Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Whatever I'm Backpacker - Kenapa Kita Harus Traveling ke Luar Negeri ??

adis
adis, pada 12 April 2012, 6.36
di Blog


Postingan ini terlahir gara-gara rasa-ketidak-nyamanan-hati-gue yang agak sedikit terusik dengan beberapa pertanyaan dan traveler yang “sok idealis” tidak ingin traveling ke luar negeri sebelum menginjakan kaki di semua provinsi/ destinasi/ tempat wisata atau pulau-pulau Indonesia.

Banyak yang nanya ke gue ;

“Dis, Indonesia aja belom semua didatengin kok udah ke luar negeri aja sih ??”

“Dis, kok gue perhatiin lo sering banget traveling ke luar negeri daripada dalam negeri ??”

“Dis, apa sih keunggulan luar negeri sama dalam negeri ?? Kan Indonesia lebih keren.”

“Dis, kenapa sih gajah punya belalai ??”

Dan masih banyak lagi pertanyaan bodoh yang sebenernya akan terjawab dengan mudah kalau lo coba sendiri traveling ke luar negeri.

Sebenarnya gak ada yang salah dengan prinsip itu, tapi percayalah, bersikap “sok idealis” dengan meng-kotak-an destinasi traveling akan menjadi kerugian yang sangat besar buat mereka. Gue heran kenapa masih ada yang “sok idealis” dengan tidak mau traveling ke luar negeri sebelum keliling Indonesia, Dunia bukan hanya Indonesia saja, kawan.

Banyak pelajaran yang bisa gue ambil dari traveling ke luar negeri, gue jadi banyak tahu tentang pariwisata mereka, cara mereka mengemas destinasi-destinasi pariwisata mereka, cara mereka membuat tempat yang biasa saja menjadi luar biasa sehingga bisa menarik banyak turis untuk mengunjunginya, dan masih banyak lagi yang bisa gue jadikan perbandingan dengan pariwisata Indonesia, apa yang harus dibenahi dan apa yang harus ditambah.

Dengan tahu pariwisata luar, kita bisa dapat perbandingan. Dengan mendapatkan perbandingan, kita tahu apa yang harus kita lakukan. Gak ada orang pinter kalau gak ada orang bodoh, Gak ada orang kaya kalau gak ada orang miskin. Dengan tahu kelebihan pariwisata luar negeri, kita tahu kelemahan pariwisata kita sendiri.

Sekarang gue tanya,

Kenapa Thailand yang “gak punya apa-apa” pariwisatanya, jauh lebih maju dibanding Indonesia yang “punya banyak apa-apa” Bahkan wisatawan yang datang ke Thailand bisa 15 kali lipat lebih banyak daripada wisatawan yang datang ke Indonesia. Kenapa bisa begitu ?? Orang yang gak pernah kesana, gak akan tahu jawabannya.

Kenapa Singapura, negara yang cuma segede upil kuntilanak dan punya pantai gak lebih dari 5 biji lebih banyak dikunjungi wisatawan dibandingkan dengan Indonesia yang punya banyak sekali pantai-pantai indah ?? Orang yang gak pernah kesana, gak akan tahu jawabannya.

Kenapa komplek candi Angkor Wat di Cambodia lebih banyak pengunjungnya daripada candi Borobudur yang Maha Megah ?? Orang yang gak pernah kesana, gak akan tahu jawabannya.

See !! Mengetahui destinasi luar dan tidak terlalu idealis dengan Indonesia akan memberikan kita pengetahuan yang jauh lebih banyak. Akan lebih membuat kita berpikir Indonesia jauh lebih keren daripada negara-negara tetangga, tetapi kenapa kita tidak bisa menjadi lebih dari mereka.

In my humble opinion, bukan berarti gue gak cinta Indonesia yah, gue suka traveling di Indonesia, gue suka ngibarin bendera Indonesia kemanapun gue pergi, gue masih suka nyanyi-nyanyi lagu nasional secara tidak sadar ketika traveling ke luar negeri dan menurut gue Indonesia masih dan tetap akan menjadi negara yang paling keceh !!

Tujuan gue menulis postingan ini, gue pengen ngajak kalian semua untuk tahu traveling bukan hanya menikmati sebuah destinasi lalu mengaguminya, lebih dari itu, traveling adalah sebuah proses mencari value agar bisa memberikan sesuatu yang positif untuk lebih memajukan dan mengenalkan pariwisata negeri kita sendiri. Pariwisata Indonesia !!

So, masih berpikir “sok idealis” dengan Indonesia ??

Boleh aja sih masih tetep dengan sikap “sok idealis”-nya, asal pas ada tiket murah ke luar negeri jangan ternyata diambil juga yah, CMIIW.

Web : www.whateverbackpacker.blogspot.com
twitter : @takdos


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

jenarespati
jenarespati
jenarespati Sr.
pd. 15 Maret 2013, 21.35

may i..?? where i'll be visited first??

