Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Backpacking ke Amerika Selatan 6-12 bulan

floowee
floowee, pada 16 Mei 2014, 8.20
di Tanya & Jawab

Salam kenal dan salam kelana!

Teman-teman forum,
Perkenalkan saya Flo, pelajar tahun terakhir program magister.

Saat ini saya sedang merencanakan perjalanan besar (sebagai hadiah untuk diri sendiri) ke Amerika Selatan. Alokasi waktu antara 6-12 bulan. Rencana perjalanan dimulai Juni 2015.

Adakah di antara teman-teman yang pernah melakukannya?
Ada saran terutama untuk rute dan visa?

Atau adakah yang berminat melakukan perjalanan serupa?

salam ransel,
Flo


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

Malang
Malang
Malang Super Hero
pd. 19 Okt. 2014, 19.10

gw sarananin berkunjung ke Amerika selatan yg free visa (rata2 stay 90 hari) untuk paspor Indonesia
al. ke :Chili,Peru,Colombia & Equador
Pengajuan Visa ke ARGENTINA:
· Paspor minimal masa berlaku 6 bulan
· 2 lembar foto 4x4 cm berwarna dan terbaru
· Surat sponsor
· Print out saat pengajuan aplikasi, saat visa selesai harus menunjukkan tiket pulang pergi asli
· Tanda tangan surat pernyataan dari kedutaan bermaterai Rp. 6000,-
· Salinan kartu keluarga
· Untuk bisnis perlu surat undangan dan ijin masuk (entry permit) dari Imigrasi Argentina yang asli
· Bukti keuangan 3 bulan terakhir dari yang bersangkutan
· Voucher hotel / konfirmasi hotel
Banyak pertimbangan yang mendasari pemilihan akomodasi saat kita traveling. Kalau kita traveling dalam grup (lebih dari dua orang), menurut gw lebih nyaman tinggal di hostel aj. Lagian rasanya kurang enak juga bertamu ke rumah orang dalam jumlah banyak, kecuali emang calon host kita bersedia. Couchsurfing menurut gw cukup membantu terutama saat kita traveling sendirian. Rasanya lebih aman aj saat kita berada jauh dari rumah, tapi kita punya rumah dan keluarga baru di tempat yg jauh disana. Host kita juga bisa menjadi referensi terpercaya saat kita meminta rekomendasi mengenai kota tersebut coz ia emang tinggal disana. Bahkan kebanyakan cerita yg dialaminiri), host biasanya juga menemani kita jalan-jalan. Jadi gak perlu takut nyasar....
Keuntungan menginap dengan bantuan couchsurfing terutama kita bisa lebih mengenal budaya lokal lewat interaksi dengan host kita. Kita juga bisa melihat budaya mereka dengan melihat keseharian mereka. Seringkali kita juga dapat cerita-cerita yang belum pernah kita dengar sebelumnya.
Tapi, tentu ada beberapa hal yang kita kompromikan saat menginap di rumah host. Gaimanapun namanya nginep di rumah orang dan gratisan, jadi kita kudu bisa menempatin dirilah. Mis. abis subuh masih ngantuk, alias male-malesan, masih pengin tidur lagi. Nah, itu rasanya kurang pantas deh. Trus abis makan, kita cuci piring, kecuali kalau udah dilarang coz di rumahnya emang udah ada asisten rumah tangga.
Coz kita nginep gratisan di rumah host, ada baiknya kita juga memberikan sesuatu untuk mereka. Gak dalam bentuk uang, tapi dalam bentuk yang lain, misalnya kenang-kenangan (Kalo bisa udah bawa dari rumah). Selain itu, bisa juga kita berbelanja ke swalayan terdekat untuk beli sesuatu (makanan/camilan untuk keluarga host kita).

Dalam banyak sisi, emang menginap di hostel lebih bebas dan fleksibel. Mau tidur, mau makan, mau pergi kapan aj bebas. Dalam hidup seringkali kita kudu memilih, maka pilihlah dengan bijak....

