Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

WHATEVER I'M BACKPACKER - Harus Berani Traveling Sendiri !! Tips untuk yang ingin menjadi solo traveler untuk pertama kali-

adis
adis, pada 9 Feb. 2012, 13.43
di Blog

Lagi-lagi ide postingan ini gue dapat dari twitter, beberapa teman di twitter gue suka nanya "gimana sih caranya traveling sendiri ??" | "gue gak berani traveling sendiri ah.." | "aman gak yah traveling sendirian, apalagi cewek ??" "lo kok berani traveling sendirian ??" | "gimana sih cara numbuhin keberanian buat traveling sendiri ??" | atau "gimana sih rasa indomie soto gajah ??"

Beberapa pertanyaan itu mulai menumbuhkan pertanyaan baru buat gue sendiri "memang sulit yah traveling sendiri ?? Kan tinggal packing terus pergi doang.."

Tapi ternyata kenyataannya tidak se-simple itu, banyak faktor yang membuat kita jiper duluan sebelum pergi. Mungkin beberapa faktornya adalah masalah makanan, uang, ketakutan nyasar, kesepian dan yang paling banyak menjadi penghambat seseorang untuk traveling sendirian adalah masalah keamanan ! Right ??

Sebenarnya ketakutan akan beberapa faktor yang menghambat kita untuk menjadi solo traveling adalah adanya hal yang mengganjal dalam diri kita sendiri. Saat pertama gue traveling ke Thailand, gue gugup, takut dan mendadak jadi cupu walaupun gue memang cupu -___-".

Gue takut nyasar disana, gue takut kalo gue sakit siapa yang nyuapin bubur ke mulut gue, gue takut kalo lagi jalan malem-malem diperkosa bencong dan banyak lagi ketakutan-ketakutan lain. Lantas gue berpikir, kalo gue takut gue gak akan pernah jalan !! Toh, ke-apes-an bisa terjadi dimana saja. Jangankan di Luar negeri, di depan rumah aja lo bisa ditusuk terus mati !! Jadi stigma tersebut menumbuhkan ke-nekat-an gue untuk berani pergi sendiri. Ke tempat yang sama sekali asing buat gue !!

Nah dalam postingan ini, gue mau membagi beberapa tips buat kalian yang pengen traveling sendiri untuk pertama kali, terutama ke luar negeri, baik cewe maupun cowo apalagi bencong, bisa baca tulisan ini.

1. Buatlah itinerary perjalanan, kenapa ?? Karena ini akan memudahkan lo untuk mengetahui step-step kemana lo akan melangkah. Lo bisa buat garis besar itinerary perjalanan yang akan lo lakukan, ataupun kalau lo orang yang parno-an. Lo bisa bikin itinerary se-detail mungkin, seperti naik kendaraan apa, tidur dimana, beli makanan dimana sampai ngelangkah pake kaki kiri duluan apa kanan duluan. Pokoknya detail banget !!

2. Persiapkan barang bawaan dengan teliti. Pakaian, chargeran, jaket, alat mandi, Identitas diri, dan sebagainya. (detail-nya lo bisa lihat di tulisan gue yang ini --> Apa saja yang harus dibawa untuk backpacking ke Luar negeri)

3. Bahasa Inggris. Biasakan lagi berbicara bahasa inggris, lo gak harus kuliah sastra Inggris dulu buat bakal lo traveling. Di Asia Tenggara, dengan modal bahasa Inggris setingkat kelas 2 SMP di Inggris, lo sudah bisa berkomunikasi kok. Seenggaknya lo tau yang basic-basic-nya, kaya nanya tempat, nanya harga dan nanya sudah punya pacar apa belum ?? (Mau traveling apa nyari jodoh ??)

Walaupun ternyata bahasa Inggris lo dibawah rata-rata waktu SMP, jangan khawatir !! Kita masih punya bahasa Internasional lain yang insyaallah di mengerti semua pihak, Yaitu BahasaTarzan Huu..Huu..Haa..Haa..

4. Kumpulkan info sebanyak-banyaknya, lo bisa googling atau tanya-tanya sama yang sudah pergi ke destinasi yang mau lo tuju. Sesampainya disana pun, jangan malu bertanya kepada warga lokal, rata-rata mereka akan membantu sebisa mereka bila ada turis dari negara lain yang kebingungan. Tapi jangan juga nanya berapa uang direkening dia, gak sopan !! Pokoknya tanya deh kalau gak tau, kan ada pepatah bilang tuh "Malu Bertanya Sesat di Jamban"

5. Jangan gampang percaya sama orang !! Musyrik !! Percaya tuh sama Tuhan !!

6. Jangan terlalu baik sama orang dan jangan terlalu mau dibaikin sama orang. Biasanya kalau orang yang baru kita kenal tapi sudah baik banget sama kita, waspadalah !! Biasanya ada udang dibalik siomay !! Jaga jarak adalah salah satu cara menghindar paling keceh.

7. Tersenyumlah dan bersikap ramah terhadap semua orang dan benda. Kalau perlu senyumin juga tiang listrik sama tempat sampah, itu akan menambah nilai keimanan lo di mata Tuhan.

