofa Newbie
pd. 10 Feb. 2012, 9.54

nice tips gan, sgt membantu buat ane yg newbi di dunia backpackeran. ;)

Suka 0

© backpackerindonesia.com