Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Aku ini seorang backpacker, Wait tunggu dulu?

byteeater
byteeater, pada 28 Feb. 2012, 3.05
di Blog

Source : http://catperku.info/aku-ini-seorang-backpacker-wait-tunggu-dulu/

Saya sudah jalan - jalan dengan bawa ransel super gede, berarti aku ini seorang backpacker, wait tunggu dulu? jangan tergesa - gesa menyebut diri menjadi backpacker sebelum membaca tulisan ini sampai selesai. Sebenarnya apa sih definisi backpacker itu sebenarnya? menurut wikipedia versi bahasa inggris "Backpacking is a term that has historically been used to denote a form of low-cost, independent international travel" atau bisa dibaca lengkapnya di http://en.wikipedia.org/wiki/Backpacking_(travel)

Sedangkan menurut wikipedia versi bahasa indonesia (http://id.wikipedia.org/wiki/Wisata_beransel) "Wisata beransel atau perjalanan ke suatu tempat tanpa membawa barang-barang yang memberatkan atau membawa koper. Adapun barang bawaan hanya berupa tas yang digendong, pakaian secukupnya, dan perlengkapan lain yang dianggap perlu. " yang mana arti dari backpacking menjadi sedikit aneh, karena setiap orang yang berpergian dengan menggunakan ransel bisa menganggap dirinya sebagai seorang backpacker.

Seorang backpacker yang sebenarnya tidak hanya seorang yang berwisata dengan menenteng ransel segede gajah yang beratnya bisa berkilo - kilo, arti seorang backpacker lebih dari itu. Secara mendasar seorang backpacker adalah seorang smart traveller.

Sekali lagi smart traveller bukan berarti buat pergi travelling kamu harus sekolah dulu, kursus dan lain - lainnya. That's dumb kamu hanya akan menghabiskan waktumu untuk belajar teori. Ingat travelling berarti learning by doing, karena di perjalanan kamu akan menemukan hal - hal yang tidak bisa ditemukan di sekolah, bahkan disekolah terbaik sekalipun.

Setelah penjelasan panjang dan tidak terlalu lebar diatas, tentunya kamu bisa menyebut diri sebagai backpacker apabila sudah mengerti esensi dari seorang backpacker adalah seorang smart traveller. Secara detail seorang smart traveller harus berprinsip 5 S ini :

- Smart Budgeting
- Smart Adapting
- Smart Socializing
- Smart Trip Planning
- Smart Documenting

1. Smart Budgeting

Sudah semestinya seorang backpacker menginginkan sebuah perjalanan semurah mungkin, bahkan kalau bisa GRATIS!! meskipun begitu menginginkan yang termurah bukan berarti pelit. Ingat ber-backpacking berarti kita ingin mencari sesuatu yang menarik di perjalanan. Jangan sampai gara - gara terlalu ngirit (baca : pelit) kamu melewatkan sesuatu yang menarik, yang mungkin hanya bisa ditemui sekali seumur hidup.

Oleh - oleh juga menjadi suatu tantangan bagi seorang backpacker, terlebih lagi untuk negara seperti indonesia ini. Karena begitu itenary jalan - jalan mu diketahui entah keluarga atau atau teman, pasti akan datang ribuan request yang bilang "minta oleh - oleh dong" *sigh ==" . Travelling dengan konsep backpacker bukan berarti kita harus pelit lah, walau pun memang kita bermaksud ngirit. saya sendiri lebih suka membelikan barang yang ukurannya kecil dan tidak terlalu memakan space ransel. Yang penting ikhlas dari pada beli trus ngrundel (baca : tidak ikhlas). Satu lagi yang paling penting, berbackpacking bukan berarti wisata shopping, kalau tidak berarti you fail menjadi seorang backpacker, mending bawa koper aja hahaha.

2. Smart Adapting

Seorang backpacker sebenarnya lebih mendekati sebagai seorang petualang, dimana kemampuan adaptasi yang tinggi diperlukan untuk menjadi seorang backpacker. Kamu tidak akan tahu apa yang terjadi di perjalanan, entah ketinggalan pesawat, tidak dapet penginapan, cuaca extrem atau apapun lah, yang tidak ada di dalam itenarymu.

Bersiap - setiap saat wajib hukumnya bagi seorang backpacker, dan bergerak cepat mengatasi masalah yang terjadi diperjalanan menjadi pembelajaran yang tidak akan didapatkan di bangku sekolah. berbahagialah bagi yang sudah mencapai lavel ini, berarti kamu selangkah lebih dekat menjadi seorang backpacker.

3. Smart Socializing

Ketika dihadapkan untuk berbackpacking seorang diri atau solo backpacking kemampuan smart socializing ini menjadi skill wajib seorang backpacker. Mencari teman di perjalanan sekedar untuk melepas kebosanan di perjalanan atau bahkan mungkin untuk mendapatkan informasi tujuan.

