Ajakan jelajah Indonesia Barat sampai ke pucuknya (P Weh) dengan motor

Revandhiya, pada 22 Juli 2014, 9.22
di Cari teman jalan

Start: 28 Juli 2014, 17.40

Mission Accomplished...dari Total jarak darat sepanjang 6500 km (PP) via jalur yg berbeda ini, 4000 km diantaranya ane selesaikan secara SOLO RIDING

BARBUKnya:

[spoiler="View P We (Sabang)"][IMG]https://farm4.staticflickr.com/3903/14737026707_c06c329cfa_o.jpg[/IMG][/spoiler]
[spoiler="View P We (Sabang)"][IMG]https://farm4.staticflickr.com/3835/14923252492_47eb09e917_o.jpg[/IMG][/spoiler]
[spoiler="View P We (Sabang)"][IMG]https://farm4.staticflickr.com/3843/14920520261_7f16861930_o.jpg[/IMG][/spoiler]
[spoiler="Titik Nol Kilometer"][IMG]https://farm4.staticflickr.com/3880/14900612406_5025ec387c_o.jpg[/IMG][/spoiler]
[spoiler="P Rubiah"][IMG]https://farm6.staticflickr.com/5577/14900607686_61f5d0d2d2_o.jpg[/IMG][/spoiler]
[spoiler="P Rubiah"][IMG]https://farm4.staticflickr.com/3857/14737019947_f9ac765869_o.jpg[/IMG][/spoiler]
[spoiler="View Danau Toba dari Sipiso Piso"][IMG]https://farm6.staticflickr.com/5564/14737020217_0facc35fdb_o.jpg[/IMG][/spoiler]

1) Start/Kota Asal: Jakarta / Bekasi
2) Tujuan: Nol Kilometer Indonesia, P weh (Sabang)
3) Tikum: sepanjang jalur yg akan dilewati dengan waktu yg seperti prediksi pada Itin (Lihat Peta)

Seperti sudah menjadi tradisi buat ane & beberapa rekan dari Forum Bikepacker untuk melakukan touring lebaran setiap tahunnya dgn waktu keberangkatannya selalu sama yaitu H+1 lebaran jam 01.00wib (dinihari).

1) Start/Kota Asal: Jakarta / Bekasi
2) Tujuan: Nol Kilometer Indonesia, P weh (Sabang)
kali ini akan sedikit berbeda dibanding touring2 lebaran sebelumnya, dimana ane membuat itin yg hampir fix, hanya untuk jadwal berangkat saja, kebetulan saat berangkat tsb akan lgs menuju nol km, tanpa explore obyek wisata, sedangkan saat pulang kembali ke jakarta, baru ane akan explore banyak tempat wisata dengan cara get lost tanpa terlalu berpatokan ke itin agar lebih bebas dan tdk terikat jadwal yg malah bisa bikin kecelakaan (karena ngebut terburu buru), Tapi utk patokan secara garis besar (mengingat keterbatasan waktu)ane juga sudah menyusun itin yg tdk perlu terlalu ditaati.
*semoga setelah explore dgn cara get lost, sesampainya di Jakarta nantinya ane tidak get fired
* untuk yg sudah sangat paham ttg Aceh, Medan & Padang; mohon bantuannya utk saran, koreksi itin ane (agar lebih efiesien penggunaan waktunya), info dll. terima kasih sebelumnya
Peta jalur yg akan kami lewati:Spoiler: Highlight to view
1) Peta JaLinTim berangkat
2) Peta P Weh
3) Peta Jalur Pulang 1 (Aceh-Medan-Samosir)
4) Peta Jalur Pulang 2 (Prapat-Padang-Bakauheni)

Itin Touring Lebaran (berangkat)2014Spoiler: Highlight to view
Rencana perjalanan berangkat:
29/7/204 (H+1 Lebaran)
- 00.30 wib start dari Bekasi menuju merak @ 145km 3jam perjalanan
- 03.30 wib tiba di Pel Merak
- 06.00 wib tiba di Bakauheni
- 19.00 wib tiba di Penginapan/kost jalan merdeka 42, Palembang
* ini kostan yg juga tersedia beberapa kamar ber AC dan bisa
disewa harian.
30/7/2014
- 07.00 wib start menuju Pekanbaru, Riau
- 12.00 wib Tiba Di Jambi
- 12.30 wib lanjut menuju Pekanbaru
** Jika kondisi kemanan, fisik tidak memungkinkan atau bangun kesiangan di palembang, maka: Kita akan bermalam didaerah Rengat, Riau.[/color]
31/7/2014
- 01.00 wib Tiba di Kota Pekan Baru dan tidur di SPBU 14.2826.96 atau bisa juga mencari penginapan.
- 07.00 wib lanut gaspol lg menuju Medan dari Pekanbaru
- 21.00 wib Tiba di Medan dan menginap di Hotel Medan residence atau dimana saja di sekitaran jl Sisingamangaraja.
01/8/2014
- 08.00 wib Menuju Banda Aceh
- 21.00 wib Tiba di Banda Aceh
02/8/2014
- 08.00 wib Nyebrang ke Sabang (P WE) dari Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh
*Jadwal Pemberangkatan Ferry ke Sabang sabtu/mingg/Rabu = 08.00 dan 13.30. Senin, Selasa, Kamis, Jumat=08.00[/color]
- 10.00 wib Tiba di pelabuhan Balohan, Sabang
- 10.30 wib menuju nol km (singgah di Danau Aneuklaot)
- 12.00 tiba di tugu nol km

