Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Whatever I'm Backpacker - Tips Mencucui Baju di Westafel (Backpacker style)

adis
adis, pada 12 April 2012, 6.26
di Blog

Selain sebagai tempat cuci tangan, westafel juga ternyata bisa dipakai buat mencuci baju, walaupun sering kali gue pakai westafel buat tempat kencing atau bahkan muntah.

Buat seorang backpacker, menghemat budget adalah hal yang paling mutlak wajib dilakukan. Menekan biaya bisa dilakukan dari beberapa aspek, seperti menggunakan transportasi umum dengan kelas ekonomi, membeli makanan murah tapi kenyang, menyewa penginapan yang gak-peduli-gimana-bentuknya-asal-bisa-tidur sampai ke hal paling absurd, yaitu mencuci pakaian di westafel, secara kalau pake jasa laundry gak terlalu mahal sih, cuma kan sayang uangnya, bisa dipake buat hal yang lain.

Gue, kalau lagi traveling sering banget nyuci di westafel, selain menghemat biaya, pekerjaan ini pun membuat otot tangan kita semakin kuat, yah itung-itung lagi fitness lah yah. Walaupun kelihatannya mudah, tapi mencuci di westafel itu membutuhkan skill dan keuletan tersendiri. Oh iya, by the way, kalian tau kan apa itu westafel? Westafel itu adalah cemilan asoy semacam tango. Wafer itu mah, dis. Jauh banget :| *toyor adis*

Gak banyak bacot..

Di postingan ini gue mau share langkah-langkah atau tahap-tahap mencuci di westafel, cekidot, guys :

1. Pastikan westafelnya ada. Karena ini cara mencuci di westafel, jadi kalau gak ada westafel yah gak bisa. YAIYAH LAH YAAAAAAH !!

2. Siapkan Pakaian kotor yang mau dicuci jangan yang bersih karena buat apa juga dicuci, dan jangan juga siapkan piring, karena ini bukan restoran padang.

3. Siapkan sabun cuci berwarna cantik. Inget, sabun cuci yah, bukan sabun mandi apa lagi shampo metal !!
Deterjen dapet ngembat di hostel di Melaka :))

4. Tutup westafel itu dengan penyumbatnya, semata-mata agar airnya tidak plus-plos alias bisa tertampung. Apabila westafel yang kalian gunakan tidak memiliki penyumbat, jangan khawatir kawan. Karena kita backpacker, tentunya kita pintar, karena kita pintar tentunya kita punya banyak akal untuk menyiasatinya. Salah satu cara yang sering gue gunakan adalah dengan melilitkan kantong kresek ke tutup botol yang berbentuk bulat, padatkan sampai tutup botol berbalut plastik itu pas ukurannya untuk menyumbat air.

5. Buka kran air dan aliri westafel sampai airnya tertampung dan cukup untuk merendam baju. Kran-nya dibuka sewajarnya aja, jangan dicopot juga yah, ntar air nya meluber kemana-mana.

6. Setelah air dirasa cukup, masukkan pakaian kotor kalian. Setelah dimasukkan semuanya, lalu didihkan dengan api sedang. Mau nyuci ape masak, bang! :|

7. Masukkan sedikit sabun cuci/ deterjen ke dalam air, bisa menggunakan sabun bubuk atau sabun cair. Bebas, apa adanya aja, gue lebih suka orang apa adanya kok. *kalem*

8. Tunggu beberapa saat hingga sabun cuci meresap ke baju hingga baju menjadi empuk *tusuk tusuk baju pake garpu*, yah tunggu sekitar 5 - 10 menit lah. Nah, sambil menunggu, untuk killing time kalian bisa main golf, bikin kue tart atau memanjat pohon dulu. Pokoknya asal kalian enjoy, gue ikut seneng deh. #MulaiGakNyambung

9. Setelah dirasa cukup, tiriskan baju dan bilas dengan air bersih berulang-ulang.

10. Sembari dialiri air, kucek-kucek baju sekuat tenaga, segenap jiwa dan sepenuh hati. Jangan lupa, pasang muka unyu agar mencuci terasa menyenangkan :) Bila kalian membutuhkan tenaga ekstra dalam hal mencuci, ingatlah perbuatan mantan kalian yang pernah menyakiti kalian, niscaya kalian akan nafsu sehingga menimbulkan tenaga yang entah darimana datangnya. The Power of Sakit Hati !!