Memang tidak semua traveller mempunyai skill sosialisasi yang sama, tapi paling tidak mau berubah dan belajar bersosialisasi, saya sendiri masih perlu banya belajar untuk yang satu ini, karena saya sebenarnya seorang yang cukup pendiam.

4. Smart Trip Planning

Perencanaan trip yang matang, juga menjadi salah satu dasar keberhasilan dari suatu perjalanan dengan konsep backpacking. Beruntung kita hidup di era yang serba mudah. Andalan saya untuk merencanakan sebuah perjalanan adalah "Google" , hanya dengan google seorang backpacker bisa merencanakan semua tentang perjalanan dari A hingga Z.

Kalaupun sudah mentok anda bisa bertanya di forum - forum pejalan yang sekarang sudah bertebaran di internet. Tapi ingat riset dulu dengan "Google" sebelum bertanya, paling tidak kamu tidak terlalu tersesat. Jangan sampai bertanya di forum dengan model pertanyaan seperti ini "hei, gw mau backpacking ke perancis nih, bagi ittenarynya dong, nginep yang murah dimana? tempat yang bagus apa? bla bla bla". Ingat!! Para backpacker yang lain bukan tour agency, kadang males juga kalo liat postingan di forum yang mau enaknya aja sperti itu. Minimal bertanyalah dengan sedikit tahu, gunakan "Google" dengan bijak, bagaimana jika ada yang memberikan informasi salah dan kamu belum pernah meneliti sebelumnya? yang ada bencana di perjalananmu.

5. Smart Documenting

Sampai saat ini alat untuk membaca pikiran dan hati manusia belum ditemukan, jadi dokumentasikan lah setiap perjalanan backpackingmu. Seperti kata pak Dahlan Iskan, "kalau ingin orang tahu isi hatimu, tulislah". Tak perlu lah ditulis dengan kertas, selain membantu pengurangan penebangan pohon untuk membuat kertas, kita sudah hidup di jaman yang serba digital, tinggal pakai blog gratisan seperti blogspot atau wordpress juga sudah cukup, publikasi juga semakin mudah dan murah.

Selain menulis, fotografi juga bisa menjadi alternatif untuk mendokumentasikan perjalanan. Tidak perlu kamera mahal atau DSLR bahkan kamera hp pun boleh digunakan. Atau jika merasa mempunyai skill untuk membuat video dokumenter, mungkin bisa membuat video dokumentasi seperti ini : Travel video dokumenter terbaik versi catperku.

Jadi setelah membaca 5 prinsip dasar seorang backpacker diatas, backpacker bukan hanya seorang yang berwisata dengan menenteng berkilo - kilo ransel di punggungnya. Seorang backpacker mempunyai arti lebih dari itu, berada di level manakah kamu? yang terpenting semua prinsip diatas bisa dipelajari "learning by doing", semakin banyak jam terbang travelling mu, semakin dekat kamu menjadi seorang backpacker yang sebenarnya :)


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

Filo
Filo
Filo Sr.
pd. 21 Jan. 2013, 10.56

Ikutan baca ah ..... :hahai: ... rugi kalo ga baca ... aseeeek ... tank u yak

Suka 0
ai_sha
ai_sha
ai_sha Jr.
pd. 13 April 2012, 10.52

life is an adventure..., i like it..

Suka 0
jabbar
jabbar
jabbar Jr.
pd. 13 April 2012, 9.27

yup, thanks banget buat informasinya, jadi semakin siap buat jadi solo traveller.... :D

Suka 0
destiana ulfah
destiana ulfah
destiana ulfah Newbie
pd. 19 Maret 2012, 15.39

thankz for info ya :)

Suka 0
byteeater
byteeater
byteeater Hero
pd. 4 Maret 2012, 9.57

hihihi ada yang baca ternyata, yang penting keep learning aja deh :D

Suka 0
dheedhee
dheedhee
dheedhee Jr.
pd. 4 Maret 2012, 2.47

Thx infonya..hhe..sepertinya saya jd tau, saya kurang ahli membudget.hhe..

Suka 0
a_nie
a_nie
a_nie Jr.
pd. 3 Maret 2012, 5.39

nice post...
kerennnnn
^_^

Suka 0
a_nie
a_nie
a_nie Jr.
pd. 3 Maret 2012, 5.39

nice post...
kerennnnn
^_^

Suka 0
magdalena
magdalena
magdalena Sr.
pd. 2 Maret 2012, 11.24

Like this :) :beer: Terimakasih, pencerahannya.

Kalau ane punya plan ngetrip yang paling seru memang memang pada saat persiapan dan browsing2 info. Ada plan, plan B dan plan dadakan (tak terduga).

Suka 0

© backpackerindonesia.com