Suka 0
mreggsplorer
mreggsplorer
mreggsplorer Newbie
pd. 19 Okt. 2014, 3.08

Hola Flo,

Salam Kenal, nama gw Rizki, sekarang kebetulan lagi menjelajah benua amerika. Sempet kerja di Amrik 1,5 tahun, tapi sekarang cuman travelling aja. Gw dukung 100 persen rencana untuk travelling ke amerika selatan dan kalo bisa amerika utara juga biar sekalian! hehe.
Hampir 2 tahun belum balik indo, tapi lumayan dapet pengalaman ke tempat tempat ajaib di sini, mulai dari liat Aurora Borealis di Alaska di utara, cave diving di Meksiko, Dominican Republic, ziarah ke rumah Bob Marley di Jamaika, sampe hiking di Patagonia di Chile di ujung Selatan.
Di amerika selatan sendiri, gw mulai dari Ekuador (No visa requirement), stay sekitar 1 bulan, trus turun ke peru stay sekitar 1 bulan lebih juga, trus turun ke Chile, stay sekitar 1 bulan juga, trus sekarang lagi backtracking ke atas karna gw lupa Kolombia! haha. Jadi gw harus naik bis ber malem malem dr Santiago de Chile sampe ke Lima trus nyambung bis lagi sampe ke Quito. Sekarang gw di Quito stay di sini sekitar 3 minggu karena gw lagi volunteering di salah satu hostel di sini.

Kalo butuh informasi lebih lengkap jangan sungkan2 kontak, cheers!

Rizki

instagram: @rizkitarisa

Suka 0
miyokochenz
miyokochenz
miyokochenz Newbie
pd. 20 Mei 2014, 22.09

[quote=floowee][quote=miyokochenz]Sayang nya aku ga perna melakukan nya dan akan melakukan nya suatu hari, dibarengi dengan impian saya akan pindah ke bagian barat :D

sukses dan lancar ya buat perjalanan nya! salute![/quote]

WAH!!! Sukses juga untuk rencana hijrahnya!! Semoga bisa bertemu di salah satu perjalanan ya![/quote]

terima kasih banyak :) semoga perjalanan dan hari-hari kamu menyenangkan :)

Suka 0
floowee
floowee
floowee Newbie
pd. 20 Mei 2014, 14.52

[quote=miyokochenz]Sayang nya aku ga perna melakukan nya dan akan melakukan nya suatu hari, dibarengi dengan impian saya akan pindah ke bagian barat :D

sukses dan lancar ya buat perjalanan nya! salute![/quote]

WAH!!! Sukses juga untuk rencana hijrahnya!! Semoga bisa bertemu di salah satu perjalanan ya!

Suka 0
floowee
floowee
floowee Newbie
pd. 20 Mei 2014, 14.50

Masih belum tahu mau mulai dari mana dan pulang via mana.
Dengar2 visa Argentina ajaib sulitnya, jadi agak ragu.
Tapi minimal mau mengunjungi Venezuela, Ecuador, Columbia, Peru, Chile, dan Brazil.
Untuk menghemat budget, rencana mau terbang ke salah satu ibukota, lalu perjalanan dilanjutkan via jalan darat dan akomodasi sebisa mungkin dengan bantuan couchsurfing atau WWOOF atau workaway.

Ada saran, Gan?

Suka 0
miyokochenz
miyokochenz
miyokochenz Newbie
pd. 18 Mei 2014, 1.53

Sayang nya aku ga perna melakukan nya dan akan melakukan nya suatu hari, dibarengi dengan impian saya akan pindah ke bagian barat :D

sukses dan lancar ya buat perjalanan nya! salute!

Suka 0
Malang
Malang
Malang Super Hero
pd. 17 Mei 2014, 16.00

Suka 0

© backpackerindonesia.com