11. Setelah dikucek-kucek, tambahkan lagi sabun cuci langsung ke bajunya, agar baju bersih sempurna. Bila dirasa masih kurang, tambahkan garam dan merica secukupnya.

12. Peras baju sekuat-kuatnya hingga semua airnya keluar, bukan apa-apa, selain untuk membuat proses pengeringan semakin cepat, gerakan memeras ini juga bisa ber-efek kepada urat-urat di tangan sehingga otot kalian akan semakin mirip Agung Hercules.

13. Sekarang baju telah selesai dicuci dan siap dijemur.

14. Jemur pakaian se-kena jidat kalian. Apabila tidak bisa menjemur di sinar matahari dan harus di dalam ruangan, usahakan kipas anginnya menyala sehingga baju lekas kering dan siap disantap :)

15. Berdoalah kepada Tuhan YME, karena dengan izin-Nya lah baju kita bisa kering, bersih dan harum.

Begitulah tips mencuci baju di westafel, selamat mencoba para backpacker gembel :)

P.S : Karena disini susah upload gambarnya, jadi monggo diliat di blog aja gambarnya, atau ga boleh tanya2 langsung ke ekye, mention aja di @takdos :)


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

diksy
diksy
diksy Newbie
pd. 19 Feb. 2013, 17.49

nice posting gan, mulut ane sampe berbusa gara gara kebanyakan ketawa..
salam kenal gan adis :aselole:

Suka 0
ndahsulistyanin
ndahsulistyanin
ndahsulistyanin Pro.
pd. 19 Feb. 2013, 17.11

kocak :dugem:

Suka 0
irfand
irfand
irfand Jr.
pd. 19 Feb. 2013, 2.34

haha pecah banget

Suka 0
ruth_sw
ruth_sw
ruth_sw Pro.
pd. 18 Feb. 2013, 10.14

Nice inpoh gan

postingannya pasti kocak :haha:

Suka 0
brillyananda
brillyananda
brillyananda Sr.
pd. 31 Okt. 2012, 12.51

:ngakak:

saya baru tau njenengan bikin buku. kudu diintip kayaknya :haha:

Suka 0
adeirma
adeirma
adeirma Jr.
pd. 30 Okt. 2012, 10.44

:ngakak: ada adaaaaa aja ..tp menghibur kok
salam kenal :sayhi:

Suka 0
vhe
vhe
vhe Jr.
pd. 18 Sep. 2012, 16.32

gila dah bro adis ni kocak sekocak2nya ahahaha tiap baca postingan ngakak terus....bikin buku aja bro...pasti laris

Suka 0
rickren
rickren
rickren Newbie
pd. 11 Agu 2012, 16.32

Sumpah gw bingung... ini tips buat nyuci ato bikin supermie sih? wkwkwkwkwkkkk...
gak sekalian pas dijemur, "nyalakan arang, dikipas", lalu simpan baju anda diatas arang tersebut. setelah agak hitam, olesi kecap secukupnya."
wkwkwkwkwkkk...
btw, keren jg treadnya... terhibur gw...
salam kenal adis...

Suka 0
lowcost
lowcost
lowcost Newbie
pd. 27 Juli 2012, 12.46

hahahahah .... hehheehe ternyata ...

Suka 0
Hafit
Hafit
Hafit Sr.
pd. 27 Juli 2012, 11.03

:haha: ngakak ane gan.... nice posting....

Suka 0

© backpackerindonesia.com