Itin Touring Lebaran2014 (pulang)Spoiler: Highlight to view
Rencana Perjalanan Pulang ke Jakarta
02/08/2014
- 13.00 wib menuju Panta Iboih
- 13.30 wib snorkeling time & bermalam di P Rubiah
03/8/2014
- 08.00 wib kembali ke Pantai Iboih dan lgs menuju pantai Gapang
- 08.15 wib Snorkeling ampe puas
- 13.00 wib Kembali ke Pelabuhan Balohan
*Senin, Selasa, Kamis, Jumat, pemberangkatan Banda Aceh pukul 14.00 WIB. Rabu, Sabtu, Minggu, pemberangkatan Banda Aceh pukul 11.00 WIB [/color]dan 16.00 WIB
- 14.00 Nyebrang kembali ke Banda Aceh
- 16.00 Tiba di pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh
- 16.30 gaspol menuju medan
4/8/2014
- 06.30 wib start menju medan atau lgs ke Brastagi (tergantung kondisi lapangan nanti *termasuk kondisi fisik)
* saya memasukkan waktu utk tidur dijalan (SPBU) selama 3 jam saja (demi menghemat waktu). Tapi klo kondisi fisik drop terpaksa hibernasi di Brastagi.
- 11.00 wib tiba di Penatapan, Brastagi
- 11.0 lanjut ke air terjun sipiso piso
- 13.30 start gaspol lg menuju Panguruan, Samosir via Merek-gardu pandang Tele
- 18.00 mampir di Panguruan, Samosir.
- 19.00 cari penginapan di tuk tuk atau Tomok *belum diputuskan
- 20.00 Hibernasi zzzzzzzzzzzzzzzz grok grouk,,,,
5/8/2014
- 08.00 nyebrang dari Tomok menuju Ajibata
- 09.00 tiba di Ajibata lgs gaspol menuju padang sidempuan via Tarutung-Sipirok
- 17.00 tiba di padang sidempuan
disini tergantung kesepakatan entah akan bablas ke bukit tinggi atau bermalam
- 18.00 wib lanjut menuju bukit tinggi jika memungkinkan atau bermalam, ane lebih milih bermalam, karena sayang klo jalan malam ga bisa melihat pemandangan.
6/8/2014
- 05.00 wib bangun subuh & gaspol menuju bukit tinggi
- 17.00 wib tiba di bukit tinggi dan bermalam
8/8/2014
- 07.00 wib menuju Kota Padang dan mampir di danau Singkarak
- 10.00 wib tiba di Kota Padang dan explore beberapa pantai
* Dengan berat hati, karena keterbatasan waktu; rencana ke P Pagang terpaksa di Skip, tapi itu tergantung mufakat juga nantinya.
9/8/2014
- 13.00 wib gaspol menuju Muko Muko
- 21.00 Wib Tiba di Muko Muko
- 21.30 wib Lanjut menuju Kota Bengkulu
10/8/2014
- 05.30 wib Tiba di Kota Bengkulu dan tidur 3,5 jam
Mungkin silaturahmi sebentar ke rumah saudara sepupu ane di Padang harapan, Kota bengkulu (jika waktu memungkinkan
- 09.00 wib lanjut menuju Manna, Bengkulu
- 13.00 wib tiba di Kota manna
- 13.30 wib gaspol menuju Bintuhan
- 15.30 wib tiba di Bintuhan lanjut gaspol menuju Krui
- 19.00 wib tiba di Krui, Lampung barat n bermalam
11/8/2014
- 08.00 wib Menuju Bandar Lampung dr Krui Via TJ Setia-TNBBS-Bengkunat-kotaagung
- 16.00 wibb tiba di Bandar lampung
- 18.00 wib tiba di Bakauheni
- 20.30 tiba di Merak
- 24,00 tiba kembali di Rmh Bekasi
Peserta:
1) Jika ada barengan yg hanya ingin bergabung di Aceh, Medan, padang atau kota lainnya, ane akan sangat senang hati menerimanya utk sharing cost dll. Apalagi klo bisa menjadi guide kami, ngambil foto & video saat riding, ane traktir dah..hehe
2) sedangkan utk berangkat JKT sampai Medan, ane lebih suka solo touring, agar bisa lebih cepat.
Persyaratan utk riders yg berniat gabung:Spoiler: Highlight to view
1) Memiliki tangki BBM minimal 7 liter, mengingat dibeberapa daerah di Sumatra Langka SPBU, eceranpun ada hanya siang hari saja, sedangkan ane mungkin akan terpaksa jalan siang-malam (demi mengejar waktu). selain itu juga agar tdk terlalu sering berhenti.
Tapi klo bergabung dari Medan - aceh, kapasitas tangki berapapun silahkan bergabung, karena daerah tsb aman SPBU.
2) Bukan diskriminatif, tapi touring ini hanya untuk pria, wanita boleh ikut asal ada suami/pacar/sahabat yg bertanggung jawab membonceng & menjaga selama touring.
3) Sudah memiliki pengalaman Touring/bikepacking yang cukup. karena touring ini akan sangat berat & membutuhkan pengalaman, skill, mental baja & kematangan.
4) No SIRBO (sirine & Strobo).
5) Yg lainnya pasti udah ngarti lah...
Utk info lebih lanjut, silahkan PM ane,,Terima kasih..