8. Simpan dengan super duper ketat apa yang dinamakan identitas diri (KTP atau Passpor) Jangan pernah sekali-kali ditinggalkan atau dititipkan kepada orang lain. Bila perlu beli body wallet (dompet yang diikatkan ke badan) Kehilangan passpor berarti kiamat tingkat 7 !!

9. Simpanlah uang dibeberapa tempat, bisa sebagian di dompet, sebagian di backpack dan sebagian lagi kasih gue. Jadi, misalnya saat uang di dompet lo hilang, lo gak akan kebakaran jenggot, karena lo masih punya simpanan uang di backpack, tapi uang yang lo kasih ke gue gak bisa lo minta lagi. Cerdas kan ??

10. Hati-hati dengan pemberian orang yang gak lo kenal, misalnya lo dikasih roti. Lo gak tau kan isi dalem roti itu apa? Bisa aja didalemnya ada obat bius, atau uang 100rebu !! lo gak mau kan makan uang 100rebu ?? #yakali

11. Buat cewe, jangan jalan-jalan sampai larut malam, hindari tempat sepi nan mencekam. Bila diajak oleh orang lain untuk ikut dengan dia, teliti dulu apakah kaki-nya napak tanah atau ngga. Siapa tahu dia Toro Margen si Uka Uka.

12. Bersahabatlah dengan traveler lain, terutama solo traveler juga. Biasanya mereka lebih welcome karena kesamaan nasib (traveling sendiri) siapa tahu kalian bisa share penginapan atau saling ngelonin minyak angin pas mau tidur. Nambah temen itu asyik !!

13. Balik lagi masalah ID, alangkah lebih baiknya lo scan dulu passpor dan identitas lain ke dalam bentuk file, lalu simpan di email lo. Bila sewaktu-waktu Passpornya hilang, masih ada back-up-an yang bisa lo claim.

14. Kuatkan mental dan nyali. Traveling sendiri bukan hanya tentang perjalanan, lebih dari itu, menjadi solo traveler adalah mempelajari diri lo sendiri.

Yah, begitu saja tips yang baru kepikiran di otak gue. Intinya jangan pernah takut untuk meng-explore dunia, even lo seorang diri. Karena dari apa yang gue tulis di no. 14, dengan traveling sendiri, lo akan lebih mengetahui jati diri lo. Lo akan lebih banyak dapat pembelajaran untuk diri lo sendiri, lo akan tahu kapasitas lo segimana.

Traveling sendiri itu menyenangkan dan sangat menyenangkan !! Yang gak menyenangkannya adalah gak ada yang bisa diminta terus-terusan moto-in kita. Last, beberapa quote dari gue dan beberapa sahabat gue, sebagai penyemangat lo untuk berani traveling sendiri..

"kalau Anda berkutat dengan kekhawatiran soal keamanan dalam traveling, maka Anda tidak akan kemana-mana. Masuklah kekamar Anda, kunci pintu kamar, tidur manis di kasur empuk Anda, dan Anda akan aman" - Ariyanto

"Hidup ini indah kawan, jangan sia-sia kan masa mudamu. Petualanganku tak akan pernah berhenti selama bumi ini masih berputar" - Niken

"Traveling bukan hanya sekedar jalan-jalan dan melihat keindahaan suatu destinasi. Lebih dari itu, traveling adalah salah satu mata pelajaran untuk hidup lo, yang gak akan lo bisa dapatkan di sebuah ruangan bernama kelas !!" - Gue, 21 tahun, Mahasiswa putus kuliah. #PembelaanDiri


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

ricky adriansah
ricky adriansah
ricky adriansah Newbie
pd. 8 Maret 2015, 18.08

siap gan,thanks buat inpoh nya
niat setelah lebaran ane pngen ke lombok kalo g ada temen kesana ya solo traveling gan(maklum jomblo)wkwkwkwkwk,modal nekat demi lombok gan :hore:
doain aja lancar

Suka 0
sizzozzy18
sizzozzy18
sizzozzy18 Pro.
pd. 5 Maret 2015, 18.23

Semakin bersemangat buat solo travelling yang rencananya tahun ini ke KL berkat wejangan2 ini. Thanks pisan bro/sist.... :dugem:

Suka 0
TravelMoreLighter
TravelMoreLighter
TravelMoreLighter Sr.
pd. 5 Maret 2015, 10.35

Jalan2 sendiri itu ngak ribet, ngak perlu mutusin bersama2, mau pergi tinggal pergi, mau makan, tidur, liat apa bisa sesuka hati. Saya lebih suka jalan2 sendiri atau maximal ditambah 1-2 orang teman saja. Soalnya kalau udah lebih dari 3 orang, susah. Makin banyak kepala makin banyak suaranya.

Saya ke Jogja, Medan/Toba, Bali, Lombok sendiri aja. Kalau diluar, Turki, Mesir, China, Eropa (8 hari pertama) sendirian juga.

