Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Rumah Betang Ensaid Panjang

vebry gumay
vebry gumay, pada 3 Mei 2014, 12.14
di Blog

Desa Ensaid Panjang adalah salah satu desa di Kecamatan Kelam Permai, Kabupaten Sintang, Propinsi Kalimantan Barat.Pencapaian menuju Ensaid Panjang tidak terlalu sulit, dengan menggunakan kendaraan pribadi atau menumpang kendaraan umum, kampung ini dapat dicapai dari kota Sintang selama kurang lebih 2 jam

Rumah Betang Ensaid Panjang memiliki panjang sekitar 130 meter dan lebar 16 meter. Dibangun pertama kali pada tahun 1986, saat ini rumah Betang Ensaid Panjang dihuni 136 jiwa dari 33 kepala keluarga dengan 29 bilik.
Bagian utama rumah betang tempat masing-masing keluarga tinggal disebut bilik. Masing-masing keluarga memiliki bilik seluas lebih kurang 6x7. Dahulu rumah betang sengaja dibuat tinggi sekitar 5-7 meter untuk menangkal tombak musuh. Supaya mudah dalam penjagaan, tangga rumah hanya dibikin dua yang letaknya berada di samping kanan dan kiri rumah. Setelah perang antarsuku usai, rumah betang dibangun lebih rendah, sekitar 1,5 meter dari atas tanah. Tangga rumah pun umumnya sudah lebih dari dua. Tidak hanya di samping kiri dan kanan, tapi juga di depan.


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

© backpackerindonesia.com