Trending

Tanya & Jawab

Blog

Galeri

Teman jalan

Tour & Travel

Tujuan Wisata

Tags

Air Terjun Saluopa

mungkasmks
mungkasmks, pada 29 April 2012, 6.46
di Blog

"Apa sih yang ada di Tentena ?". Mungkin itulah yang ada di benak Anda ketika dihadapkan sebuah pilihan ketika akan jalan-jalan ke kota ini. Atau mendengar nama kota Tentena juga masih terasa asing? Demikian juga dengan saya. No idea. Namun, dibalik sebuah kota kecil yang berada dalam kabupaten Poso ini memiliki banyak tujuan jalan-jalan yang layak masuk dalam daftar Anda. Salah satunya adalah Air terjun Saluopa atau yang biasa disebut air luncur Saluopa.

Air Terjun Saluopa merupakan salah satu air terjun yang berada di kabupaten Poso. Air terjun Saluopa terletak di desa Tonusu atau sekitar 12 kilometer arah barat dari kota Tentena, ibukota Kecamatan Pamona Utara, atau 54 kilometer arah tenggara dari kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Dari Palu ke kota Tentena dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua dalam waktu sekitar 7-8 jam. Apabila sudah berada di Tentena dan ingin jalan-jalan ke Air Terjun Saluopa, Anda dapat menggunakan kendaraan bermotor. Kemudian, dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 500 meter. Selain itu air terjun ini tidak jauh dari danau Poso. Sebuah keistimewaan ganda dari sebuah kota kecil bernama Tentena.

Air Terjun Saluopa adalah air terjun yang unik karena memiliki tingkat (cascade) sebanyak 12 buah. Tidak percaya? Silahkan lihat foto. Setiap tingkat membentuk sebuah kolam kecil yang dapat didaki oleh pengunjung karena tidak licin. Di tujuan wisata yang terletak di perbukitan ini Anda juga dapat menikmati panorama alam berupa hutan tropis yang masih asri. Sehingga Anda akan dihadapkan dengan jalur trekking yang sudah disiapkan jalurnya dengan baik. Namun beberapa bagian masih berupa tanah berbatu. Trekking ini akan menguras energi Anda untuk bisa mencapai titik paling atas air terjun ini. kicauan burung yang bertengger di atas pepohonan serta curahan air terjun Saluopa yang jernih.Di antara percikan air terjun terkadang muncul warna pelangi yang sangat indah dan mempesona.

Air yang meluncur dari atas gunung sangat jernih, sehingga bebatuan yang ada di dalam air dapat terlihat dengan jelas. Namun yang mengherankan, batu-batuan tersebut tidak berlumut dan licin walaupun air yang mengalir cukup deras. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena Anda dapat dengan mudah naik ke tingkat paling atas melalui batu-batu tersebut.

Anda dapat bermain-main air di atas bebatuan tersebut sambil berfoto-foto dengan latar belakang air terjun, seperti yang saya lakukan saat itu. ^.^

Selamat jalan-jalan. Selamat melakukan perjalanan.

With Leisure

MKS
Air Terjun Saluopa, Tentena 06 April 2012


Silakan login atau mendaftar untuk mengirim komentar

Matatias Febry
Matatias Febry
Matatias Febry Newbie
pd. 10 Maret 2014, 10.33

wah, sepertinya menarik air terjun ini, minta bantuan info utk rute dari juanda sby ke air terjun saluopa ini.
makasih.. :D

Suka 0

© backpackerindonesia.com