Suka 0
Sisca
Sisca
Sisca Newbie
pd. 15 Maret 2013, 20.35

Yup.. pesona pantai dan alam Indonesia emg g' ada matinya. Sy sj org daerah (Gorontalo) masi sering dibuat takjub dg banyaknya pantai cantik nan "perawan" di daerah sy. Banyak obyek wisata disana yg seolah belum terjamah dan bikin kita seolah2 punya "private" pulau... et causa kita doang yg ada disana.. hehe.. :bigsmile:

Tapi...

Kalo emg kesempatan explore LN lebih dulu datang.. sok atuh... Toh alur g' selalu maju kan?

Suka 0
michael174
michael174
michael174 Jr.
pd. 24 Feb. 2013, 0.22

[quote=rioridhomahesa][quote=byteeater]pertama kali ke luar negeri *singapore, tempat wisatanya hmm masih lebih baik bali, tapi fasilitasnya, culturenya luar biasa, apalagi untuk pejalan kaki. mungkin cuma itu yang gak dimiliki indonesia. kalau tempat wisata, indonesia terbaik berjuta juta kali :)[/quote]

setuju banget ma mas bro byteeater[/quote]
Hati hati sama orang ini.. Info lebih lanjut --> http://backpackerindonesia.com/forum/baca-dan-share-ya-biar-gak-ada-yang-jadi-korban-lagi

Suka 0
Rahman Pack
Rahman Pack
Rahman Pack Sr.
pd. 14 Feb. 2013, 12.16

Menurut ane sih itu bukan pertanyaan2 bodoh dan tidak bisa mengindikasikan bahwa seseorang dengan pertanyaan2 itu adalah orang yg "SOK IDEALIS", itu kan pertanyaan2 standar, mungkin tu orang blm pernah traveling ke luar negri atau sekedar pengen tau aj, tinggal di jawab aj gan, kenapa harus terusik??aneh agan ini,,,gitu aj kok repot...
:kecewa: :kecewa: :jotos:

Suka 0
petualangbumi
petualangbumi
petualangbumi Jr.
pd. 1 Des. 2012, 22.13

tulisannn yang baguzzzz...

Sepakat....
Lebih luas mata memandang,,,,,
lebih banyak yang dilihat,,,,
n lebih luas cara memandang dunia ini......

Nice,,,,whatever I'm backpacker

Salam ransel smuanya

N VIVA BACKPACKER ;)

Suka 0
wardani ahmad
wardani ahmad
wardani ahmad Sr.
pd. 1 Des. 2012, 11.21

terdiam dan ga bisa ngmng2 apa2 krn minimnya pengalaman :kecewa: :jotos: , bnr2 malu dan sadar kl indonesia it indah dan dunia tuh luas..... :keren:

Suka 0
yesitea
yesitea
yesitea Jr.
pd. 18 Nov. 2012, 18.47

klo aku k luar negeri krn:
1. mumpung promo tiket,
2. mw city tour. Tata kota n fasilitas di luar mmg lbh rapih dibanding di sini.
3. visit themepark. Aku suka thriller ride, jd mw coba sensasi naik wahana2 themepark d luar.

tp klo utk wisata alam, aku ttp prefer indonesia . the best deh!

Suka 0
ady442
ady442
ady442 Pro.
pd. 12 Nov. 2012, 15.09

gw termasuk backpacker yang sok idealis.......

gw akan lebih memilih ke derawan dengan ongkos yang lebih mahal daripada gw harus ke phuket atau malaysia whatever lah...
gw akan lebih bayar mahal ke borubudur daripada gw ke angkor wat
mending gw belanja ke glodok atau mangga dua daripada ke hongkong
mending gw kongkow di senayan city atau nongkrong di angkringan daripada gw harus 'sok' menikmati tertibnya singapura.....

karena apa???? karena gw cinta Indonesia....#UDAH ITU AJA

Suka 0
Rahman Pack
Rahman Pack
Rahman Pack Sr.
pd. 12 Nov. 2012, 9.15

Yuk ditonton, supaya lebih cinta Indonesia :), jangan lupa beri komentar ya, soalnya komentar paling WONDERFUL akan mendapatkan :
Domain via www.masterweb.net & Hosting via www.hostgator.com Disk Space : 1GB, Bandwidth : 10GB, Private Name Servers. Kren kan bisa nge-blog pake nama domain sendiri.
:keren:
Feeling is Believing | Wonderful Indonesia
http://sandhiasmoro.com/1031/feeling-is-believing-wonderful-indonesia/

Suka 0
siraitedwin
siraitedwin
siraitedwin Newbie
pd. 9 Sep. 2012, 11.42

ane mesti ngumpulin duit dulu gan,
emang sih ada tiket murah dari Indonesia ke luar, tapi ongkos baliknya nyiksa gan!!/// hahaha

Suka 0

© backpackerindonesia.com