Suka 0
chiputrix
chiputrix
chiputrix Newbie
pd. 4 Maret 2015, 12.33

waaaah thanks banget tips nya, jadi makin semangat buat solo travel..
rencananya akhir mei mau solo travel untuk pertama kali nih ke yang deket2 aja ke malang start dr jakarta hehe kebetulan belum pernah naik kereta ekonomi jauh2 dan belum pernah ke malang sama sekali hihi :bigsmile:

Suka 0
putrapenjahat
putrapenjahat
putrapenjahat Newbie
pd. 2 Maret 2015, 14.56

Ini pernah saya lakukan ni gan thn 2014. It juga krn mendesak, 1 org gk ikut tinggal saya sndr, dan saya bulatkan tekat solo backpaker jkt-pangandaran-jogja-jkt 1 mggu. Asiknya tuh kl ketemu org pasti pd tanya kok berani sih bla bla bla

Hrs diperhatikan gan solotraveler it canduuuu

Suka 0
pop
pop
pop Jr.
pd. 24 Feb. 2015, 11.56

iya seru jadi solo traveller/backpaker, lebih bebas hahaha

Suka 0
satriasinaga
satriasinaga
satriasinaga Jr.
pd. 18 Feb. 2015, 21.10

saya jelajah singapore dan kualalumpur sendirian dari surabaya....dan that was cool bro.... bisa kelana and jelajah sesukahati.. tips:bergaullah sama orang sana atau sesama backpacker biar lebih kerasa travelling nya..foto groufie sama mereka biar ada ceritanya....
kalo ga tau jalan,tanya saja orang sana dan instal google maps beserta translator app... dan siap dah solo backpacker

Suka 0
貧乏な旅行者
貧乏な旅行者
貧乏な旅行者 Newbie
pd. 18 Feb. 2015, 20.40

Gak sedikit orang yang menyebut saya "gendeng", "gila", dan sebangsanya begitu tahu saya backpacker-an sendirian.
Pertanyaan yang sering muncul:
--
Orang 1: Apa kamu gak takut di sana?
Me: Aduh, aku gak sempet untuk takut. Yang ada dipikiranku cuma gimana caranya biar bisa cepet nyampe tujuan. Kecuali kalau papasan ma anjing...itu baru takut. *grins*
-
Orang 2: Masa enak sendirian.
Me: Hahaha, udah biasa sendirian, jadi biasa aja sih.
-
Orang 3: Memangnya orang tuamu ngizinin?
Me: Ya itu bedanya orang yang kuliah/sekolah tinggal ma orang tua, sampai kerja pun masih perlu minta izin. Kalau aku mungkin karena dulu kuliahnya di luar kota ya, jadi kalau sekarang mau ke mana-mana, udah gak perlu izin, cuma bilang, "Ma, besok aku ke..." Lagian aku beri kok kopian itinerary lengkapnya (detail bo', mulai dari alamat homestay, ke mana aja, biaya-biaya, sampai prakiraan cuaca juga ada, wkwkkw), jadi biar tahu kalau ngilang kudu cari di mana. Hehehe...
Orang 3: Lalu masmu gak ngelarang gitu?
Me: Halah, masku, yo malah gak. Wakakaka... (dah dianggep co kayaknya :)) )
--
Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang mengandung unsur "Wha-?!"
Mungkin karena aku cewek ya, jadi mereka ngerasanya aneh kok berani gitu traveling sendirian.
Memangnya kenapa kalau cewek? -___- Diskriminasi.

Jenis kelamin itu bagi saya ngaruhnya ke mahram dan bukan mahram. And gender role is overrated, IMO.

---

Tapi itu kalau going solo, kalau traveling bareng baru saya berubah jadi: "Semuanya kuserahkan padamu, aku ngikut aja."

---

Btw, beberapa kutipan yang bikin saya memantapkan keinginan saya waktu itu untuk traveling sendirian, salah satunya:
"Traveling solo does not always mean you're alone. Most often, you meet marvelous people along the way and make a connections that lasts a lifetime." ― Jacqueline Boone

Dan pemicu kenapa saya memulai untuk solo traveling itu karena kejadiannya sama kayak yang di signature saya: "The man who goes alone can start today; but he who travels with another must wait until that other is ready, and it may be a long time before they get off." ― Henry David Thoreau

1. Get an offer to go traveling together.
2. Become excited and can't wait for the journey.
3. Planning, preparing.
4. The long-awaited trip gets cancelled because of silly reasons.
5. Disappointed.

And that circles kept happening as long as I can remember. Do you know what I mean? It gets old. I always replied with a smile, tho. "It's okay," I said.

Suka 0
joe2_aritonang
joe2_aritonang
joe2_aritonang Jr.
pd. 18 Feb. 2015, 10.26

Berminat nihh solo traveling.. Lebih bisa ngexplore diri sndiri daripada ramean.. Cuma belom ksampean nihh.. Mudah2n ada waktu nantinya bakal solo traveling :):):)

Suka 0
Revan
Revan
Revan Jr.
pd. 18 Feb. 2015, 9.29

mantap bro.................!!!!!. ane makin percaya diri aja nih. untuk perdana backpacker & solo backpacker ke singapore akhir maret nanti. thank you atas infonya

Suka 0

© backpackerindonesia.com