Revandhiya
pd. 25 Juli 2014, 12.33

[quote=auw]
sama2 bang.

btw, jam perjalanan jkt - jambi harusnya bisa lebih pendek dari yang ane ceritain sebelumnya karena ane kemaren pergi nya pas puasa jadi ga mau porsir. Jalanan lintas timur lampung - palembang ane 2 kali tidur, masing2 1 jam (di samping warung orang yang lagi tutup sama di masjid).. hehehe.. sama nyasar di palembang.

keep safety untuk perjalanan nya bang. kalo susah cari penginapan di jambi atau pekanbaru, bisa PM ane aja. nanti ane coba bantu.
salam sesama bikepacker.[/quote]
Ane sepertinya juga bakal beberapa kali break, selain itu juga ga niat terlalu cepat..terlambat 1-2 jam sampe Jambi ga masalah lah.

Terima kasih gan, safety riding memang sebuah keharusan, nanti ane hubungi gan, klo di Jambi kebetulan ada saudara, tp sepertinya ane sengaja ga mampir, biar bisa istirahat tanpa keganggu, mungkin ane nanti cari2 penginapan murmer aja.

auw Newbie
pd. 24 Juli 2014, 13.17

[quote=Revandhiya]* Update inpoh terkini:
Ada kemungkinan rute pulang sedikit berubah, karena ada badan jalan amblas terkena abrasi di Lintas Barat Padang - Bengkulu.

bener banget gans, ane ga kepikiran sebelumnya, karena terlalu fokus bermalam di Palembang..terima kasih banyak gan, tadinya ane sempat puyeng gimana caranya menyiasati antara Palembang - Pekanbaru dgn jarak yg sangat jauh dan jalan yg kurang baik di Riau tapi belum malam melewati perbatasan Jambi -Riau. Dan tdk terlalu malam melintasi Jalur Rengat - Pekanbaru.

Sepertinya ane akan ngikuti saran agan, klo disetujui barengan ane nantinya, masalahnya biar sekali lelah (no bed rest sssekitar 20 jam-an) dari JKT - Jambi tapi kan bisa tidur 10-12 jam di Jambi..sekali lg terima kasih banyak gan, paling ane cuma silaturajmi 1-2 jam dgn rekan2 di Palembang lgs gaspol lg ke Jambi.[/quote]

sama2 bang.

salam sesama bikepacker.

pd. 23 Juli 2014, 22.47

* Update inpoh terkini:

[quote=Ncess]masih periode libur lebaran om, mestinya banyak orang/rombongan on the spot yang bisa diajak sharecost :bigsmile: [/quote]
iya mudah2an tante, biar ga tekor :bigsmile: selain itu mudah2an dapet barengan yg jago foto hehe. Masalahnya selain ga ada mas dab, ga ada Dedi, Jow, adeek atau Gibran nih, alamat burem semua hasil fotonya nanti. hehe
Btw loe jadinya ke Lombok ya?

[quote=auw]kalau saran ane nih bang, hari pertama mending langsung ke jambi.

dulu pernah ke riau dari jkt, berangkat jumat malam jam 2an. Sampai di palembang maghrib jam 6an, istirahat makan trus langsung ke jambi. sampe jambi sekitar jam 2 pagi karna jalanan palembang - jambi rame bgt. start lagi dari jambi jam 9 atau 10 pagi, sampe pekanbaru jam 9 malam.

Dari jambi ke Pekanbaru perjalanannya lama. Jalan masuk Riau gak begitu bagus. Di beberapa kabupaten di riau yang dilewatin jalan juga ga rata dan kalau masuk riau malam, jalanan sepi.[/quote]

auw Newbie
pd. 23 Juli 2014, 13.24

kalau saran ane nih bang, hari pertama mending langsung ke jambi.

Ncess Sr.
pd. 23 Juli 2014, 5.19

pd. 23 Juli 2014, 5.06

Dedi batal, Jordie juga batal.
Reno jadi, Joshua cuma sampai Palembang, dia mau explore Pagar Alam, Gn Dempo, ranau & pantai barat bengkulu-lampung. Tgl 4 si jow udah kudu balik lg ke JKT.

diluar Reno baru dapet 1 rider barengan (ane belon kenal) dari Bandar Lampung. Tapi karena ane liwat lintas pantai timur (way kambas) kita rencananya baru gabung di Menggala.

Ncess Sr.
pd. 23 Juli 2014, 4.26

jd brp org yg start jakarta h+1 juga om?
reno dan dedi jd ikut kah?